#Ngobrol Yuk!: Suka Spoiler atau Anti Spoiler? ( Giveaway )


Hallo. Tiba-tiba aja aku pengin nambah kategori #Ngobrol Yuk di blog ini untuk saling bertukar cerita, pikiran, dan pendapat dengan teman-teman. Berhubung ini postingan pertama, jadi aku mau sekalian ngadain Giveaway.

Kali ini pengin bahas spoiler.

Kamu tipe pembaca yang suka spoiler atau anti spoiler?

Kalau aku: Anti Spoiler

Aku tuh... nggak suka banget dispoilerin.

Alasan kenapa membahas spoiler untuk postingan pertama #Ngobrol Yuk dikarenakan bulan lalu ada  seseorang yang 'tidak sengaja' nulis spoiler di kolom komentar salah satu postingan di blog ini. Padahal yang dia spoilerin itu novel yang sedang aku baca. Belum selesai pula.

Orang ini baca postingan review buku berjudul A, tapi di kolom komentar doi juga bawa-bawa novel berjudul B. Kok bisa kebetulan banget saya juga lagi baca novel berjudul B ini? Nah, doi nulis begini di kolom komentar.

Selain nyebut plot twistnya, doi juga baik banget sampai nulis chapternya sekalian 😭 Padahal waktu itu aku masih di chapter 228.

Pas kena spoiler yang menohok gitu bawaannya jadi marah, sedih, dan anehnya malah nangis. Waktu itu rasanya pengen lupa ingatan aja /lebay.

Mau nggak mau novel yang kubaca itu harus aku drop selama sebulan penuh. Setelah otakku samar-samar berhasil sedikit melupakan spoiler mengerikan itu, akhirnya aku bisa lanjut baca sampai tamat. Yeay!

Sebenarnya Suka Spoiler atau Anti Spoiler itu bergantung tiap orang.

Namun, bagi sebagian orang yang anti spoiler, dapat spoiler itu sudah membunuh kesenangan membaca. Aku bahkan nggak bisa menyelesaikan bacaanku kalau dapat spoiler. Kadang-kadang, enggan baca lagi. Apalagi kalau udah tau gimana endingnya.

Karena itu pula, tiap mereview buku aku nggak pernah nulis spoiler. Apalagi yang plot twistnya super nendang kayak novel Holy Mother nya Akiyoshi-sensei. Kalau mau nulis uneg-uneg pun harus liat tempat. Semisal lagi baca web novel china, tempat uneg-uneg spoiler paling tepat cuma di ig.

Aku 100% yakin friend list di ig nggak ada yang baca web-novel China.

Tapi di sisi lain, ada juga orang suka banget spoiler.

Dulu aku punya teman yang suka spoiler. Bahkan untuk bujukin dia baca aku harus mengerahkan segenap kekuatan dan keringat untuk spoilerin dia habis-habisan. Dia juga tipe pembaca nanya 'Endingnya gimana?'. Setelah tau alurnya sampai gimana endingnya, barulah temanku mau baca bukunya.

Sungguh berbanding terbalik denganku.

Jadi, begitulah... Lho, kenapa postingan ini malah jadi wadah curhat? 😂

Nah, setelah mengoceh panjang lebar dan pasti bikin kamu bosan, inilah yang ditunggu-tunggu!

*

GIVEAWAY


Catatan: Full Premium Gramedia Digital ini menggunakan akunku. Jadi, nantinya aku bakal sharing akun dengan 4 orang yang terpilih.

Cara ikutan Giveaway ini gampang!
  1. Follow blog ini
  2. Follow instagram @mithazasung (ini optional, terserah kamu. Yg mau follback, DM aja, gaes. Jangan takut, karena aku tidak makan orang)
  3. Share postingan atau info GA ini. Boleh ke facebook/story instagram. Jangan lupa Tag aku dan tiga temanmu.
  4. Tulis di kolom komentar postingan ini:
    • Nama FB/Akun ig:
    • Jawab Pertanyaan: Kamu Pembaca yang Suka Spoiler atau Anti Spoiler? Pengalaman menarik (baca: nyebelin) apa yang pernah kamu alami tentang spoiler? 😁
    • Silakan pilih, mau novel Confessions atau Full Premium Gramedia Digital. Untuk Novel, alamatnya harus di Indonesia dan ongkir yang kutanggung maks. Rp 50.000
Udah itu aja. Mudah, kan?


