[Book Review] Confessions by Minato Kanae

Informasi Buku

Judul: Confessions
Penulis: Minato Kanae
No. ISBN: 978-602-53858-8-9
Penerjemah: Clara Canceriana, Andry Setiawan
Penyunting: Prisca Primasari
Penyelaras Aksara: Titish A.K.
Desainer Sampul: Pola
Penata Sampul: @teguhra
Penerbit: Haru
Tanggal Terbit: Cetakan Pertama, Agustus 2019
Kategori: Thriller

Blurb

Moriguchi Yuko adalah seorang guru SMP. Saat anaknya yang berusia 4 tahun ditemukan meninggal, semua orang mengira itu cuma kecelakaan.

Akan tetapi, Moriguchi yakin anaknya dibunuh oleh dua dari anak didiknya. Karena itu, dia tidak akan membiarkan kedua anak itu bebas. Dia ingin membalas dendam, dan balas dendam yang dia lakukan itu hanyalah awal dari sebuah mimpi buruk.

Review

Bertanya-tanya mengapa novel Confessions rame sekali waktu itu. Apalagi novel ini juga telah difilmkan dan memenangkan berbagai penghargaan. Banyak yang bilang buku ini ceritanya gelap. Karena penasaran, saya pun memutuskan untuk membelinya. Setelah membaca hingga halaman terakhir, saya merasakan kengerian yang luar biasa.

thisisbarry.com

Confessions bercerita tentang Moriguchi Yuko—seorang guru SMP—yang harus kehilangan anak perempuannya yang berusia 4 tahun. Semua orang mengira itu hanya kecelakaan, tapi Moriguchi tahu bahwa anaknya dibunuh oleh dua dari anak didiknya.

Sebagai orang tua, Moriguchi ingin 'memberikan pelajaran' kepada dua anak didiknya yang telah membunuh anak semata wayangnya. Tapi sebagai guru, dia juga harus melindungi anak didiknya. Jadi, Moriguchi tidak memutarbalikan fakta sebenarnya kepada polisi. Karena Hukum juga melindungi anak-anak di bawah umur.

Daripada membiarkan polisi menghukum mereka berdua, Moriguchi lebih memilih untuk menghukum anak didiknya dengan caranya sendiri.

Justru menghukum dengan cara sendiri itulah yang membuat saya merasakan aura-aura mengerikan. Apa lagi di bab pertama Moriguchi langsung mengetahui siapa pelakunya dan menyebut mereka sebagai murid A dan murid B. Hm... bikin tambah penasaran ya.

Confessions terdiri dari enam bab dan diceritakan lewat sudut pandang yang berbeda. Seperti judulnya Confessions, yang berarti pengakuan, tiap bab dalam buku ini menyajikan pengakuan dari beberapa tokoh dan sudut pandang. Dari sini pembaca dapat menyelami seluruh perasaan tokoh sampai niatnya yang tergelap sekali pun. Alurnya epik banget.

Ada 2 hal yang mengena dalam novel ini. Perasaan seorang anak dan perasaan seorang ibu. Anak yang haus kasih sayang dan perhatian akan melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian ibunya. Sedangkan ibu yang terlalu mencintai anaknya juga akan melakukan yang terbaik demi anaknya. Dilihat dari sisi positif, perilaku ini terlihat baik. Tapi dari sisi negatif, dampaknya sangat mengerikan.

Novel ini juga mengajarkan kita untuk lebih memerhatikan anak. Sebagai orang tua, khususnya peran ibu, tidak bisa mengaikan hal kasih sayang begitu saja. Menjadi ibu tidak boleh egois. Di dalam novel ini kalian bisa melihat obsesi seorang anak dan seorang ibu.

Setelah membaca halaman terakhir, saya hanya bisa tercengang dan bergumam, "Oh... My God." Sensasi mengerikan dari balas dendam menyengat sampai akhir. Dan saya nggak tau harus berkata apa ketika menutup buku ini. Confessions ini gila banget. Balas dendam yang sangat mengerikan.

Saya berikan 4.5🌟 untuk Confessions.


Untuk yang sudah membaca novel ini, bagaimana pendapat kalian? Kalian bisa menulisnya di kolom komentar. Dan untuk yang belum membaca, kalian penasaran, kan? Ayo, baca juga 😁

Post a Comment

2 Comments

  1. Saya juga sudah membaca novel tersebut. Tercenganglah di akhir cerita. Di sini setiap tokohnya abu-abu dan langsung menunjukkan sisi gelapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. Waktu kita menutup bukunya pun masih bikin terbengong-bengong, dan masih merasakan auranya yang ngeri.

      Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar ^^

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)