[Book Review] Heaven Officials Blessing by Mo Xiang Tong Xiu

Informasi Buku

Judul: Heaven Official's Blessing / Tian Guan Ci Fu
Penulis: Mo Xiang Tong Xiu
Penerjemah Indonesia: jeffery_liu & Vampirelibrary
Jumlah Chapter: 244 chapter + 8 chapter Extra
Genre: Xuanhuan, Danmei
My Rated: 5🌟/5

Sinopsis

Awal dari delapan ratus tahun yang lalu, Xie Lian adalah Putra Mahkota Kerajaan Xian Le, orang yang dicintai oleh warganya dan alam semesta. Tidak mengherankan, dia naik ke surga di usia yang sangat muda tetapi tidak cukup lama memilih untuk turun dari dunia fana, lalu sekali lagi dia diusir.

Sekarang, selama delapan ratus tahun kemudian, Xie Lian naik ke Surga untuk ketiga kalinya sebagai bahan tertawaan dari ketiga alam. Pada tugas pertamanya sebagai dewa, dia bertemu dengan iblis misterius yang memerintah hantu dan menakuti Surga.

Namun tanpa sepengetahuan Xie Lian, raja iblis ini telah memperhatikannya untuk waktu yang sangat, sangat lama.

Review

Pinterest
Heaven Official's Blessing atau Tian Guan Ci Fu (akan saya singkat saja menjadi TGCF) adalah karya ketiga yang ditulis oleh Mo Xiang Tong Xiu.

Bisa kalian lihat, jumlah chapternya sangat panjang sekali. Lebih panjang dari novel keduanya yang berjudul Mo Dao Zu Shi. Jadi, bisa dipastikan konfliknya lebih greget. Membuatmu menangis darah. Oke, ini hanya hiperbola saja, namun tak bisa disangkal angstnya sangat 'terlalu'.

Baca juga: Review Mo Dao Zu Shi karya Mo Xiang Tong Xiu

Novel yang saya baca adalah versi terjemahan bahasa Indonesianya di wattpad. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk penerjemah sehingga saya bisa menikmati cerita TGCF ini.

Heaven Official's Blessing bercerita tentang Xie Lian, Putra Mahkota Kerajaan Xian Le yang naik ke Surga untuk ketiga kalinya setelah delapan ratus tahun. Setelah naik, Xie Lian langsung melakukan misi pertamanya sebagai Dewa Bela Diri.

Dalam misi itu, Xie Lian bertemu dengan sosok raja iblis yang dijuluki Hujan Darah Mencapai Bunga yang ditakuti oleh Surga. Namun tanpa pengetahuan Xie Lian, raja iblis ini seperti mengenalnya sejak lama, memahaminya, dan mengerti dirinya.

Konflik dari novel ini sebenarnya adalah misteri masa lalu Xie Lian yang terjadi delapan ratus tahun yang lalu.


Jika mimpimu adalah untuk menyelamatkan semua orang, maka mimpiku hanyalah kamu.

Intinya: konflik ini berhubungan dengan MASA LALU. Jadi, alur yang berjalan saling mengubungkan dari satu titik ke titik lainnya. Saya sulit menjelaskannya. Nggak ngerti gimana MXTX waktu nge-outline novel ini. Karena plotnya cukup kompleks.

Pokoknya membaca TGCF membuat kamu mengumpulkan keping-kepingan masa lalu untuk pertempuran dan mengetahui kenyataan masa sekarang yang akan Xie Lian hadapi.

Dalam 244 chapter, TGCF terbagi menjadi lima volume. Dua di antaranya, yaitu volume 2 dan 4 adalah flashback. Sedangkan volume 1, 3 dan 5 adalah konflik yang berhubungan dengan flashback itu. Hingga pada akhirnya pembaca akan dihadapkan dengan musuh terbesar Xie Lian dari delapan ratus tahun yang lalu.

Hal yang paling bikin gemas adalah relasi antara Xie Lian dan sosok raja Iblis bernama Hua Cheng.

Pinterest
Saya suka kedua tokoh utama ini. Hubungan mereka manis dan sopan banget. Bisa dibilang pasangan di TGCF sangat elegan dan berkelas. Tidak seperti dua novel MXTX sebelumnya, yang membuat saya tepok jidat atas kelakuan Wei Ying di MDZS dan Binghe di SVSSS.

Percayalah, ketika mengenal Hua Cheng, dia akan masuk ke dalam daftar cowok idaman kaum hawa.

Yang Mulia, aku mengerti segalanya tentangmu. Keberanianmu, keputusasaanmu, kebaikanmu, rasa sakitmu, dendammu, kebencianmu, kecerdasanmu, kebodohanmu.