  • Giveaway ini berlangsung mulai dari tanggal 4 sampai 9 September 2020.
  • Pemenang diundi secara acak.
  • Akan dipilih 5 pemenang:
    • 1 orang mendapatkan buku Confenssions karya Minato Kanae (baru & segel), dan
    • 4 orang mendapat akses Full Premium Gramedia Digital selama sebulan.
  • Pengumumannya akan kuusahakan secepat mungkin.
  • Giveaway ini tidak berafiliasi dengan pihak manapun.

Good Luck
! Dan makasih sudah mampir, baca, dan ikutan ^^

Post a Comment

26 Comments

  1. haii it's mee NatsukiNa.
    aku satu tim sama kamu, anti spoiler. pas lagi rame2nya Endgame kan yah,, ada tuh yg bilang Capt. America mati. nyebelin bgt, langsung down semangat mau nonton, husbando masa mati 😭 pas nonton betulan yaahh kurang ngegigit rasanya walopun emang bukan Steve yg mati.. gimana ya pokoknya nyebelin deh kena spoiler mah. I know what you feel..
    .
    .
    aku lebih suka sharing account ya hehee..

    *nice blog anyway 👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whaa... I know that feel soal film End Game. Nah, adikku nonton di bioskop sama kakak sepupu. Aku ga bisa ikut karena kerja. Eh, adik bungsuku malah seenak jidat ngespoiler T_T alhasil, udahlah... kehilangan mood nonton dan minta diceritain aja :')

      Terima kasih sudah ikutan GA ini, Nat ^^

      Delete
  2. Hi, mitha! Maaf, aku ada kesalahan dan kasih komen di IG. Sebelumnya, thanks udah bikin GA yang menarik. Jujur aja aku hypenya gak ketulungan hahaha. Btw, aku adalah tim penyuka spoiler. Bisa dibilang pake banget. Entah ini aneh atau enggak. Tapi, ada sensasi luar biasa sekaligus semangat menyelesaikan bacaan saat tahu spoiler lebih dulu. Bahkan, jika novelnya udah difilmkan, aku bakal milih nonton visualnya dulu baru ke novel. Tapi, mungkin untuk tertentu aja. Karena ada beberapa genre atau mood yang pengennya buat aku tercengang pas baca. Kalau ditanya tasanya gimana, sama-sama bikin terkejut meski udah dapet spoiler. Idk, why hahahay.

    Kalau perihal cerita menarik, dulu ada temen yg sengaja kasih spoiler palsu sebuah manga yang lagi aku ikutin. Setelah tahu itu, aku mendadak gak bisa tidur dan bawaannya berat buat cek kebenarannnya karena terlalu larut dalam kolam spoiler. Apalagi dikabarkan chara favorit aku mati di dalam plot tersebut. Dan, ternyata itu cuman keisengan dari temen supaya aku nangis-nangis gitu hahaha.

    Oh, iya. Aku memilih full premium gramedia digital jika menang GA ini. Good luck, Mitha.

    Ria isn't jellyfish [facebook]
    Ria.babyjellyfish [instagram]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Typo: "rasanya" /mohon maaf/

      Delete
    2. Nah, ini mirip sama temanku. Dia kalau nggak diceritain gimana ceritanya buku/film, dia malah malas nonton. Giliran diceritain dan dia tertarik, barulah dia mau nonton.

      Btw, temannya nyebelin banget. Niat banget nipu. Pas tau kenyataannya pasti bawaannya sebel sambil ketawa-tawa karena selama ini ditipu haha XD.

      Terima kasih sudah mampir dan ikutan GA ini, Kak ^^

      Delete
  3. Nama FB : Yulia Pratiwi
    Username IG : @yuliaprtw__

    Hi kakkk,, aku juga tim Anti Spoiler garis keras!!!

    Sensasinya beda banget kalau udah kena spoilerr,,, kayak tiba tiba hambar aja gituu padahal harusnya emosional. Aku juga kadang langsung berhenti sementara kalau abis kena spoiler.


    Pengalaman kena spoiler yg ajib banget:

    Yaitu kena spoiler dari tanganku sendiri yang kegatelan buka buka lembar terakhir buku 'It Ends With Us' nya Colleen Hoover.

    Padahal 'It Ends With Us' ini punya plot twist yang sungguh bikin emosi jiwa harusnya. Pas banget yang aku buka itu halaman yang menampilkan dengan jelas plot twist paling jleb di novel ini.

    Aku sampai berhenti baca seminggu atau dua minggu. Padahal udah lama banget mau baca novel itu, dan aku masih di halaman-halaman awal padahal.

    Setelah lanjut baca, beda banget, aku tidak antusias lagi, aku tidak lagi menikmati perjalanan tokoh-tokohnyaa. Kayak, kepaksa aja lanjut bacanya.

