Gini Nih Urutan Baca Novel Series Rick Riordan

thenerddaily.com

Siapa yang tidak kenal Rick Riordan? Pasti pada tau, dong. Beliau adalah penulis yang terkenal dengan karya series Percy Jackson and the Olympians yang mengusung tema mitologi Yunani. Meskipun novel-novelnya termasuk dalam kategori Middle Grade, banyak juga lho orang-orang yang membaca series ini.

Seperti yang kita tau, series Rick Riordan itu banyak banget! Antara series satu, dengan yang lain selalu berkaitan. Walaupun tokoh utamanya berbeda, namun jalan ceritanya masih dalam universe yang sama. Bahkan, saya beberapa kali menjumpai teman yang sering kali bertanya, "Kalau mau baca buku Rick Riordan, mulai dari mana dulu, ya?"

Karena itu, saya bakal kasih tau kamu urutan baca series Rick Riordan biar bacanya urut dan nggak membingungkan. Jadi, siapkan cemilanmu, ya.

Oh ya, sedikit catatan, side story series Rick Riordan tuh aslinya banyak banget. Tapi hanya sebagian saja yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Jadi, saya mengurutkannya berdasarkan pengalaman saya membaca bukunya πŸ˜ƒ

1. Percy Jackson and the Olympians (PJO)

foreverbookish.com

Sebelum membaca series yang lain, tentu saja kamu harus memulainya dengan series ini. Di series inilah awal permulaannya. Penting banget untuk baca series PJO karena di sini pula kamu akan mulai dikenalkan oleh Mitologi Yunani. Mulai dari apa itu demigod hingga dewa-dewi dan istilah-istilah lainnya.

Jangan pernah berpikir ini novel berat karena mengusung tema Mitologi Yunani. Ingatlah bahwa ini novel Middle Grade. Jadi pasti enjoy banget baca novel ini.

Dalam series PJO, terdapat 5 buku di mana Percy Jackson (anak berusia 12 tahun) adalah tokoh utama dalam series ini yang ditakdirkan untuk menghadapi Ramalan Besar. Di setiap bukunya terdapat berbagai misi yang berbeda, namun semua ini akan membawa kamu ke akhir dari Ramalan Besar yang Percy peroleh.

Book 1: The Lightning Thief
Book 2: The Sea of Monster
Book 3: The Titan's Curse
Book 4: The Battle of the Labyrinth
Book 5: The Last Olympian

2. The Heroes of Olympus (HOO)

thoughtswishesdreamsandbooks

Ini adalah series kelanjutan PJO. Jangan pernah baca series ini kalau belum baca series PJO. Kenapa? Tentu saja karena The Heroes of Olympus adalah kelanjutan dari series PJO. Benar-benar ada kaitannya. Kamu bakal gagal paham kalau baca series ini lebih dulu.

Setelah di PJO mengenal Mitologi Yunani, di HOO kita sambil belajar Mitologi Romawi. Asyik, kan? Keseruan baca novel dapat, tapi kita juga dapat ilmu baru. Nggak perlu memikirkan bakal pusing. Karena di setiap buku Rick Riordan ada glosarium yang siap membantu kalau kamu lupa.

Di series HOO, terdapat 5 buku juga dengan tokoh utama berjumlah 7 orang. Ya, 7 orang dan siap-siap saja selalu terjadi pergantian POV setiap satu bab. Nggak bikin pusing, kok. Tenang aja. Kabar baiknya, plot series ini lebih kompleks dari PJO. Seru!

Book 1: The Lost Hero
Book 2: The Son of Neptune
Book 3: The Mark of Athena
Book 4: The House of Hades
Book 5: The Blood of Olympus

3. The Demigod Files & The Demigod Diaries


Dua buku ini adalah side story. Pastikan kamu baca dua buku ini setelah baca The Heroes of Olympus Buku 1: The Lost Hero. Sebenarnya kalau kamu mau skip The Demigod Diaries tidak apa-apa karena tidak terlalu mempengaruhi plot di buku selanjutnya.

Namun lain halnya dengan The Demigod Files. Di dalam buku ini ada side story yang bakal nyambung di HOO buku ke 2: The Son of Neptune. Sayangnya, buku ini udah langka banget dan belum cetak ulang lagi. 

Bukan masalah mau diskip juga karena di The Son of Neptune akan ada sedikit penjelasan. Tapi kalau kamu baca The Demigod Files, feel di The Son of Neptune akan lebih terasa.

