[Review] Drama China: Love and Redemption / Liu Li (琉璃)

Informasi

Judul: Love and Redemption 
Penulis Naskah: Shi Si Lang, Liu Fang, Li Hui Min, Cheng Yu, Wang Wei
Sutradara: Yin Tao
Produser: Zhong Jun Yan, Jiang Xin Guang, Deng Xi Bin, Weng Zhi Chao
Pemeran: Cheng Yi & Crystal Yuan
Negara: China
Bahasa: Mandarin
Jumlah Episode: 59 Episode
Durasi: 45 menit per-episode
Genre: Xianxia, Romance, Fantasy
Tanggal Tayang: 6 Agustus - 10 September 2020

Sinopsis Singkat

1000 tahun yang lalu, terjadi pertempuran besar antara Klan Langit dan Klan Iblis.

Peperangan itu dimenangkan oleh Dewa Perang setelah pemimpin Klan Iblis (Mo Sha Xing) tiba-tiba menghilang. Tak lama setelah itu, atas sebuah kesalahan yang dilakukan Dewa Perang, dia diturunkan dari langit sebagai penebusan kesalahannya.

Dewa Perang bereinkarnasi menjadi seorang gadis bernama Chu Xuan Ji. Dia dilahirkan tanpa memiliki 6 indra perasa. Tidak bisa merasakan sakit, tidak bisa menangis, tidak bisa melihat warna, tidak bisa mengecap rasa, tidak bisa membaui sesuatu, dan tidak bisa memahami perasaan manusia pada umumnya.

Suatu hari, di pertandingan Bela Diri rutin yang diadakan sekte Shaoyang, Xuan Ji bertemu dengan seorang pemuda berbakat bernama Yu Sifeng dari Istana Lize. Murid-murid Istana Lize terkenal karena semua muridnya laki-laki, wajib memakai topeng, dan memiliki peraturan ketat di mana tidak boleh ada murid yang jatuh cinta.

Yu Sifeng, seorang Kepala Murid Istana Lize jatuh cinta pada Xuan Ji. Perasaan cintanya kepada seorang gadis membuat dirinya dijatuhi hukuman hingga harus menanggung Kutukan Cinta yang mematikan.

Sambil mengemban kutukan itu, Sifeng tetap mencintai Xuan Ji sepenuh hati. Hingga lambat laun terungkap berbagai kenyataan antara Sifeng dan Xuan Ji di masa lalu.

Review


Akhirnya, aku menemukan lagi drama yang bagus banget! Sangking bagusnya, 59 Episode kubabat habis dalam seminggu. Love and Redemption berhasil jadi drama terbaik versiku yang kutonton di tahun 2020.

Nggak pakai banyak basa-basi, cuss langsung aku review aja yaa.

First Impression


Episode awal Love and Redemption menarik banget. Semenjak nonton episode satu, aku sudah merasa bakal suka dan cocok dengan drama ini.

Sebenarnya pembukaannya cukup klise. Di mana adegan cewek polos nan nggak tau malu, bertemu dengan cowok yang kaku banget. Tapi seperti yang kutulis di sinopsis, lambat laun Sifeng jatuh cinta pada Xuan Ji.

Nah, ini dia poin menariknya.

Istana Lize memiliki aturan super ketat melarang muridnya jatuh cinta dengan perempuan mana pun. Bahkan menunjukkan wajah kepada orang asing dianggap haram. Apalagi Yu Sifeng adalah Kepala Murid yang menjadi panutan bagi murid lainnya. Hmm... sudah terasa kan bagaimana awal mula sulitnya kisah cinta ini?

Sudah sulit, ditambah lagi dengan hukuman Kutukan Cinta yang harus Sifeng tanggung. Mantap nggak tuh? Pada awalnya Sifeng berusaha untuk melupakan dan mengabaikan Xuan Ji, tapi apalah daya kalau hati tak bisa move on? 💔

Perasaan Sifeng juga terus menggantung karena kecacatan enam indra yang dialami Xuan Ji membuat dia tidak peka dalam memahami perasaan manusia. Termasuk cinta.