    Gila sih,, ini nyeselnya sampe ke ubun-ubun, sampai trauma sendiri kalau baca buku tangannya keseleo dikit buka lembar yang belum dibaca 😂.


    Itulah pengalaman terbegoku 😂.


    Oh ya, aku mau buku Confessions nya Minato Kanae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kespoiler karena nggak sengaja... sumpah, ini mengecewakan dan lucu juga hahaha X'D

      Pastinya kalau tim anti spoiler garis keras macam kita kena spoiler, yang dibaca malah hambar banget. Nggak semangat dan nggak menggebu-gebu lagi bacanya. Yang ada malah mau beralih ke buku lain aja.

      Terima kasih sudah mampir dan ikutan GA ini ^^

      Delete
  4. Hai Mitha... Aku udah pernah mampir ke blog kamu sebelumnya lho tapi baru kali ini komen 🤭

    Semoga tambah banyak yang follow blog Miss Mitha 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir Ms. Tetty. Semoga sering-sering mampir ya. Walaupun isi blog saya kebanyakan review novel hehe.

      Aamiiin. Yang diharapkan, blog ini bisa bermanfaat buat para pembaca ^^

      Delete
  5. Hai, aku Niko Eru

    Aku tim yang anti spoiler. Karena bagiku kena spoiler sangat mengurangi rasa penasaran saat membaca/menonton. Jadi gak bisa menikmati sepenuhnya.
    Paling sering sih kena spoiler manga SnK karena teman2 di tl fb banyak yang antusias sama update an manga satu ini.
    Jadi harus hati2 sendiri.
    Lalu aku sering juga ke-spoiler sama diri sendiri. Misalnya masuk sebuah fandom, lalu karena penasaran jadi baca2 wiki fandomnya. Setelah itu nyesel sendiri karena ke-spoiler.

    Oh ya, jika berkesempatan menang GA aku memilih novel Confession karya Minato Kanae.

    Terima Kasih... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Kita setim!

      Oh iyaa... dulu aku juga ngikutin SnK, cuma sering banget terspoiler sama teman2 di tl fb. Alhasil aku jadi malas baca manga atau nonton animenya. Jadi sekarang ngikutin perkembangan ceritanya lewat spoiler dan kegalauan temen2 di tl fb aja XD

      Aku juga pernah gitu. Sangking tertariknya sama suatu fandom, niatnya cuma cari-cari info aja. Eh, malah terspoiler. Hadeh....

      Terima kasih Niko udah mampir dan ikutan GA ini ^^

      Delete
  6. IG : belindarimbi13

    Sebelumnya, makasih atas kesempatannya! Super excited to participate in this giveaway. Terutama karena akar dari bagi-bagi ini adalah spoiler.
    Aku sendiri tipe dua-duanya. Lho kok bisa? Bisa dong. Ada beberapa buku yang sangat amat aku hindari spoilerannya, terutama untuk serial yang sudah kuiikuti dari lama macam serialnya om Rick Riordan. Karena begitu kena spoiler, akupun sama sepertimu, Mit, jadi drop baca bukunya :') langsung enggak nafsu lagi huhuhu
    Tapi, untuk beberapa buku, aku malah excited karena ada spoiler. Salah satunya? Buku yang mau kamu giveaway-in ini ��
    Seperti yang sudah diduga, aku udah terlanjur nonton filmnya sebelum baca bukunya. Tentu aja, secara garis besar aku udah tahu gimana alur bukunya nanti bakal seperti apa. Tapi justru itu yang bikin aku excited! Aku penasaran sama gimana adegan-adegan di film itu ditulis, gimana plot yang luar biasa di layar bisa tertuang dalam tulisan.
    Jadi kayaknya aku memang tipe di tengah-tengah dan tidak bisa memilih mau masuk Tim Spoiler Oke atau Spoiler No ��

    Sekali lagi, makasih buat giveaway-nya, sekarang tinggal harap-harap cemas biar bisa dapet novel Confessions dari Minato Kamar ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, kenapa typoku banyak sekali 😭😭😭
      Mohon dimaklumi ya Mit, pas ngetik nggak pake kacamata dan baru sadar pas udah keposting huhuhu

      Delete
    2. Makasih juga kak Bel sudah mampir dan ikutan GA ini ^^

      Wah, malah udah nonton filmnya ya. Aku malah sama sekali belum pernah nonton filmnya. Waktu menamatkan buku ini, padahal aku langsung download filmnya. Eh, sampai sekarang malah sama sekali nggak tersentuh dan berdebu di folder film hehehe.

