[Review] Drama China: The Untamed (Chen Qing Ling)

viki.com
Hari ini aku mau membahas hal baru di blog ini. Yaitu drama cina berjudul The Untamed yang sudah aku tamatkan dalam seminggu (padahal saat itu aku sedang UTS). Singkat cerita, ada seorang teman yang membuat status mengenai drama ini dan aku langsung tertarik begitu saja. Maafkan aku yang mudah diracuni.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Informasi

Judul: The Untamed
Pengarang: Yang Xia, Deng Yaoyu, Ma Jing, Guo Guangyun
Sutradara: Zheng Weiwen, Chen Jialin
Pemeran: Xiao Zhan, Wang Yibo
Negara: China
Bahasa: Mandarin
Jumlah Episode: 50
Durasi: 40 menit per-episode
Genre: Xianxia, Mystery
Tanggal rilis: 27 Juni - 20 Agustus 2019

Sinopsis Singkat

The Untamed bercerita tentang Wei Wu Xian yang seharusnya sudah mati 16 tahun lalu, arwahnya dipanggil kembali oleh Mo Xuan Yu lewat sebuah ritual demi balas dendam. Wei Wu Xian yang menggantikan Mo Xuan Yu pun memulai kehidupan barunya. Tak lama, Wei Wu Xian mendapati misteri roh pedang yang telah membunuh banyak orang. 

Dalam perjalanannya, Wei Wu Xian kembali dipertemukan oleh teman dan musuh dari masa lalunya. Konflik yang terjadi enam belas tahun silam ternyata belum usai dan masih berlanjut. Kepingan besi Yin yang dapat mengendalikan orang mati masih ada dan tidak diketahui siapa yang mengendalikannya. Padahal 16 tahun lalu, sebelum Wei Wu Xian mati, dia yakin telah mengancurkan kepingan besi Yin itu.

*

The Untamed adalah sebuah drama yang diadaptasi dari novel BL terkenal Mo Dao Zu Shi yang ditulis oleh Mo Xiang Tong Xiu. Namun, apakah dramanya juga mengandung unsur BL? TIDAK. Sebagai negara yang menentang LGBT, China melarang film/drama yang mengandung unsur BL. Jadi, The Untamed lebih menjurus ke kisah brotherhood 2 tokoh utama kita: Wei Wu Xian (yang diperankan oleh Xiao Zhan) dan Lan Wang Ji (yang diperankan oleh Wang Yibo).

First Impression.


Menurutku, The Untamed berhasil memberikan first impression yang baik di episode pertama. Aku adalah tipe penonton yang melihat episode pertama sebagai penilaian 'layak ditonton atau tidak'. Jadi, selamat! The Untamed sukses membuatku jatuh cinta di episode awal.

Bayangkan saja, di episode pertama kita sudah disuguhi adegan perang berdarah-darah yang berujung Wei Wu Xian memutuskan untuk bunuh diri. Adegan itu berhasil membuat tanda tanya besar.

Mengapa Wei Wu Xian bunuh diri? Kenapa Lan Wang Ji menolongnya? Sedangkan ada satu tokoh yang malah menghunuskan pedang ke arah Wei Wu Xian. Setelah itu, kita dibawa ke 16 tahun kemudian, di mana Wei Wu Xian yang sudah mati jiwanya dipanggil kembali oleh Mo Xuan Yu yang memendam dendam.

Plot.

twitter.com

Aku sendiri cukup puas dengan plot The Untamed yang 'katanya' dirombak habis-habisan untuk menghilangkan unsur BL. Kebetulan, saat ini aku sedang membaca versi novelnya. Sejauh ini, meskipun ada banyak perbedaan, tapi drama The Untamed sama sekali tidak mengubah plot aslinya.

Hanya saja, The Untamed memberikan episode flashback supeeeer panjang. Berbeda dari versi novelnya yang alurnya disetting maju-mundur beberapa kali. Tapi tidak perlu khawatir. Flashbacknya tidak akan membuat kalian mati bosan. Dengan menelusuri flashback ini, pertanyaanmu mengenai episode satu akan terjawab. Jadi, silakan enjoy.