Plot


Aduh, kalo inget bawaannya jadi mau nangis lagi. Tapi plotnya beneran keren banget.

Xuan Ji yang memilki cacat indra perasa bisa disembuhkan. Dia bisa mendapatkan kembali indranya jika dia mengumpulkan pecahan kaca baihuang. Selain mengembalikan indranya, cermin itu juga dapat membuka ingatan kehidupan masa lalu yang pernah Xuan Ji alami.

Setelah mengetahui hal ini, Sifeng berusaha membantu Xuan Ji untuk mengumpulkan pecahan kaca itu demi mengembalikan semua indra Xuan Ji. Sifeng juga berharap Xuan Ji bisa membalas perasaannya setelah semua indranya pulih untuk mematahkan Kutukan Cinta yang membelenggunya.

Oke, mungkin ini agak spoiler tentang kutukan yang Sifeng tanggung. Tapi kutukan cinta ini mematikan. Ketika Sifeng jatuh cinta, kutukannya aktif dengan tanda munculnya tiga tato bulu burung phoenix di lengan. Lalu, setiap kali Sifeng tersakiti oleh cinta, satu bulu phoenix akan berpindah ke dadanya dan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Jadi, kalau Sifeng tersakiti oleh cinta sebanyak tiga kali, dia akan mati.


Plot Love and Redemption lumayan rumit dan menggemaskan. Harus banyak sabar nonton drama ini karena tokoh antagonisnya yang bikin sebal. Belum lagi segala kesalahpahaman yang dialami Sifeng dan Xuan Ji bikin penonton frustrasi dan gigit jari.

Perasaan cinta dan pengorbanan habis-habisan yang Sifeng alami PASTI bikin kaum hawa menangis. Cocok nih buat yang cari tontonan kisah cinta penuh pengorbanan. Sifeng bakal masuk list cowok idaman penonton.

Cr. Tumblr

Memasuki episode 20 ke atas, atmosfer drama semakin tinggi dan menegangkan. Hasrat untuk terus next episode semakin menggebu-gebu. Emosi, bahkan air mata penonton dikuras habis-habisan. Nggak lupa hal yang paling kusuka adalah PLOT TWISTnya yang OMG.

Biasanya kalau nonton drama aku cuma kesal dan baper aja. Tapi Love and Redemption berhasil bikin aku nangis berkali-kali. Bahkan sampai episode terakhir. Beneran ngaduk perasaan dan nge-feels banget ke hati 😭

Belum lagi bumbu friendship di Love and Redemption juga bagus banget. Ada rasa kekeluargaan dalam hubungan persahabatan tokoh-tokohnya. Yang paling kusuka itu friendshipnya Sifeng dan Liu dage (Liu Yihuan). Selain suka sama Sifeng, tokoh lainnya yang aku suka adalah Liu Yihuan. Dia berperan seperti kakak yang mulutnya pedas, nyindirnya ngejleb nggak pakai rem, tapi sebenarnya dia penyayang.

Aktor (Pemain)


Wah, semua aktornya layak diacungi jempol semua. Para aktor cowoknya juga cakep-cakep banget. Memuaskan mata kaum hawa. Akting mereka natural dan nggak kaku. Bahkan setiap adegan Sifeng menangis bikin aku ikut nangis. Cheng Yi benar-benar mendalami karakter yang dia perankan.

Sangking kerennya Cheng Yi memerankan Sifeng dan menarik banyak atensi penonton, doi sekarang kebanjiran job main drama lho. Wah, selamat ya Cheng Yi. Semoga sukses dan sehat selalu.

Dalam sebuah wawancara, Cheng Yi sendiri pernah bilang bahwa dia tidak pernah beranggapan berakting menjadi Sifeng. Dia selalu memosisikan dirinya sebagai Sifeng. Hasilnya? LUAR BIASA.

Hal ini juga berlaku untuk Crystal Yuan. Saat memerankan Xuan Ji yang polos, raut wajahnya beneran polos banget. Tapi pada saat Xuan Ji memperoleh ingatannya akan masa lalu, perubahan ekspresinya juga bagus banget.