Saya benar-benar takjub dengan plot rumit yang dibangun MXTX di novel ini. Bahkan di samping plot utamanya, konflik sampingan seperti kejadian yang dialami Shi Qing Xuan, Shi Wu Du dan Ming Yi membuat reader macam saya galau berat. Meskipun dikatakan sampingan, plot mereka juga yang membantu laju plot utama.

Hal-hal kecil seperti senjata suci Xie Lian dan Hua Cheng pun juga punya masa kelam sendiri. Ruoye (tali sutra yang membalut lengan Xie Lian), Fang Xin, dan E Ming punya kisah memilukan. Ya, padahal mereka cuma senjata.

Heaven Official's Blessing / Tian Guan Ci Fu memang unik, seru, indah, menegangkan, dan menguras emosi pembacanya.

Mati dalam pertempuran untukmu adalah kehormatan terbesarku.

Kamu nggak akan bosan membaca TGCF. Bumbu genrenya banyak. Action, ada. Comedy, ada. Friendship, ada. Angst, ada. Romance, ada (malah manis banget). Hurt, ada. Sampai Tragedy juga ada. Pokoknya paket komplit banget! Persiapkan hati kalian kuat-kuat. Jangan lupa siapkan mental. Ah, dan juga tisu buat yang gampang baperan.



Puncak angst di novel ini sungguh membuat saya super super nge-down. Sangking nge-down nya, saya sampai nggak bisa lanjut baca karena ceritanya terlalu tragis, tapi terlalu bikin penasaran. Saya butuh waktu tiga hari untuk bergalau ria sebelum lanjut membaca. Kalau disuruh membaca ulang TGCF Vol. 4, tidak, terima kasih.

Baca juga: [Book Review] Erha / The Husky and His White Cat Shizun karya Meatbun

MXTX juga menyajikan plot twist yang mengejutkan. Bikin reader nggak terima.

Plot twistnya menohok. Sosok antagonis dalam novel ini disembunyikan dengan baik. Misalnya, saya menuduh si A, tapi tak lama kemudian tuduhan saya dibantahkan oleh penulisnya.

Tokoh-tokoh di novel TGCF banyaaaak sekali dan punya sifat yang unik! Tak heran ya. Jumlah chapternya saja 244. Tapi untunglah nggak langsung dikeluarkan semuanya. Kamu bisa mengenal mereka semua pelan-pelan.

Satu hal yang bikin saya takjub sama novel ini adalah: Tidak ada tokoh yang saya benci. SAYA CINTA SEMUANYA. Ya, termasuk tokoh antagonis dan makhluk menyebalkan bernama Qi Rong pun saya suka.

Terakhir, saya puas dengan klimaks dan penyelesaian novel ini.

Masih sambil mengorek masa lalu, adegan pertempuran Xie Lian melawan musuh lamanya penuh dengan ketegangan. Membuatmu tidak bisa berhenti membaca, dan pasti akan membuatmu berkali-kali menahan napas. Lalu, endingnya ditutup dengan baik sekali. Penuh keharuan. Saya makin sayang sama main pair HuaLian di novel ini.

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara untuk melanjutkan hidupmu kembali, maka hiduplah untukku. Jika kamu tidak tahu arti hidup yang kamu jalani, maka jadikanlah aku sebagai makna itu sendiri, dan gunakan aku sebagai alasanmu untuk tetap hidup.

Ketika kamu berhasil menyelesaikan 244 chapter novel ini, sambutlah 8 chapter ekstra yang akan mengobati luka hatimu yang sebelumnya tercabik-cabik. Kamu akan merasa lebih baik setelah itu.


Ending TGCF sebenarnya masih meninggalkan satu pertanyaan: Apa kata sandi komunikasi verbal milik Hua Cheng? Para reader tidak diberitahu oleh MXTX.

Meskipun begitu, saya tetap berikan 5🌟/5 untuk Heaven Official's Blessing.


Manhua / Art by STARember

Seperti Mo Dao Zu Shi, Tian Guan Ci Fu juga meroket kepopulerannya. Novel ini telah diadaptasi menjadi manhua (komik) yang diilustrasikan oleh STARember dengan art yang super keren, tahun 2020 akan rilis donghua (anime). Untuk Audio Drama dan Drama Live Actionnya belum ada info lebih lanjut.

Karya pertama MXTX yang berjudul Scum Villain's Self-Saving System (SVSSS) juga telah selesai saya baca sejak Desember lalu. Semoga dalam waktu dekat bisa saya tulis juga ulasannya.

Update!