Aktor (Pemain).

twitter.com

No comment. PERFECT. Aku cinta semua aktor yang memainkan tokoh-tokoh MDZS mulai dari yang memerankan protagonis hingga antagonis.

Xiao Zhan adalah aktor terbaik dalam memerankan tokoh Wei Wu Xian yang ceria, murah senyum, dan jail. Hampir semua penonton memberikan penilaian yang baik dan puas terhadap akting Xiao Zhan yang memainkan peran Wei Wu Xian (Wei Ying). Berkat The Untamed, nama Xiao Zhan meroket. Aku sendiri menyukainya. Terlebih ketika dia tersenyum. Pokoknya Xiao Zhan itu Wei Ying bangetlah.

Lan Wang Ji juga diperankan oleh aktor yang perfect. Wang Yibo mampu menjadi Lan Zhan yang sempurna. Lihatlah... dia sangat tampan dan menawan.


Intinya: Wei Wu Xian dan Lan Wang Ji sangat sempurna diperankan oleh Xiao Zhan dan Wang Yibo.

Pemain yang lain juga tidak kalah keren. Semuanya sesuai dengan ekspetasi saya.

Lagu/Soundtrack.

aminoapps.com

Inilah yang paling membuatku terbawa perasaan saat menonton dramanya. Selain disuguhi cerita yang epik dengan para pemain yang menawan, penonton juga dimanjakan dengan soundtrack yang indah. Mulai dari yang menenangkan hati sampai bikin galau.

Dikarenakan Xiao Zhan dan Wang Yibo juga seorang penyanyi, Theme Song The Untamed yang berjudul Wu Ji pun dinyanyikan oleh mereka berdua. Selain itu, setiap tokoh punya Character Song masing-masing. Beberapa ada yang dinyanyikan oleh penyanyi, sebagiannya lagi dinyanyikan langsung oleh aktornya.

Lirik lagu Character Song pun berisi kisah hidup para tokoh. Untuk kamu yang belum baca novel atau nonton dramanya, tidak diperkenankan membaca lirik lagunya karena akan menimbulkan spoiler. Jadi, sebaiknya dengar saja.

Kekurangan.

Di samping kecintaanku pada drama ini beserta semua pemainnya, ada beberapa kekurangan yang... yah tentunya pasti ada karena tidak ada yang sempurna di dunia ini selain Sang Pencipta.

Pertama, dalang di balik semua peristiwa.

Seperti yang kukatakan di awal, drama berbeda dengan novel. Di drama, aku meletakkan kecurigaan pada satu orang dan ternyata benar. Jadi, aku tidak kaget lagi. Mudah tertebak dan memang tidak disembunyikan.

Meski begitu, jangan kecewa. Nggak asyik kalau plot twist cuma satu. The Untamed tidak mungkin populer jika tidak memberikan berbagai kejutan kepada para penonton. Kalian penasaran? Silakan cari tahu sendiri.

Kedua, penyelesaian akhir kurang greget.

Mungkin ini hanya ekspetasiku semata, tapi aku sungguh mengharapkan pertarungan habis-habisan nan berdarah-darah. Bisa dibilang, penyelesaian konflik hanya sebatas pengakuan dan sedikit adegan pertarungan. Sejujurnya, aku kurang puas.

Tidak tahu bagaimana penyelesaian di novelnya. Apakah sama atau berbeda?

Ketiga, "Apa? Endingnya Gitu Aja?"

Yup, ketika lagu ending berkumandang, aku bergumam seperti itu. Bukan berarti aku tidak suka endingnya. Suka kok. Siapa sih yang tidak suka kalau endingnya bikin hati adem? Aku cuma merasa kurang lengkap.

Aku mengharapkan ada adegan lebih untuk Wei Wu Xian dan Jiang Cheng. Bagaimana pun, mereka itu seperti saudara. Aku butuh adegan mereka nongkrong bareng (?). Kalau kalian sudah menonton dramanya, kalian pasti tahu apa yang kurasakan saat ini.

Overall, aku suka banget The Untamed. Hingga sekarang masih belum bisa move on dari drama dan para aktornya. Khususnya Xiao Zhan dan Wang Yibo. Berkat The Untamed, aku ingin menonton drama mereka yang lain. Dan semoga saja mereka berdua bisa mendapat kesempatan bermain drama bersama lagi.

