[Book Review] Magnus Chase and the Gods of Asgard #1: The Sword of Summer - Rick Riordan


Informasi Buku

Judul: The Sword of Summer
Series: Magnus Chase and the Gods of Asgard #1
Penulis: Rick Riordan
No. ISBN: 978-602-385-020-4
Penerjemah: Reni Indardini
Penyunting: Rina Wulandari
Penerbit: Noura Books (Mizan Fantasi)
Tanggal Terbit: Cetakan ke-1, Oktober 2015
Jumlah Halaman: 623
Kategori: Fiksi, Fantasy, Mythology
My Rated: 4.5/5🌟

Blurb

Tak pantas dipilih, tak pantas mati,
Seorang pahlawan yang tak sanggup diemban Valhalla.
Ke timurlah mentari bergerak, sembilan hari lagi,
Dan Pedang Musim Panas membebaskan si buas dari belenggunya.

Sejak kematian ibundanya oleh serigala bermata biru, Magnus menggelandang sendirian di jalanan Boston. Dia berusaha bertahan hidup dan melarikan diri dari kejaran polisi dan para pekerja sosial. Hingga suatu hari, lelaki yang selalu dia hindari memberitahunya sebuah rahasia aneh—bahwa Magnus adalah putra dewa.

Magnus sudah sering mengalami hal gila di kesehariannya. Tapi, ternyata, mitos-mitos itu nyata. Sesosok makhluk neraka muncul menyerang Magnus. Ia menginginkan Pedang Musim Panas milik Magnus yang konon bisa mempercepat kiamat Ragnarok.

Perjuangan Magnus baru saja dimulai, dan semuanya berawal dengan kematiannya.

Review

Pertama-tama aku mau mengungkapkan kekesalan karena mendapat novel cetakan pertama yang dicetak tahun 2015. Jadi, novel ini kertas pinggirnya sudah agak menguning. Padahal aku berharap bisa dapat edisi cetakan terbarunya. Tapi ya sudahlah... yang penting bukunya tidak ada yang cacat.

The Sword of Summer merceritakan tentang cowok bernama Magnus Chase yang hidup menggelandang setelah ibunya mati dibunuh oleh serigala bermata biru. Selama 2 tahun Magnus hidup di jalanan Boston bersama dua orang temannya, meskipun dia sendiri masih punya keluarga.


Ketika Magnus hampir berusia 16 tahun, Randolph Chase (Paman Magnus) tiba-tiba berusaha mencarinya. Padahal selama 2 tahun ini pamannya itu tidak pernah peduli padanya dan Magnus sendiri mendapatkan pesan dari ibunya bahwa dia tidak boleh memercayai Randolph. Pamannya tidak bisa dipercaya.

Setelah berhasil ditemukan Randolph, pria itu mengatakan bahawa Magnus adalah putra seorang dewa Nordik dan harus mengambil Pedang Musim Panas yang hilang selama seribu tahun untuk melindungi dirinya sendiri. Tentu Magnus tidak memercayai hal itu begitu saja hingga makhluk neraka (Surt) datang untuk membunuhnya dan merebut pedang itu.

Ketika Magnus berusaha melindungi orang-orang dari serangan Surt, Magnus sendiri malah terbunuh. Jiwanya diambil oleh seorang Valkyrie bernama Samirah Al-Abbas dan dibawa ke Valhalla, di mana roh-roh yang dianggap pahlawan dikumpulkan. Namun, nasib baik tidak datang untuk Magnus. Dikarenakan Pedang Musim Panas terlepas dari genggamannya, karena ramalan dari para Norn, Sembilan Dunia terancam Ragnarok (Kiamat) jika pedang itu berhasil didapatkan Surt. Jika Surt berhasil membebaskan Fenris, Sang Serigala dari ikatannya, maka tamatlah seluruh dunia.

Petualangan Magnus dimulai ketika dia tewas.

Tokoh utama dalam kisah Magnus Chase masih seorang demigod dari mitologi Nordik yang tidak tahu apa-apa bahwa dirinya adalah manusia-setengah dewa sampai dia mati mengenaskan—ralat—mati secara heroik, maksudku. Well, sama seperti saudaranya dari fandom sebelah (Percy Jackson yang tidak tahu apa-apa tentang dirinya sendiri di buku pertama).

Kalau di fandom sebelah mati berarti the end, kalau Magnus mati berarti the adventure just beginning. Tapi Magnus tidak lagi disebut sebagai manusia, dia disebut sebagai Einherji, yaitu pendekar abadi Odin yang akan melawan para raksasa ketika Ragnarok tiba. Karena menjadi seorang Einhenji, maka Magnus tidak lagi bertambah umurnya. Usianya senantiasa akan terus 16 tahun.