Banyak banget yang tanya di kolom komentar di mana bisa baca terjemahan novel ini. Padahal sudah kumasukan linknya di bagian nama penerjemah di Informasi Buku 😭 yaudah gapapa. Untuk mempermudah kalian, ini dia... kalian bisa baca HOB/TGCF di wattpadnya Jeffery Liu. Silakan klik aja link di bawah ini :)

Update 2!

Fix pakai banget Tian Guan Ci Fu / Heaven Official Blessing akan mendapat adaptasi drama. Akhirnya kabar resminya rilis juga! 


Diproduseri oleh iQIYI, Huace/Croton, dan Syndication Film & TV, serta disutradarai oleh Chen Jialin yang sebelumnya menyutradarai drama The Untamed. Dikabarkan proses syuting akan dilakukan di tahun 2021, tapi masih belum ada kabar siapa aktor yang akan berperan di drama ini.

Update 3! (07/08/2021)

Setelah novel ini resmi mendapat adaptasi drama live action, Novel Heaven Official's Blessing akan resmi terbit cetak dalam bahasa Inggris. Cek infonya dipostingan terbaruku di sini.

Excited kah kamu? 😍

Post a Comment

32 Comments

  1. Setuju banget
    Awal baca sebenernya ga kepikiran bakalan seluar biasa itu plotnya. Sampai selesai baca yg vol 2... Langsung jadiin ini novel favorit. Amazed banget sih sama ini novel, sama karakter2 tokohnya ga nyangka. Sayang bgt blom selesai baca vol 3 TL nya di unpub... Semoga nemu lagi TL indo yg lain.


    Thanks buat review novelnya �� semangat ✊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah mampir dan membaca review novel ini ^^

      Iya, karena akun penerjemah indonya terhapus. Tapi katanya, penerjemah punya akun baru lagi. Dia juga buat grup WA dan telegram khusus project HOB yang mau dibuat PDF dan info2 tentang terjemahan baru novel lainnya. Mungkin kamu bisa bergabung ^^

      Delete
  2. "Disuruh ngulang TGCF vol.4 aku nggak mau."
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣 aku juga naro kalimat ini pas ngerekomendasiin TGCF di wattpad ngakakkk....vol.4 emang paling kampret berderai banget air mata pas ngebacaaa volume paling bikin galau! Sainganna Erha chap. 279 pas Mo-Zongshi meninggal--ngilunya ampe nyesek (┳Д┳)(┳Д┳)(┳Д┳)(┳Д┳)(┳Д┳)

    ReplyDelete
  3. Review nya asik ka, jadi pengen baca lengkap novel terjemahnya, baca dari wattpad blm ada yg full lengkap terjemahnya, boleh info ka, dimana link buat baca lengkap HOB ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Semoga review ini membantu yaa ^^

      Versi lengkap HOB bisa baca terjemahannya Jeff ya. Mampir aja ke blognya: https://akaitotranslation.wordpress.com/hob/

      Delete
  4. Hai kak, kalau boleh aku bole minta filenya via email kah? Aku coba buka link yg kakak tulis ga bisa terus huhu :( terimakasih banyak kak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh. Silakan aja email aku yaaa. Atau kontak medsosku juga boleh. Silakan klik menu 'My Contact' di kolom menu ^^

      Delete
  5. Haii ka aku boleh minta terjemahan nya soal nya Kaka kasi link link nya gabisa dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, linknya sudah aku perbaiki ya ^^ silakan klik link pada nama akun wattpad penerjemah di bagian informasi buku. Kalau masih ada kendala, boleh email aku atau kontak lewat medsosku. Kamu cukup klik menu 'My Contact' untuk lihat alamat emailku ^^

      Delete
  6. haloo ka, salah satu akun wattpadnya cuma 198 chapter buat liat sisanya dimana yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang udah nerjemahin lengkap di akunnya Jeffery ya. Coba dicek lagi di daftar cerita penerjemahnya. HOB dibuat 2 bagian cerita. Soalnya isi cerita di wattpad hanya bisa menampung maksimal 200 chapter, sedangkan HOB sendiri ada 250 chapter ^^

      Delete
  7. Dimana saya bisa membacanya??? Kalau di wattpad, nama akunnya apa?? Kalau ada perkumpulannya namanya apa?? Website untuk membacanya dimana segala sesuatu agar bisa membacanya bagaimana????
    PLEASE, TELL ME!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa baca di akun wattpadnya @_jefferyliu ya. Aku juga baca di sana :) Atau kamu bisa cek di postingan ini, di paling bawah sudah aku tambahkan update tambahan link untuk membaca HOB.