Untuk kalian yang sudah menonton drama ini, bagaimana pendapat kalian? Silakan bebas menulis di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca review super panjang ini.

Post a Comment

47 Comments

  1. HAIIII...

    PASTI DAH KELAR BACA NOVEL KAN?? SAYA NANTI REVIEW-NYA YAAAA.. 💓💓💓

    Ada yang bilang, ending Drama tuh ada dua.. aku gak ngerti itu maksudnya gimana..
    Dan kurang tahu ending bisa jadi dua itu gimana caranya..
    KALO TAHU, TOLONG KABARI SAYA!

    Tapi beneran, SUKA BANGET AMA AKTOR YANG JADI WEI YING DAN LAN ZHAN!!! 💓
    SENYUMNYA WY BIKIN MELELEH, MOOD BOOSTER BANGET!!!

    Gak komen apa-apa soal ceritanya deh..
    Karena emang bagus dan gak mengurangi inti plot walau dirombak dari novel aslinya..

    Makasih buat review-nya.. tetep semangat yaaaa.. 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Dika. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar :D

      Iya. Sekitar seminggu yang lalu aku sudah menyelesaikan The Untamed versi novel. Review segera menyusul ^^

      Menurutku ending ada 2 di dramanya mungkin seperti ini:
      1. Wei Ying menetap di Gusu sama Lan Zhan. Yah, entahlah dia mau ngapain. Mungkin bantu2 urusan kultivasi sama Lan Zhan dan berburu.
      2. Wei Ying dan Lan Zhan berpisah untuk berburu sendiri-sendiri.

      Itulah yang bisa aku tangkap X'D

      Delete
  2. Replies
    1. Kalau saya nonton full episode lewat aplikasi WeTV. Bisa didownload di playstore.

      Waktu itu nonton streamingnya masih gratis. Tapi untuk skrg sepertinya berbayar. Namun tidak begitu mahal kok 😊

      Delete
  3. MESKIPUN ADA KEKURANGAN DRAMA INI TETEP PERFECT BANGET BUAT AKU. JUJUR AKU SEMPAT KECEWA DAN TIDAK NONTON DRAMA INI KARENA PENGHILANGAN UNSUR BL NYA. SEBAGAI KAUM FUJO/FUDAN SIAPA SIH YANG GK PENGEN LIAT ZHAN SAMA YIBO 'GITUAN' WKWK... AKHIRNYA AKU GK NONTON SAAT MASIH GRATIS. DAN KETIKA AKU GABUT AKU MENCOBA BERDAMAI DGN HATIKU DAN MEMUTUSKAN NONTON EPISODE PERTAMANYA DI YOUTUBE. AKU MENDAPAT DORONGAN NONTON KARENA DRAMA INI TERLALU BANYAK BERSELIWERAN DI KUPINGKU. SAAT NONTON Q LANGSUNG LOVE BGT SAMA DRAMANYA. APALAGI YIBO, YA AMPUN... GEMES PENGEN NABOK WAJAH FLATNYA..HHHH... AKHIRNTA AKU BELA2IN BAYAR BUAT NONTON. SYUKUR BGT HARGANYA GK MAHAL DAN MUDAH BGT TRANSAKSINYA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Walopun ada kekurangan, tapi tetep cinta sama dramanya. Apalagi aktornya bener-bener jadi nilai tambah. Biar pun adegan BL dibabat habis dan hanya menyisihkan friendship, tapi interaksi yizhan lewat tatapan mata udah bikin meleleh XD

      Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar yang luar biasa! :D

      Delete
  4. Aku udah nonton dramanya dan itu keren banget.Sehari bisa nonton 10 episod.Gila sih bikin ketagihan banget.Novelnya aku sempet baca di wattpad agak beda sih sma versi dramanya tapi ttp keren kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet. Aku pun nontonnya marathon. Bahkan waktu malming bisa sampai pagi nontonnya haha.

      Iya, alur di novelnya agak beda. Dan ada beberapa adegan di novel yang ga ada di dramanya. Jadi kalo luang boleh banget lho baca versi novelnya juga hehe 😁

      Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar.