4. The Trials of Apollo (ToA)

techsavvymama.com

Meskipun ending HOO tuntas, tapi sebenarnya nggak tuntas banget. Jadi, berlanjutlah ke series The Trials of Apollo.

Sudah jelas yaa siapa tokoh utamanya? Ya, Apollo. Terkenal karena dia adalah Dewa Matahari, Dewa Puisi, Dewa Musik, Dewa Penyakit, Dewa Ramalan, dan Dewa Pengobatan. Sungguh, multi-talent sekali. Dan sayangnya dia dibuang oleh bapaknya (Zeus) ke tong sampah sebagai manusia.

readriordan.com

ToA juga terdiri dari 5 buku, dan akan tamat di tahun 2020 ini karena buku ke 5 nya (The Tower of Nero) akan terbit bulan Oktober nanti. Saya nggak sabar!!!

Book 1: The Hidden Oracle
Book 2: The Dark Prophecy
Book 3: The Burning Maze
Book 4: The Tyrant's Tomb
Book 5: The Tower of Nero

5. Camp Half Blood Confidential


Lagi-lagi ini adalah side story. Saya letakkan di nomor 5 karena buku ini pertama kali terbit tahun 2017, kira-kira tahunnya bersamaan dengan series ToA yang masih on going.

Nggak penting-penting amat karena buku ini cuma guide book mengenai CHB (Perkemahan Blasteran).

6. Magnus Chase and the Gods of Asgard

libellus.weebly.com

Series ini mengusung Mitologi Nordik. Terdiri dari 3 buku dan sebenarnya sama sekali nggak nyambung dengan series di atas. Tapi tokoh utama novel ini adalah Magnus Chase. Dia sepupu Annabeth Chase. Dan... Annabeth Chase adalah pacar Percy Jackson.

Jadi, pastikan kamu juga baca kisahnya. Nggak bohong, trilogi ini seru banget! Setting waktunya bersamaan dengan The Trials of Apollo, lho.

Book 1: The Sword of Summer
Book 2: The Hammer of Thor
Book 3: The Ship of the Dead

7. The Kane Chronicles (TKC)

pinterest.com

Sebenarnya trilogi TKC terbit duluan daripada The Trials of Apollo. Alasan diletakkan di nomor 7 karena cuma series ini aja yang belum saya baca. Tapi saya akan membacanya nanti. Update terbarunya, trilogi TKC ini akhirnya cetak ulang dengan cover TKC punya German yang lebih kece lho.

TKC mengusung Mitologi Mesir dan seriesnya juga nggak nyambung dengan series sebelumnya. Yang saya tau, tokoh utama TKC adalah kakak-adik.

Book 1: The Red Pyramid
Book 2: The Throne of Fire
Book 3: The Serpent's Shadow

*

Wah, sepertinya sudah panjang banget, ya? Sebenarnya masih ada banyak side story dari series yang sudah saya sebutkan di atas. Seperti Percy Jackson and the Greek Gods, Percy Jackson and the Greek Heroes, Hotel Valhalla, Demigod & Magician, dan masih banyak lagi! Kalau dibahas semua, malah jadi lebih panjang nanti.

Meskipun series Rick Riordan bukunya banyaaak banget, tapi beneran deh, saya nggak ada bosannya baca buku-buku Rick Riordan. Tiap tahun selalu menanti buku barunya.

Jujur aja, pertama kali dikenalin buku Rick Riordan tuh selalu mikir, "Ngapain baca buku ini? Ini kan buku anak-anak. Nggak asik."

Eh, akhirnya kemakan omongan sendiri. Pas nyoba baca Percy Jackson and the Lightning Thief malah ketagihan untuk baca semua bukunya.

Nah, bagaimana? Untuk kamu yang belum pernah mengikuti series ini, tapi pengin banget baca, apa sudah ada gambaran untuk baca sesuai urutannya? Semoga postingan ini membantu ya. Kalau masih bingung, boleh tanya-tanya πŸ˜†

Omong-omong, kamu suka nggak sih baca novel series kayak gini? Kalau suka, apa novel series favorit kamu? Atau novel series apa yang menarik perhatianmu, tapi belum kesampaian baca? 😁

Kalau saya lagi pengen baca series Cassandra Clare dan Sarah J. Maas nih. Semoga kesampaian ya. Karena series 2 penulis ini banyak, dan sudah pasti kalau mau beli harus ekstra menabung πŸ˜‚

Post a Comment

31 Comments

  1. Buku-buku berseri yang aku tamatkan adalah buku karya anak bangsa Kak. Serial Supernova karya Dee Lestari, serial anak-mamak (anak Nusantara) karya tereliye, serial Bumi karya Tere Liye, serial mata karya Okky. Sejauh ini, aku belum pernah sama sekali nyobain buku seri terjemahan sekali pun pengen banget sama serial Harry Potter yang menggemparkan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti aku kebalikan dari kamu nih. Aku yang sering malah baca seri-seri terjemahan. Walaupun seri populer Harry Potter juga belum pernah baca hehe.