      Good luck, Kak untuk mendapatkan Confessions ini ^^

      Delete
  7. Nama FB : Fadila Han Setsuji-San

    Nama IG : dilafadilaseohan

    Salam kenal,kak :)

    Saya pembaca yang anti spoiler

    Pengalaman yang pernah saya alami berkaitan dengan spoiler pada saat saya membeli novel yang baru bisa saya dapatkan setelah menabung cukup lama. Mendadak dapat kabar kalau sepupu masuk RS dan kebetulan keluarga sedang sibuk sehingga saya yang punya waktu luang pun akhirnya membantu untuk menjaga sepupu saya dan membawa serta buku yang masih dalam segelnya itu ke RS. Ternyata sepupu saya yang lain juga hadir menjenguk dan tidak sengaja melihat buku yang masih bersegel itu, lalu jadi kepengen membaca setelah melihat sinopsis novelnya. Mengingat sepupu yang sakit dan konsentrasi saya belum cukup bagus untuk membaca saat itu, akhirnya saya relakan sepupu saya yang satunya itu untuk membaca duluan. Tapi agak sial, karena seminggu setelah membaca dan kami bertemu lagi di rumah, dia yang memang senang berceritera begitu bersemangat menceritakan keseluruhan isi bukunya bahkan sampai bagian akhirnya. Kejutan yang mestinya saya dapatkan dari buku tersebut malah sudah diceritakan, dan detail pula. Jadinya mau getok kepalanya tapi ndak enak sama malaikat di kiri dan kanan yang siap mencatat amalan.

    Saya berharap bisa mendapatkan satu eksampler novel Confession karya Minato Kanae Sensei :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... apes banget itu pasti ya 😂 malah beli bukunya butuh perjuangan. Eh, kena spoiler seenaknya.

      Sepupu beneran bikin gemaaasss... tanpa nanya2 dulu kmu udah selesai baca atau belum malah langsung dibombardir spoiler habis2an 😂

      Terima kasih sudah ikutan GA ini, and good luck ❤

      Delete
  8. IG: @mshy.nasia

    Halo kak, salam kenal 🖐️. Kalau aku tipe pembaca yang ga suka spoiler kak. Ga suka aja gitu. Apalagi kalau aku lagi baca suatu buku terus tiba-tiba ada yang spoiler atau kasih tau endingnya. Rasanya langsung males buat baca lagi 🙂.

    Pernah kak aku lagi baca suatu buku. Terus tiba-tiba ada yang spoiler. Dia bilang "eh, kamu tau ga dia tuh aslinya jahat tahu." Atau "nanti si A mati lho.". Kalau ada yang kayak gitu kan sebel banget. Ya walaupun spoiler nya ga menyeluruh, tapi tetap bisa mengurangi kenikmatan dalam membaca.

    Kalau beruntung aku mau novel Confession kak, soalnya itu salah satu wishlist aku 😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sama kenal juga ^^

      Wah, itu sih nyebelin banget yaa. Apalagi dispoilerinnya death chara gitu 🥺 ini yang suka spoiler buku mulutnya minta dilem. Atau paling engga nanya dulu gitu mau spoiler atau engga 😭

      Terima kasih sudah ikutan GA ini. Good luck ya ❤

      Delete
  9. Ig: ar_rohmah03

    Aku tim nggak mau dispoiler kak, nggak enak banget tau kalau kena spoiler. Baca jadi nggak seru lagi, ada hal mengejutkan tapi udah nggak terkejut. Kalau ada yg komen spoiler seperti itu, jahat banget sih, mau nangis pasti. Harusnya nggak komen kayak gitu. Kalau ada yg tiba-tiba ngomong endingnya cerita, sumpah aku kesel banget.

    Aku mau Confessions kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah yang kualami. Kena spoilernya separah itu. Sampai bikin nangis pokoknya 🥺 sensasi bacanya udah beda. Nggak bisa menikmati pokoknya 😭

      Terima kasih sudah ikutan GA ini. Good luck ya ❤

      Delete
  10. IG : @yuni_warjui

    Aku nggak suka dikasih spoiler, tetapi terkadang aku membutuhkannya. Spoiler juga bisa bikin semangat kalau aku sedang membutuhkan rekomendasi bacaan yang 'aku banget'.

    Nah, kapankah spoiler nggak aku sukai? Pas lagi seru²nya baca eh dikasih tau dan detail. Ini yang aku nggak suka.

    Jadi, menurut aku spoiler tidak selalu buruk. Bahkan kadang aku meminta sendiri ke orang yang sudah membaca bukunya terlebih dulu.