      Delete
  5. Hay klw boleh tau the untamed ini nontonx dmba yaa klw gratis?? Soalnx dwetv sdh dbyr,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau nonton yg gratis, bisa nonton di web Juragan Film. Bisa disearch di google dgn keryword 'The Untamed Sub Indo Juraganfilm'.

      Tapi kalau mau versi berbayar di WeTV juga ga begitu mahal kok, kak ^^ terima kasih sudah mampir ke blog ini.

      Delete
  6. Novel nya judul nya apa dan bisa baca dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul novelnya Mo Dao Zhu Shi. Versi judul inggrisnya Grandmaster of Demonic Cultivation karya Mo Xiang Tong Xiu. Novelnya bisa dibaca di Wattpad :)

      Mengenai BL, itu artinya boys love. Di dramanya memang diubah jadi friendship, tapi di novel aslinya sendiri mengusung tema boys love.

      Delete
  7. Suka bangeeeet. Sampai nonton spesial edisi lanjut untamed 50 episode. Suka sama alur cerita dan pemainnya wei ying dan lan zhan. Langsung baca novel aslinya. Berharap semoga ada untamed edisi selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Edisi selanjutnya sepertinya nggak ada lagi deh :( karena tahun lalu, saya lupa tanggal berapa tepatnya, para aktornya udah ngadain konser perpisahan gitu :")

      Tapi bisa kok nonton side storynya. Ada 2. The Living Dead (petualangan Wen Ning dan Shi Zhui) dan Fatal Journey (kisah adik kakak antara Nie bersaudara).

      Delete
  8. buagusss banget filmya.akhir ceritanya itu happy ending ataubsad ending ya.kayaknya menggantung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya happy ending :D

      Kalau menurutku, endingnya ditentukan sendiri oleh penonton. Apakah Wei Ying dan Lan Zhan akhirnya berpisah sesaat untuk bertualang atau Wei Ying akhirnya tinggal di GuSu bareng keluarga Lan ^^

      Delete
  9. Replies
    1. Ada novelnya. Tapi tidak dijual di Indonesia. Kalau pun mau beli, biasanya beli di China langsung. Itu pun bahasanya pakai bahasa China asli 😅

      Delete
  10. endingnya banyak tanda tanya yang bikin kita penasaran
    1.seperti siapa yang mengirim surat
    2.kematian tuan ji yg dilihat tuan nie jg gagal paham (sory gak tau nama asli)
    3.ada suara memanggil we ying
    4.belum ada adega petemuam we wuxian dan poanakan dan saudaranya
    tapi keseluruhan drama ini keren banget, semoga ada part 2 sih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Aku baru nonton nih kak, bisa kasih pencerahan ,kenapa kakakperempuan wei wuxian meninggal? Dan kenapa temen yg dulunya baik sm dia jd malah ngebunuh dia pas di tebing pake pedang di eps 1, sebenrnya penyebabnya apa kok mereka jd benci sm wei wuxian? Mau lanjut nntn tp blm paham masalahnya apa jd bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah nonton berapa episode nih? 😃 seingatku episode flashback itu sampai 30an. Pertanyaan kamu kenapa Shijie mati dan alasan mengapa Jiang Cheng mau bunuh Wei WuXian akan terjawab. Awal2 nonton emang bikin bingung. Tapi dgn flashback yg panjang itu, semua pertanyaanmu akan terjawab kok 😉

      Delete
  13. MAU TANYA... ITU DRAMA COWOK SAMA COWOK CIUMAN YA? APA AKU YANG GAGAL PAHAM ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sskali ga ada scene ciuman 😅 lagi pula dramanya friendship.