      Tapi aku lumayan tertarik untuk baca seri Supernova karya Dee Lestari dan Bumi Series nya Tere Liye.

      Delete
  2. Buku seri yang mengusung tema mitologi Yunani seperti ini memang sangat menarik dan seru. Selain menghibur juga menambah wawasan. Saya sih cuma pernah nonton Percy Jackson dan memang keren! Kalau baca sih belum πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul. Meskipun di Indonesia mungkin mitologi Yunani nggak gitu populer, tapi ilmu juga buat kita ^^

      Kalau begitu kamu harus coba baca bukunya nih. Karena percayalah, film dan bukunya beda banget lho. Aku berani bilang kesamaan film dan bukunya cuma 10%, sisanya beda X'D

      Delete
  3. Saya sudah baca hampir semua dari list buku-buku di atas, ehehehe. Cuma belum baca Magnus Chase sama sekali dan beberapa buku side story. Oh ya,Trials of Apollo juga baru baca buku satu.

    Saya suka sekali baca novel series. Ada perasaan harap-harap cemas gimana gitu saat menunggu buku berikutnya terbit. Terus kalau sudah terbit dan punya dana untuk bisa langsung beli tu rasanya kayak pucuk dicinta ulam pun tiba, *eaaaa*.

    Hmmm... saking banyaknya novel series yang menarik perhatian saya jadi bingung mau nulis yang mana, *selfkeplak*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo gitu ayo lanjut baca lagi The Trials's Apollo nya kak. Tahun ini final booknya terbit lho. Dan ya... nunggu series tiap tahunnya tuh selalu bikin degdeg'an. Apalagi masa-masa nunggu buku ke empat Apollo ini. Skrg lagi nggak sabar beli buku terakhirnya.

      Pokoknya harus mulai nabung sekarang buat beli The Tower of Nero nanti XD

      Oh! Pastikan baca Magnus Chase juga ya. Trilogi ini juga bagus kok. Kenalan sama Jack. Asyik deh ehehehe.

      Delete
  4. Wah baru banget tentang genre fantasi.
    Sering dengar nama penulisnya, tapi cuma pernah nonton film Percy Jackson.

    Mau tanya kak, itu mitologi yang digunakan berupa kisah-kisahnya atau sekedar pengambilan tokohnya? Mungkin, kisah mitologi yang dipelintir gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau masih baru, waktunya mencoba genre ini. Seru lho... ^^

      Sekedar pengambilan tokoh-tokohnya aja. Untuk plot ceritanya murni dari Rick Riordan sendiri. Tapi ilmu sejarahnya juga dapet kok. Jadi, ada selingan kisah-kisah dari Mitologi itu juga.

      Delete
  5. Rick Riordan emang keren banget! Udah baca semua selain side story, karena gak terlalu berhubungan kirain gak terlalu wajib untuk dibaca tapi kayaknya oke juga buat diikutin.

    Dan ternyata Apollo tamat tahun ini ya... buku ke-4 udah punya tapi belom disentuh lagi sampe sekarang haha... nunggu lengkap deh biar gak makin lupa atau penasaran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca side storynya juga lumayan lho kak. Asyik juga.
      Dan ya... kabarnya buku ke lima nya adalah penutup dari seri The Trials Apollo :')

      Iya, sekalian aja kak bacanya. Kan sebentar lagi The Tower of Nero bakal terbit :3

      Delete
  6. Karena kemaren rame org yg po trials of apollo book 5 jdi pengen baca percy jackson dr awal. mumpung di ipusnas lengkap semuaa.
    Btw series nya Cassandra Clare asik parah, kalian harus bacaaa cuman yaa emg mahal sih soalnya rame bgt serinya wkwk udh dijadiin tv series juga. sekali baca pasti ketagihan sama dunianya ibu ratu cassie :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penggemar Rick Riordan cukup banyak di tanah air. ToA 5 pun jadi buku yg ditunggu2 banget di tahun ini. Ayo, baca. Dijamin nggak bakal nyesel.