Dikarenakan mengambil tema Mitologi Nordik, novel pertamanya ini cukup tebal. Di mana di bagian awal ada banyak sekali macam-macam penjelasan mengenai mitologi ini. Lumayan panjang sampai Magnus memulai perjalanannya. Tapi alurnya sama sekali tidak membosankan. Penulis pandai sekali menuliskan narasi yang membuat pembaca terbahak.

Novel ini diceritakan menggunakan sudut pandang pertama dengan Magnus sebagai pelaku utamanya. Jadi aku sama sekali nggak merasa bosan karena Magnus punya karakteristik yang menyenangkan. Aku suka Magnus. Sarkasmenya mengingatkanku pada Percy dan Leo.

Nilai tambah dariku untuk kisah Magnus Chase adalah aku hampir suka semua tokoh-tokohnya. Misalnya saja Magnus Chase sendiri. Selain menjadi tokoh utama dalam kisah ini, Magnus adalah demigod dari dewa Frey; dewa musim semi dan musim panas, bukan dewa perang. Jadi, Magnus payah banget dalam bertarung. Kenapa aku malah suka Magnus? Soalnya, meskipun dia payah, dia berani bertarung dengan caranya sendiri. Oh, meskipun Jack (nama Pedang Musim Panas) sering kali membantunya. 



Aku juga cinta banget sama Jack. Kenapa aku cinta dengan sebilah pedang? Karena Jack bukan pedang biasa. Bacalah Magnus Chase saat sedang bad mood, niscaya Jack akan melantunkan lagu Taylor Swift untukmu.


Jack (Sword of Summer) - Art by Viria


Ayah Magnus, Frey juga dewa penyembuh. Jadi, Magnus menuruni kekuatan untuk menyembuhkan diri sendiri dan orang lain 💓 Oh, aku suka sekali karakter yang punya kemampuan healing.

Tokoh unik lainnya adalah Samirah Al-Abbas karena dia perempuan yang diceritakan beragama islam. Menarik banget, kan? Belum lagi dua sahabat Magnus yang bernama Blitzen dan Hearthstone. Blitzen yang modis dan Hearthstone adalah kaum peri yang tunarungu. Oh, aku suka sekali interaksi bahasa isyarat Hearthstone. Pokoknya karakternya unik-unik dan memiliki masa lalu yang... wow.


Samirah Al Abbas - Art by Viria


Jangan lupakan Thor dan Loki. Mereka juga muncul di sini dengan karakteristik yang jauh berbeda dari Thor dan Loki versi Marvel. Meskipun di sini Loki tetap aja licik dan tidak bisa ditebak, sedangkan Thor... benar-benar jauh dari ekspetasiku 😂 begitu pula dengan Heimdall.

Loki - Art by Viria


Sebelum membaca Magnus Chase, kukira aku nggak akan menyukai cerita dan tokoh-tokohnya seperti aku menyukai semua kisah Percy Jackson, Heroes of Olympus atau The Trials of Apollo. Nyatanya aku tetap suka. Sukaaa banget!

Perjalanan Magnus bersama ketiga teman-temannya juga nggak kalah seru. Mereka berkali-kali lintas dunia dari dunia satu ke dunia lain. Namanya juga Mitologi Nordik. Dikisahkan ada sembilan dunia. Bumi yang kita tempati saat ini disebut Midgard.

Pokoknya pembaca tidak perlu khawatir akan bingung mengikuti kisah ini karena di bagian belakang buku terdapat glosarium yang siap membantu pembaca. Mulai dari nama dewa-dewinya, macam-macam istilah nordik, arti-arti rune, bahkan nama ke sembilan dunia juga dituliskan dengan jelas. Jadi, jangan khawatir. Kamu akan mengerti 100%. Perjalanan Magnus seru diikuti dari awal sampai akhir. Ada banyak rintangan yang harus dilewati untuk mencegah terputusnya rantai Fenris agar tidak terjadi Rarnarok.

Kalau ada yang bertanya: “Gue mau baca Magnus Chase, tapi harus baca Percy Jackson and the Olympians dan The Heroes of Olympus dulu ya?”

Jawabannya adalah tidak.

Magnus Chase ini di luar kisah Percy dan kawan-kawan dari mitologi Yunani dan Romawi. Jadi, kalian tidak perlu khawatir harus membaca seri sebelumnya. Bacalah Magnus Chase, niscaya kalian yang belum mencecap seri-seri Rick Riordan akan langsung mencoba bukunya yang lain.

Omong-omong, meskipun Magnus Chase di luar kisah seri Rick Riordan sebelumnya, Magnus memiliki ikatan kekerabatan dengan Annabeth Chase loh. Annabeth ini pacarnya Percy Jackson. Jadi, bagi yang sudah mengikuti kisah Percy dari awal, akan bertemu dengan Annabeth di sini 😊

4.5/5 (🌟🌟🌟🌟) untuk buku pertama Magnus Chase and the Gods of Asgard!

Dokumen Pribadi

Post a Comment

0 Comments