      Delete
    2. Dramaanyaaa bagus bangeeeeeeet... Persahabatan persaudaraaan.. Klo bemum5 nonton emang jadi salah paham... Sama sekali ga da scene romance.. G da cinta cintaaan.. Murni persahabatan yg bikin baper... Biar cowo sama cowo bikin baper.... Persaudaraan tanpa ikatan darah kdang lebih kuat... Ahh baper

      Delete
  14. Aaaahh nyesel baru nonton sekarang... Mau nonton pun baca review disini dulu.... Gpp bayar... Vipnya yg penting kelar.. Cinta wey ying sama lan zhan...... ... Semangat terus review filmnya...
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal dramanya udah setahun yang lalu yaa 😭 seneng bgt review ini membantu untuk bikin kamu nonton 😂

      Salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  15. Menurut ku sih ini drama china terbaik bahkan ini drama nya dapat rating 9,8 dengan 8 BILLION penonton di tencent. bayangin bukan million lagi tapi udah Billion.

    Sebenarnya untuk genre ini drama secara resminya di bilang bergenre BROMANCE/FRIENDSHIP tapi novel aslinya di ambil langsung dari novel bergenre BL/gay yg judulnya "Mo Dao Zhu Shi" namun karena pertimbangan " itu negara china" maka dari itu dirombak jalan ceritanya ke arah bromance/friendship.

    untuk aktor aku rasa kemistri pemeran wei ying dan lan zhan dapet banget dan mereka berdua jika dilihat dari kepribadian asli (bukan karakter di drama) emang mirip aja ama karakter masing masing di dramanya. Xiao zhan aslinya emang sering senyum dan ceria, sedangkan Wang yibo yg emang aslinya cuek, dingin, sama kek karakter lan zhan.
    untuk aktor lain emang udah perfect sih akting mereka bagus bagus emang :)

    untuk episode pada awalnya aku mikir 50 episode terlalu kebanyakan takut bosan dan setelah ku menonton sampai selesai disitu aku sadar 50 episode doank kurang banget. Endingnya juga bener bener membuat pertanyaan muncul. apakah wei ying tinggal bareng lan zhan ? ataukah mereka berpisah?.

    Jika dilihat dari versi ending yg tayang dari china endingnya terlihat seperti wei ying dan lan zhan berpisah tapi jika dilihat dari versi ending yg tayang di jepang mereka terlihat seperti bersama.

    kenapa beda beda endingnya???? nah pertanyaan bagus

    sebelumnya kan udah aku jelasin genrenya. jadi ceritanya di ubah sepenuhnya ke arah frienship/bromance sehingga beberapa adegan atau clip (kalau kalimat lainnya tuh kek dipres) yg harus dipotong untuk menghilangkan kesan 'gay?' sehingga drma the untamed yg ditayangi di jepang ada beberapa clip yg tidak ditayangkan di the untamed yg ditayangkan di china.

    namun ada beberapa hal lain, si director produser apalah itu tidak ingin terlalu menghilangkan keaslian cerita asli dari novelnya makanya mereka tetap menyelipkan beberapa hal yang sebenarnya tidak bisa dinotice sekali nntn doank. kebanyakan orang yg sudah membaca novelnya akan mengerti maksd kalimat itu. dan walaupun sudah dipres ke arh bromance kebanyakan fans novelnya akan langsung sadar bagaimana "atmosfir' diantara wei ying dan lan zhan, karena beberapa detail yang diselipin di dramanya jika di lihat dalam novel akan terdapat suatu hal yg menunjukan hub antara weiying dan lanzhan.

    Ada lagi "The untamed spesial" ini tuh drama yg sama tapi ada beberapa clip yang ditambahkan. ini bisa dibilang hadiah untuk para penikmat novel rangkap dramanya. karena awal nya nih drama di tayangkan banyak fans novelnya yg kurang 'puas' karena hampir semua moment wei wuxian ama lan zhan yg dihapus... sehingga the untamed spesial tuh ada beberapa klip yang sedikit menunjukan (hanya sedikit) skinship antara lan zhan dan wei wuxian tapi sangat sangat sangat sangat sedikit :(

    sebenarnya untuk mengerti banget tentang drama ini kalian harus nonton Dramanya ama baca novelnya, maksdnya kek di dramanya tdk dijelaskan kenapa si wei ying melakukan hal itu tapi tdk dijelaskan tapi di novel ada penjelasannya.