    Aku mau akses Gramedia digital sebulan penuh kak, Gratis! ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sebenarnya iya juga. Biasanya kalo butuh rekomendasi cerita, mau ga mau secara ga sadar kita minta spoiler ya 😅 tapi mentok2 pasti pertanyaan kita cuma, "Ceritanya tentang apa? Kenapa kok novel ini dibilang seru?"

      Terima kasih sudah ikutan GA ini. Good luck ❤

      Delete
  11. IG: @nidacsal_books

    Sama kak, aku juga tim anti spoiler garis keras. Kalau dapat spoiler, bakal hilang moodnya. Apalagi kalau itu novel misteri yang plot twistnya keren. Mungkin aku bakal nunggu beberapa tahun supaya lupa ingatan���� Soalnya buatku pribadi, plot twist yang cetar adalah salah satu unsur paling menarik dari novel. Tapi aku cukup jarang dapat spoiler sih. Karena biasanya aku selalu menghindari review baik di instagram maupun di goodreads kalau itu buku fenomenal kayak Holy Mother atau The Murder of Roger Ackroyd. Gimana kalau ada yang sengaja atau nggak sengaja naruh spoiler tanpa peringatan? Berabe jadinya nanti��

    Pernah aku merekomendasikan novel Confession nya Minato Kanae ke abangku, eh dia malah minta spoiler endingnya. Katanya biar dia lebih fokus sama detail lain. Aku malah yang mati-matian nggak mau ngasih tau���� Akhirnya aku nyerah dan ngasih spoiler supaya dia mau baca. Selera baca dan persepsi orang memang beda-beda, jadi aku paham kalau ada yang suka dikasih spoiler atau pun enggak. Yang jelas kita harus respek dengan pilihan orang lain, meski itu berlawanan dengan selera kita pribadi:)

    Kalau menang, aku mau Full Premium Gramedia Digital kak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya banget! Salah satu hal menarik dari buku misteri itu plot twistnya. Kalau sampai kespoiler, habis sudah selera kita untuk baca. Mau baca harus lupa ingatan dulu kalo nggak mau ingat apa2 😂

      Kakakmu sama kayak temenku. Harus dispoiler dulu baru mau baca 😂

      Terima kasih sudah ikutan GA ini. Good luck ❤

      Delete
  12. FB : Furaa

    Yaampun, nyaris kelupaan dong Ma����
    Masih sempet kan ya?

    Kalau aku sih tipe (cenderung) anti spoiler.
    Kenapa dibilang cenderung? Karena ada beberapa kasus dimana aku harus lihat spoiler biar bisa melanjutkan buku/film sampai habis.

    Contohnya, akhir-akhir ini baru selesai baca Her Sunny Side dari penerbit haru. Kalau aku gak melihat ending cerita, kayaknya gak bakal tamat tuh novel. Soalnya awal bahkan sampai pertengahan aku gak merasa ada hal yang 'wow' dari novel tersebut. Tapi waktu liat ending, otak jadi mikir dan menebak bagaimana ceritanya bisa sampai ke ending tersebut.


    Ngomong soal spoiler. Ada beberapa pengalaman gak enak namun berakhir bahagia (?)
    Contohnya kayak anime Ansatsu Kyoushitsu. Anime nomor 1 di hati.
    Aku kena spoiler berat soal endingnya gara-gara masuk grup yang... Gitu deh ��
    Tapi anehnya, walau aku bilang 'bukannya ending tersebut wajar ya? Kan memang itu tujuannya?'
    Pas nonton tetap aja baper dan nangis.
    Dari situ aku punya pemikiran kalau suatu film (novel pun sama) yang bagus, walau sudah diketahui endingnya tetap bisa membuat penikmat tercengang.

    Kalau kepilih aku mau novel Confession ��

    Sukses terus untuk blognya. Terima kasih mau ngadain GA ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang2 kalau ada cerita yang mungkin plotnya datar sampai pertengahan, pasti begitu. Maunya buka halaman belakang. Liat endingnya dulu 😂 demi memacu adrenalin membaca ya?

      Oh iyaa... aku juga nonton Ansatsu Kyoushitsu. Aku juga kena spoiler endingnya dari warga tl facebook. Meskipun gitu, waktu nonton tetep aja nangis. Karena Ansatsu juga wah banget ceritanya. Membekas di hati 😭 belum lagi di sepanjang cerita selalu dibuat ngakak. Trus tiba2 endingnya begitu kan jadi sedih max 😭😭😭

      Makasih juga Furaa udah ikutan GA ini. Good luck yaa ❤

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)