      Terima kasih sudah mampir dan selamat membaca ^^

      Delete
  8. TERIMA KASIH KAK BUAT REVIEW NYA!! aku baru baca nyampe chapter 60an dan emang bagus bgtt😭 ga sabar baca buku yg ke 4 pgn liat seberapa sedihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah mampir ^^ dan semoga review ini membantu biar semangat baca novelnya. Bacanya dinikmati aja ya. Biar nyess juga rasanya pas di vol 4 huhu.

      Delete
  9. Pokok aku gk. Mau yg namanya baca sad storynya dia pas flashback terlalu sakit soalnya, bener gk tau antara mau nangis apa ketawa lihat kelakuan xie lian yg terlalu baik bgt ata naif itu, apalagi pas bagian dia bela"in nolongin rakyatnya tp malah dituduh balik, terus sama bagian yg dia ditusuk byk pedang, gara" iblis satu itu. Tp ini bener" antagonisnya gk ketebak, kayak, haaa Diaaa? Bener" gk nyangka kalau selama ini yg gangguin xie lian itu dia. Untung hua cheng always selalu di sampingnya sampek pertempuran terakhir, dan qirong yg ngeselin abis endingnya bikin nangis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga enggan kalau harus baca story flashbacknya Xie Lian lagi. Nyesek banget pokoknya. Antagonisnya tokoh yg nggak terduga-duga yaa. Aku juga gak nyangka dalang di balik semua kejadian 800 tahun itu adalah orang ITU.

      Hua Cheng emang the best banget pokoknya. Selalu menemani Xie Lian dalam kondisi apapun. Dan omong2 soal Qirong, dia tokoh nyebelin yg membekas di hati :"

      Sekali lagi, terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
    2. Huhuhu.....aku udah kena spoiler siapa dalangnya, tp ttp penasaran...kok bisa dia sih?? ...siapa dia sebenernya? ... untung mxtx pinter ngemasnya, jad tetep bikin penasaran sm rahasia2 yg ada

      Delete
  10. Maaf... aku pengen tau. Apakah TGCF ada adegan eksplisit kaya MDZS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang saja, TGCF sama sekali tidak ada adegan ekplisit seperti MDZS. Paling mentok cuma kissing aja. Yg macam2 gak ada ^^

      Delete
  11. kak aku baru nonton di netflix dan telat banget kayaknya yaa, bru dapet link dari kakak makasih banget huhuhu terharu ku akan baca dengan seksama makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat membaca kalau gitu hehe. Walau novelnya sepanjang 250 an chapter, tapi yah dinikmatin aja alurnya. Seru kok ^^

      Delete
  12. Setelah berdarah2 baca 2ha, mulai melirik novel ini berharap romantisme xie lian dan hua ceng bisa mengobati sakit hatiku gara2 pasangan novel sebelah...����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu iyaaa... walopun HOB juga ada part yang sedih dan tragis, tapi romance HuaLian bisa ngobatin yang perih2 habis baca 2ha :')

      Happy reading yaa.

      Delete
  13. PLEASE-PLEASE INI MANHUA FISIKNYA YG BARU RILIS AKHIR 2021 UDH SELESAI LUM SIHHH CERITA DALAM BUKUNYA.... AMA HARGANYA BERAPA??? W STRESIN INI SUMPAHLAHH. (Terimakasih banyak jika anda balas :) )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku kurang tau soal manhua nya bakal cetak juga. Taunya yg bukunya rilis itu versi novelnya dulu yg katanya baru siap distribusi di tgl 14 Desember lalu.

      Komen saja, pasti dibalas kok. Terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  14. Kak mau nanya, 2ha sama TGCF masih lebih angsty 2ha ya?

    Aku uda baca 2ha beberapa bulan yg lalu, dan sekarang baca TGCF baru smpe buku ke 2 :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, lebih angsty 2ha, TGCF kalah pokoknya. Soalnya aku waktu baca TGCF cuma ngerasa sedih-sedih aja. Beda sama 2ha yang beneran bikin nangis huhu :"

      Delete
  15. Pengen baca tapi nggak tau baca di mana akun jeff juga udh nggak ad di watpadd, mulai lirik gara2 super kaget liat adegan tgcf yg pas hujan scen berpayung 😢 lanjut nunggu s2 ver donghua..
    Thank review nx bagus bangett, kalo boleh minta novelnx bisa nggak via email yg terjemahan full nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haalooo... makasih banget udah mampir baca reviewnya. Maaf baru balas. Boleh banget kalo mau info2 terkait novel terjemahan ini. Tanya2 aja lewat email atau bisa DM langsung sosmed instagramku kalau mau fast respon ^^

      Delete
  16. Aq mau nanya jd jumlah novel nya ada 5 novel ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau versi web novelnya memang ada 5 volume. Tapi versi cetaknya kalau ga salah ada 8 volume :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)