    untuk jalan cerita terlalu perfect. episode awal emang udah sangat menarik sih. semakin kesini konflik bermunculan dan percayalah ini sedih banget. salah satu drama yg bener bener bisa buat aku ngk bisa move on selama 3 bulanan lebih bahkan sampe sekarang saking terlalu tragis jalan ceritanya dilengkapi dengan ending yg kurang aja. aku masih penasaran ama hubungannya wei ying ama kakaknya, bagaimana hidup kakaknya setelah tau segala faktanya?, bagaimana kelanjutan dari weiying dn lan zhan apakah mereka hidup di guzu bersama?, bagaimana kisah dari anak yg dipungut weiying dan dibesarkan lan zhan?....

    yah intinya ini drama terlalu bagus wajib ditonton. ngk bakal nyesel nontonya. terus saran aja sih kalian harus nonton dramanya, baca novelnya, denger audionya, baca manhwa nya, dan nonton animenya :)))))

    *maap aku kebanyakan bacot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan xiexie karena udah antusias banget mengeluarkan pendapatnya mengenai drama The Untamed ini. Sebagian besar aku setuju banget sama kamu.

      Bagi yang suka banget sama novelnya, pasti akan merasa kecewa saat nonton dramanya. Tapi nggak bisa dibohongi, walau hanya ditunjukan bromancenya aja, drama ini punya chemistry yang memikat bangeeet.

      Aku juga sama kayak kamu. Butuh banget kisah-kisah setelah ending. Berharap banget Wei Ying dan Jiang Cheng memperbaiki hubungan adik-kakak yang sempat renggang. Sayangnya ga ada.

      Aku juga menikmati semua adaptasi mdzs ini haha. Mulai dari novel, drama, audio drama, manhwa, dan donghua. Padahal sih ceritanya sama aja. Kalo udah baca novelnya, tau kisah lengkapnyalah, tapi tetap aja semua adaptasi itu enak untuk diikuti lagi.

      Sekali lagi terima kasih untuk komentarnya yang panjaaaang. Seneng banget bacanya ^^

      Delete
    2. Nanya dong.. baca novelnya dimana?? Mntk link haramnya dong..

      Delete
  16. Pertama kali ku kenal Wei Ying dan Lan Zhan tuh dari anime nyah,karna anime nya belum tamat ku search² tentang MDZS eh ternyata ada drama dan pemain nya Wang Yibo.. ya cus nonton dong~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mending nonton dramanya yang sudah tamat dalam 50 Episode hehe. Selamat menonton ^^ Dramanya juga ga kalah seru kok.

      Delete
  17. Referensi u itu sangat.. sangat.. sangat.. aku banget.
    Sukak banget dengan drama ini dan belom bisa move on juga dengan film maupun tokoh utamanya sampe sekarang (terutama ama XZ).
    Harapanku semoga XZ dan WYB dipertemukan lagi di next drama yang lebih seru.
    Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa banget. Aku butuh waktu lama untuk bisa move on dari The Untamed. Sebelumnya tuh susah banget. Segitu sukanya sama drama ini. Aku juga berharap semoga XZ dan WYB bisa main drama bareng lagi, tapi yah entahlah haha.

      Terima kasih juga sudah mampir dan berkomentar. Maafkan reply yang sangat terlambat ini karena aku suka nunda balas komentar, ujung2nya malah lupa T_T

      Delete
  18. Halo, trims reviewnya. Jadi terbantu untuk paham. Soalnya aku belum nonton full. Masih terpotong2. Tapi secara keseluruhan kayaknya udh paham deh. Meski masih ada lubang disana sini.
    Selain kisah bromance Wei Ying dan Lan Zhan, ada lagi kisah yang sangat menyentuh yaitu kisah Ah Yuan a.k.a Lan Shizui. Aku bahkan sampe meneteskan airmata waktu nonton Ah Yuan bertemu kembali dengan Wei Ying saat di ep.50. Memang sejak awal di ep.1, Lan Shizui sudah menonjol ketika mereka anak2 Sekte Lan dimintai tolong utk meredakan kekuatan pedang jahat di keluarga Mo. Ah Yuan sering kasih komando2. Feelingku berkata ni Bocah pasti penting nih. Ternyata benar ya dia mmg istimewa buat Hanguang Jun.
    Btw, bbrp adegan kocak masih sangat bikin ketawa kalo diingat2 sampe skrg. Salah satunya adegan wkt belajar di kelas di Gusu. Memang namanya dikelas itu pasti ada aja murid2 yg jail, yg bikin suasana kelas jadi seru. Tapi kalo mau jail bisa aja asalkan pinter, kayak Wei Ying hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih juga sudah mampir. Senang sekali tau review ini bisa membantu 😊