Aku juga suka sama 2 aktor yang bermain jadi antagonis di sini. Keren banget! Sangking menjiwai karakter jahatnya, beneran sampe sebel liat mukanya. Tapi puas sama ekspresinya yang bener-bener jadi orang jahat.

Lagu/Soundtrack


Aku suka banget sama lagu-lagu Love and Redemption. Semua lagunya nge-feels. Belum lagi kalau baca liriknya, artinya selalu sesuai dengan kisah yang dialami para tokoh-tokoh di dalamnya.

Penempatan musik di berbagai adegan berhasil menambah emosi penonton. Misal, aku selalu nangis kalau lagunya Zhou Shen yang berjudul Love Like Colored Glass berkumandang di adegan sedih. Aku mikir, "Gila apa ya? Adegan udah sedih ditambah musik yang begini, gimana nggak tambah banjir air mata coba?!"

Aku suka semua lagunya. Lagu openingnya juga asik dan bikin semangat. Pertama dengar masih nggak nyimak artinya, tapi setelah didengar lagi, entah kenapa membawa sensasi yang dalam banget atas segala kejadian dari dramanya /ahlebaylu.

*

Ngomong-ngomong soal kekurangan, aku pribadi merasa nggak ada kekurangan dalam drama ini. Sekali pun ada, mungkin terlalu halus sampai aku nggak sadar.

Awalnya aku berhasil nemu plot hole yang sebenarnya halus juga. Tapi BOOM, terjawab menjelang episode terakhir. Dan plot hole itu berubah jadi plot twist yang sangat mencengangkan! Masih inget banget adegan itu bikin aku nyaris menjerit nggak percaya.

Duh, rasanya nggak rela drama ini cepet aku tuntaskan.

Berkat Love and Redemption, aku jadi suka sama Cheng Yi 😍. Setelah drama Love and Redemption tamat, drama Cheng Yi lainnya yang berjudul The Promise of Chang'An langsung tayang. Aku sendiri sudah nonton 8 Episode. Kalau sempat aku akan tulis First Impressionku terhadap drama itu.

Rateku untuk drama keren ini.

Story 10🌟
Acting/Cast 10🌟
Music 10🌟
Rewatch Value 10🌟
Overall 10🌟

Perfecto untuk Love and Redemption.

Aku biasanya selalu streaming tiap nonton drama. Tapi untuk Love and Redemption aku rela download all episode dramanya biar bisa ditonton berulang-ulang.

Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment

2 Comments

  1. Halo kak Mitha, salam kenal yaa.
    Senang banget baca review2 c-series dan c-novel di blog kak Mitha. Karena review kak Mitha aku jadi punya referensi untuk nonton c-series dan baca c-novel. Hehe

    Kalau boleh tau kak, plot hole di Love and Redemptation itu di bagian apa yak? Kok aku kayak ga nemu gitu ya hihi
    Terima Kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :)

      Kalo menurutku pribadi, sempat merasa ada plot hole waktu Xuan Ji mendapatkan seluruh ingatannya. Di mana sejak dulu, sewaktu dia masih jadi Dewa Perang, Sifeng selalu menemani dia. Di titik ini aku bertanya-tanya, siapa sosok Sifeng sebenarnya? Apalagi dulunya dia jg seorang iblis. Kok bisa ada di Langit untuk menolong Xuan Ji? Kemunculan Sifeng di ingatan Xuan Ji juga ga lengkap. Karena itu aku memutuskan scene ini ada bagian yg ga lengkap.

      Eh, ternyata jawabannya ada di akhir episode 57 dong 😂 (kalo ga salah). Di mana identitas asli Sifeng 1000 thn yg lalu terungkap. Walaupun dia berasal dari Klan Iblis, tapi dia adalah anak dari kaisar Langit bernama Xi Xuan. Pantas aja bisa nolong Xuan Ji 😂 agak kaget gitu.

      Keliatan halus banget... tapi puas sama kenyataan ini hehe 😂

      Terima kasih juga ya sudah mampir, baca review2ku, dan meninggalkan komentar 😊

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)