      Sudah kuduga. Tapi ya gitu loh... seriesnya tuh panjaaang dan banyak banget. Nggak kalah banyak dari Rick Riordan. Dan karena udah ada tv seriesnya itulah yang bikin penasaran sama versi bukunya. Semoga bisa kesampaian baca buku ini ya hehe.

      Terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kalo mau baca buku seri Hero of Olympus, harus baca Percy Jackson dulu yah kak?... Soal nya penasaran banget mau baca seri HOO nya kak😁

      Delete
    2. Saranku, lebih baik baca dari Percy Jackson dulu kak 😁 soalnya saling berhubungan juga. Dan, beberapa tokoh di sana jg udah dikenalkan di series PJO. Jadi ga bakal bingung lagi pas baca HOO 😁

      Delete
  8. Dear kak Mithaza Monica, makasih atas tulisannya ya. Bener bener berguna banget kak, buat saya yang baru bgt mengenal karya Rick Riordan hasutan temen (fyi, fantasi tuh bukan genre saya).
    Baru selesai baca PJO series dan lagi nyari nyari HoO series yg 1 set versi indo, susah nih :( huhuu. Abis baca ulasan kakak ini saya jadi pengen coba beli yg TOA & magnus chase juga deh, tapi tahun depan aja kali yaa wkwkwk. Selesai baca PJO, saya jadi suka fantasi dan ada rasa seneng kalo punya semua series (dulu paling gak suka novel berseries soalnya wkwkwk)
    Thankyou kak ulasannya, bermanfaat bgt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih juga sudah mampir di blog ini ^^ senang banget karena tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang mau kenalan dengan karya om Rick Riordan.

      Nyicil dulu aja belinya. Dulu aku juga belinya bertahap. Karena bukunya om Rick banyak banget hehe.

      Delete
  9. Wah...aku kelompat bacanya, wkwkwk
    Aku baca Apollo dulu, dan belum baca Percy Jackson. Cuma pernah liat film nya.
    Tapi pas baca Apollo, beneran deh. Emosi kek diaduk-aduk :")
    Belum tamat juga bacanya. Baru series 3. Nunggu di Ipusnas ada :")
    Mau beli juga...hmmm
    Tapi, Emang keren banget si kak bapak Rick Riordan ini
    Pembawaan ceritanya bagus, sumpah kek kesedot dalam cerita.
    Btw...makasih ya kak...
    Jujur, aku bingung harus baca dari mana. Wkwkwk
    Series nya banyak banget soalnya.
    Semangat terus kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau begitu jangan lupa baca serial Percy Jackson dan The Heroes of Olympusnya ya. Biar nyambung hehe ^^ Film sama novel beda jauh banget deh. 99% beda banget. Lebih seru novelnya.

      Om Rick Riordan emang keren. Selain ceritanya bagus, pembawaan ceritanya juga seru. Humornya juga asik.

      Terima kasih juga sudah mampir dan meninggalkan komentar ^^

      Delete
  10. Alhamdulillah, aku baru saja selesai baca buku 1 series percy Jackson. Sebenarnya pertama kali aku baca buku karya Om Rick yang buku ke-tiga percy Jackson setelah habis nonton filmnya yang kedua lalu lanjut buku keempat, karena waktu itu aku pikir buku satu sama buku 2 sama alurnya sama dengan kedua film itu, paling cuman adegan ceritanya yang kurang penting yang dipotong. Eh... rupanya, pas aku memutuskan baca buku pertamanya, aku nggak nyangka alurnya memang beda banget dengan filmnya. Dulu pertama kali nonton filmnya aku benar-benar merasa WOW gitu dan excited banget. Sekarang aku merasa novelnya malah lebih lengkap, lebih WOW, dan lebih greget daripada filmnya. Malah aku nggak sabar nonton seriesnya suatu saat nanti πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama banget kayak aku dong. Dulu sblm baca juga aku nonton movienya doang dan aku merasa filmnya keren banget. Karena aku punya temen yg lebih dulu nge fans sama karya om rick, dia kasih tau aku untuk baca novelnya dari yg pertama. Dan pas baca, boleh dibilang movie vs buku 98% beda banget πŸ˜‚ beneran seru novelnya.

