[Book Review] Imprisonment by Akiyoshi Rikako

Informasi Buku

Judul: Imprisonment
Penulis: Akiyoshi Rikako
No. ISBN: 978-623-5467-19-1
Penerjemah: Andry Setiawan
Penyunting: Widyawati Oktavia
Penyelaras Aksara: Francisca Ratna
Desainer Sampul: @polamelia
Penata Sampul dan isi: Propanardilla
Penerbit: Haru
Tanggal Terbit: Cetakan 1, Des 2023
Jumlah Halaman: 276 hlm.
Kategori: Mystery, Thriller
My Rated: 5/5🌟

Blurb

Yukie sudah kewalahan merawat anak sambil bekerja.

Ia memutuskan untuk resign dan malam ini adalah malam terakhirnya.

Ia menitipkan putrinya kepada suaminya di rumah.

Akan tetapi, suaminya tidak membalas pesan.

Tidak pula menjawab telepon...

Review

Nggak terasa ya sudah ada 11 karya Akiyoshi Rikako yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia ^^ apakah kamu sudah baca semuanya? Kalau aku, sudah baca 10 dari 11 karyanya. Satu-satunya yang belum kubaca hanya Giselle (padahal sudah punya bukunya dari awal rilis).

Buku ke-11 kali ini berjudul Imprisonment berkisah tentang Yukie, seorang wanita muda yang berprofesi sebagai perawat Rumah Sakit juga sekaligus ibu di rumah.

Menjalani dua peran sekaligus mulai membuat Yukie kewalahan, baik dalam bekerja ataupun mengurus anak, belum lagi karena masalah ini hubungannya dengan suami jadi terasa renggang. Karena itulah, Yukie memutuskan untuk berhenti bekerja agar bisa fokus pada keluarga.

Di hari terakhirnya di shift malam, seperti biasa suaminya yang menjaga anaknya yang bernama Maiko. Tapi siapa sangka telah terjadi sesuatu di rumah mereka. Seperti judul dan covernya, kita bisa melihat sosok pria yang disekap.

Rasanya udahh lama nggak kena plot twist yang bikin bengong dari Akiyoshi Rikako. Perasaanku setelah baca Imprisonment tuh puas banget! Puas dengan karakternya, alur ceritanya, isu sosial yang disinggung, thrillernya, dan yang paling penting adalah plot twistnya.

Isu sosial yang diangkat cukup relateable dengan kehidupan sehari-hari. Seperti pasangan muda suami-istri yang sama-sama bekerja dan harus menitipkan anak mereka ke daycare, tentang problema pasutri yang baru menikah, tentang pelecehan di tempat kerja, hingga tentang adu nasib dengan atasan/rekan kerja yang suka ngomong "Dulu pas saya masih muda blablabla..."

Imprisonment diceritakan lewat dua sudut pandang. Sudut pandang Yukie yang sedang bekerja di rumah sakit, dan sudut pandang suami yang sedang diculik dan disekap.

Dua sudut pandang itulah yang bikin adrenalin pembaca dibuat pasang-surut. Lewat POV Yukie, kita bisa agak-agak relax sambil memahami betapa hectic dan beratnya pekerjaan seorang perawat. Lewat POV sang suami, kita bakal tegang karena adegan sekapannya cukup membuat ngeri.

Karena ini jugalah, Imprisonment berhasil ditamatkan dalam sekali duduk. Sangat page turner karena kebelet mau tau apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Setiap kali berhadapan dengan kematian di depan mata seperti malam ini, lagi-lagi aku diingatkan bahwa hidup ini fana. Suatu saat nanti, aku pun akan mati."

And... the moment of plot twist adalah yang paling ditunggu-tunggu. Dan tau apa reaksiku setelah kena twist? Bengong dulu. Lalu, "Hah?!" bahkan sampai reflek balik lagi ke bab awal-awal. Udah lama banget nggak kena tipu sampe nampol begini.

PUAS BANGET rasanya.

Sensasi menegangkan dan kengerian yang terjadi terasa sampai akhir buku. Bukan cuma suka dengan twistnya aja, aku juga suka dengan endingnya. Aduh, paket lengkap rasanya bisa menutup buku ini dengan rasa puas karena keputusan tokoh di dalamnya.

Aku juga suka dengan pelajaran tentang berumah tangga yang bisa dipetik dalam kisah Imprisonment. Seperti yang kubilang di awal, isu di dalam novel ini cukup relate dengan kehidupan saat ini. Meskipun tidak mengalaminya secara langsung, setidaknya siapapun pasti pernah melihat kejadian di lingkungan sekitar.

"Di dunia ini, tidak ada suami istri yang dari awal sudah cocok. Keduanya harus berusaha supaya bisa mendekat kepada satu sama lain."

Di luar dari ceritanya, seperti biasa terjemahannya mantap sih. Ditambah cover-cover buku Akiyoshi Rikako tuh selalu bagus-bagus! Nice banget kak Pola.

Karena rasa terpuaskan ini, seperti memuaskan dahaga, Imprisonment karya Akiyoshi Rikako kali ini aku berikan bintang 5/5🌟 dan sangat merekomendasikannya untuk dibaca. Yuk, baca yuk! Buat kamu yang sudah baca, boleh banget tuliskan kesanmu di kolom komentar saat kena twistnya gimana? Tapi tetap tidak menulis spoiler yaa.

Sekian review dari Imprisonment.

Terima kasih sudah membaca ^^

Post a Comment

4 Comments

  1. Jadi pengen baca bukunya Akiyoshi jugaa 🀩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba baca kah kak? Mungkin karya terbarunya ini boleh jadi awal yang bagus buat mulai baca karya-kaya Akiyoshi Rikako :D

      Terima kasih sudah mampiir ^^

      Delete
  2. Aku bahkan baru tahu Akiyoshi Rikako, sepertinya dari Jepang ya.

    Menarik ulasannya, jadi ada plot twist di akhir cerita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar penulis dari jepang. Kalau suka dgn cerita misteri thriller dgn plot twist, karya Akiyoshi Rikako boleh banget untuk dicicipi ^^

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)