5 Manfaat yang Dirasakan Jika Suka Menulis


Menulis bukan hanya sekedar menulis. Untuk kamu yang hobi menulis, maka bersyukurlah. Kamu tau nggak kalau ternyata menulis itu punya dampak positif? Menulis apa pun memberikan dampak baik untuk kamu. Menulis cerpen, novel, puisi, catatan harian, artikel, dan sebagainya. Nggak percaya? Ini dia manfaat menulis.

1. Kosakata kamu bervariasi.


Kamu yang suka menulis pasti punya lebih banyak kosakata daripada yang tidak menulis. Dalam menulis, sebaiknya kita menghindari pengulangan kata terlalu banyak agar tidak bosan. Karena itu, kamu pasti akan mencari sinonim dari tiap kata di kepalamu.

2. Suka membaca buku.

Saya yakin banget! Kamu yang hobi nulis pasti juga hobi membaca. Seorang penulis pun sebelum menjadi penulis adalah pembaca. Membaca itu menambah wawasan. Kamu bakal dicap keren sama teman-teman kalau tau banyak hal, lho. Misalnya, geng kamu lagi bahas tentang Paris, kebetulan kamu pernah baca novel yang menceritakan tentang kota itu, lalu dengan kerennya kamu bisa menjelaskan hal-hal menarik yang ada di Paris seakan kamu pernah ke sana. Padahal sih, kamu taunya lewat membaca. Gimana gak keren?

3. Kreativitas kamu bertambah.

Kamu hobi membaca dan menulis. Sudah pasti otak kamu sering kali berpikir liar tentang suatu cerita. Dari situlah kreativitas kamu tumbuh. Kamu banyak berimajinasi, menuangkannya dalam tulisan, lalu mengubahnya menjadi mahakarya yang akan menghibur orang lain. Wah, keren!

4. Ilmu pengetahuan bertambah.

Ini sih udah pasti, ya? Menulis itu butuh riset. Kamu gak bisa sembarangan menuliskan fakta tanpa bukti. Saat kamu melakukan riset, saat itulah ilmu pengetahuanmu bertambah dan terus bertambah. Misalnya, kamu sedang menulis cerita yang tokoh utamanya mengidap leukimia, kemudian kamu mencari tahu hal-hal tentang leukimia. Nah, setelah itu kamu akan paham mengenai pengertian, gejala, penyebab, pengobatan hingga pencegahan leukimia. Kamu bakal makin pintar, deh!

5. Mengurangi Stress.

Kira-kira percaya gak? Atau mungkin gak, sih? Mungkin banget, kok. Kenapa menulis bisa mengurangi stress? Karena kamu bisa menumpahkan seluruh emosi dan perasaanmu di dalamnya. Perasaan sedih, senang, kecewa itu bisa dijadikan kisah yang akan dibaca atau bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu, perlahan tapi pasti, tingkat stress kamu pasti berkurang.

Yang punya hobi nulis, yuk ditingkatkan kualitas menulisnya. Untuk yang masih belajar, perbanyaklah membaca dan latihan menulis. Manfaatnya akan kamu rasakan segera. Bahkan menulis juga bisa menghasilkan uang. Gimana caranya? Well, kita bahas di postingan lainnya ya. Yang penting, manfaat yang sudah saya tuliskan di atas akan mengubah hidupmu sehari-hari.

Post a Comment

0 Comments