      Dan yah, mari berharap nanti seriesnya bakal sama kayak bukunya dan memuaskan kita 😍

      Delete
  11. Pertama kali jatuh cinta sama greek mythology tuh abis baca Wattpad tentang dewa Olympus, terus dari situ ketagihan bacanya. Sejauh ini aku belum pernah baca atau beli buku karya Rick Riordan, tapi pengen banget baca. Tadi udah hampir beli buku seri ToA, tapi sayang seri pertamanya habis. Dan bingung juga mau baca mulai dari seri mana, karena banyak banget seri karya Riordian. Thanks banget buat kakak udah share urutan bukunya xoxo
    Btw, aku juga suka author Jostein Gaarder, novel-novel filsafatnya keren dan seru. Kakak suka juga gak? xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... nggak nyangka ternyata masih banyak juga orang2 yg blm tau urutan baca series ini. Aku awal baca karya Rick Riordan juga gitu sih. Untunglah ada temen yg bisa ditanya dari mana aku harus mulai baca series Rick Riordan hehe.

      Aku udah lama tertarik baca Jostein Gaarder, tapi blm kesampaian beli terus nih. Berhubung itu novel filsafat, bagus banget ga sih? Takutnya malah bikin ngantuk XD

      Terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  12. hai, semoga dijawab, novel ini tuh full english ya atau apa ada yg sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul-judul yang kusebutkan dipostingan ini sudah diterjemahkan semua ke dalam bahasa Indonesia oleh Mizan Fantasi 😁 Kayaknya hampir semua karya Rick Riordan sudah ada edisi bahasa Indonesianya.

      Delete
  13. Aku masih pemula banget kalo soal novel2. sejauh ini baru ngumpulin series Bumi karya Tere Liye, dan sekarang lagi baca series nya The Kane chornicles sama The wizard of once karya Cressida Cowell

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dibilang aku juga masih pemula kok hehe. Dan sejauh ini selalu baca serial terjemahan terus, semoga bisa segera baca Bumi Series nya Tere Liye nih. Karena banyak yg bilang bagus dan malah bikin jadi penasaran.

      Hmm... sepertinya aku baru dengar judul The Wizard of Once, tapi nama Cressida Cowell tampak ga asing.

      Terimakasih ya sudah mampir ^^

      Delete
  14. Hai kak, tulisannya bagus bangett, jadi referensi buat aku yang mau mulai baca buku, aku sebenernya movie enthusiast sii, pjo, harpot, maze runner, hunger games dll udah nonton semua, tiba tiba tertarik buat baca bukunya, lagi proses menabung jugaa, mau beli pjo dulu

    btw kaa, terjemahan mizan apa bener bagus, soalnya kan ada terjemahan yang malah gabisa dipahami gitu kak, beberapa tahun yang lalu aku baca trials of Apollo gatau yang keberapa kayanya ko terjemahannya susah dipahami ya kakk, menurut kaka gimana,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga. Makasih banyak yaa... Seneng bgt kalau postingan ini bisa dijadiin referensi bacaan ^^ selamat menabung ya. Biasanya sensasi baca buku dan film beda banget.

      Menurutku terjemahan Mizan udah bagus banget sih, mudah dipahami juga. Mungkin kamu ga paham karena langsung baca the trials of apollo. Soalnya serial ini lanjutan dari serial the heroes of olympus.

      Skrg kan novel PJO cetak ulang, nah kata beberapa temanku yg beli novelnya, naskahnya diedit lagi jadi lebih enak dibaca. Tapi hampir semua buku-buku terjemahan Mizan enak kok terjemahannya ^^ mungkin kalau ragu boleh coba beli buku pertama PJO dlu hehe.

      Delete
  15. Lgii jatuhh cintaaa bgt sm seriall iniiii.. untuk sekarang serial pjo sm hoo udhh lengkapp tinggall melengkapi yg trial's of apollo krnn keliatannya ada hubungannya dengan chb dan percy waktu ngeliat tokoh2 apaa aja yg akan muncul di dlm buku trial's of apollo yang ada di websitenya rick riordan... semogaa dananyaa bisa cepet adaa buat beli trials of apollo langsung lima2 nyaa πŸ€£πŸ€£πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah suka sama Percy Jackson pasti bakal baca semua serialnya. Tapi nggak akan nyesel kok karena semuanya bagus-bagus. Dan ya, walaupun The Trial's of Apollo tokoh utamanya Apollo, tapi masih melibatkan tokoh-tokoh dari serial Percy Jackson.

      Aamiin... semoga segera terkumpul ya dananya untuk collect semua karya om Rick Riordan ^^ Terima kasih sudah mampir.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)