      Iyaa nih... aku juga awalnya penasaran siapa itu Ah Yuan. Sampai akhirnya di flashback ada anak kecil yg dirawat sama Wei Ying bernama Wen Yuan. Nggak nyangka anak yg kukira udh mati, ternyata selama ini dirawat sama Lan Zhan. Huhu terharu banget :")

      Nah, bener banget. Kelakuan anak murid begitu ya. Ada aja yg nakal. Tipe org kayak wei ying itu memorable banget. Tapi gitu2 dia pinter... bahkan ilmu bela dirinya juga tinggi 😍

      Delete
  19. Dramanya emang bagus banget sih, walaupun yaa endingnya bikin bingung. Awalnya cuma coba-coba karena ada unsur BL nya, ya karena aku termasuk Fujo pastinya penasaran lah. Walaupun pada akhirnya gak ada unsur BL, tapi aku tetap puas. Karena di suguhi adegan2 Lan Zhan & Wei Ying dalam bentuk persahabatan, yang bisa bikin jiwa Fujo lumayan meronta:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin bingung kah? Hm... mungkin kalau ada waktu luang bisa coba nonton ulang. Biasa nonton ke 2 kalinya itu bikin kita ngeh sama hal2 yang ga kita sadari sblmnya.

      Haha betul, walaupun bukan masuk kategori BL (cuma sebatas persahabatan), tapi cukup ketriger juga yaa hehe. Terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  20. WeTV emang nama internasionalnya TencentVideo.

    ReplyDelete
  21. Aku suka nntn drama wang yibo, tp ngga niat nntn drama ini soalnya aku kira bakalan BL.

    Lagi iseng nyari info drama barunya yg polisi eh nyasar ke sini. Ternyata bukan bl, selama ini aku tertipu dengan postingan2 yg ngeship mereka hahaha...

    Reviewnya rapi banget, jd paham dan bkn orang tertarik nntn nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga suka BL, nonton dramanya aman kok. Di medsos memang kebanyakan adegan2 yang shipping mereka. Mungkin karena mereka juga banyak yg baca versi novelnya. Tapi dramanya sendiri lebih menjurus ke persahabatan aja.

      Wah, makasih banget! Senang kalau ada yg teracuni reviewku, happy watching ya. Dan semoga suka. Karena Wang Yibo keren banget di drama ini hehe.

      Delete
  22. Selesai nntn aku balik lagi buat komen, dan yah sekarang aku ngerti apa yg dirasakan penulis,

    Wu xian sama jiang cheng kok ngga bareng lagi :' pen liat mereka berdua ngobrol kaya dulu...

    Makasih buat reviewnya, dramanya beneran aman dan sekeren itu :) . Persahabatan Wu Xian sama Wang ji manis banget :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih banget mau balik lagi ke blog ini hehe. Ya kan? Aman banget untuk ditonton dan tetep seru. Aku jg agak kecewa karena hubungan Wu Xian dan Jiang Cheng nggak bisa kayak dulu lagi. Sebenarnya mungkin bisa aja, tapi kita taulah kalau Jiang Cheng ini egonya terlalu tinggi :")

      Sekali lagi, terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  23. Siang kak penulis. Wah aku telat banget baca review kaka. Akubpenasaran kak, karena baru nonton 7 eps, belum lanjut lagi.
    Dan aku belum nonton episode dimana xiao zhan bunuh diri. Eps 7 baru sampai, si Xiao Zhan mulai pake seruling hitam.
    Jadi eps dia bunuh diri, ada di eps berapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Makasih ya sudah mampir dan maaf banget respon komentarnya lama. Episode Wei Ying bunuh diri itu ada di episode 1 lho. Di awal, pas bagian dia jatuhin diri sendiri. Kalau ga salah di epi 32 atau 33 akan ada pengulangan lagi adegan itu lebih lengkap.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)