[Book Review] Heartbreak Formula by Mpur Chan

Informasi Buku 

Judul: Heartbreak Formula
Penulis: Mpur Chan
No. ISBN: 978-602-6383-37-2
Penyunting: Yooki
Penerbit: Haru
Tanggal Terbit: Cetakan 1, Desember 2017
Jumlah Halaman: 292 hlmn.
Kategori: Science Fiction
My Rated: 3/5🌟

Blurb

Sore tadi pukul 6:45 di hari ulang tahun Harry yang ke-18, aku menabrakkan diri pada sebuah mobil yang melaju.

Harry... pria yang kupercaya dan selalu ada untukku, berubah sejak kami masuk SMA. Pria itu tak lagi ada di sampingku, bahkan ketika aku sedang berada di titik terendah dalam hidupku.

“Kupikir aku punya jawaban untuk masalahmu,” ujar Dokter Cornell, merendahkan suaranya. “Tim penerlitianku sedang bereksperimen membuat formula untuk membuat manusia lupa akan kejadian buruk di masa lalu. Formula Olvidelo.

Ketika penawaran itu datang, sebuah pintu baru seolah terbuka di hadapanku.

Formula itu mungkin adalah sebuah jawabannya. Masalahnya, aku tak tahu apakah formula itu akan menyelamatkanku... atau malah menjerumuskanku.

Review

Setiap manusia di dunia pasti punya masalah, punya kenangan buruk, serta masa lalu yang ingin dilupakan.

Jika di dunia ini ada obat yang bisa menghapus memori buruk dalam hidup kita, seperti kita menghapus isi galeri kita yg penuh kenangan, apakah kamu mau coba? 🥲

Heartbreak Formula berkisah tentang Summer yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah orang-orang yang ia cintai pergi dari hidupnya. Termasuk Harry, lelaki yang ia cintai dan telah ia anggap sebagai penopang hidupnya selama ini, ternyata menyukai perempuan lain.

Namun usahanya gagal. Di tengah keputusasaannya, ia ditawarkan untuk menjadi subjek penelitian formula Olvidelo. Di mana formula itu dapat membuat manusia lupa kejadian buruk di masa lalu.

Dan tentu saja Summer menerima tawarannya. Siapa juga yg tidak mau melupakan kenangan buruk yg bikin tambah stress? :"D

Baca Juga: [Book Review] Hate List karya Jennifer Brown

Kemudian, para subjek dikumpulkan di sebuah tempat bernama Zanson Survival Shelter dan nama mereka semua diubah menjadi nama-nama bulan. Januari hingga Desember. Summer sendiri mendapatkan nama baru: April.

Heartbreak Formula ini ditulis oleh penulis Indonesia dan sepertinya ini kali pertama aku baca novel sci-fi penulis lokal. Soalnya jarang kan. Genre ini seringnya aku temui di buku-buku luar (atau memang aku yang belum main jauh membaca buku-buku lokal :'). Maafkan akuu...

Selain itu, ide ceritanya menarik sekali. Tentang penemuan formula yang bisa menghapus memori buruk.

Lumayan relate dengan problema hidup manusia. Di mana terkadang ada momen menyedihkan, menyakitkan, kekecewaan, yang ingin sekali kita lupakan. Sering kali terbesit pikiran, "Mau banget amnesia!" Tapi tentu aja tidak mungkin kita mencelakakan diri sendiri.

Nah, formula Olvidelo adalah solusi!

Kita yang ada sekarang adalah hasil dari proses yang telah terjadi di masa lalu. Jika kita menghapus satu penggal kehidupan yang kita anggap buruk, semua jalan hidup bisa berubah dan kita belum tentu ada di titik.

Sepanjang membaca buku ini, aku harus sabar karena subjek penelitiannya bukan hanya ada Summer, tapi ada 11 orang lainnya yang punya berbagai macam problema kehidupan, dan semua punya keinginan yang sama: mengakhiri hidup.

Berapa kali aku dibuat ikut lelah dan menghela napas karena kelakuan karakternya? Khususnya May 😭🙏 salah satu tokoh yang agak mengesalkan. Suka tiba-tiba suka marah, menyakiti diri sendiri, caper, tapi tiba-tiba baik. Desember yang terlalu pendiam dan menutup diri. June yang kelakuannya rada labil, dll.

Sayangnya, andai plot dan karakternya dieksekusi lebih dalam pasti bakal lebih ngena.

Aku merasa alurnya kecepetan, cepet banget malah. Bisa dilihat bahkan novelnya sendiri tidak sampai 300 halaman. Karena alurnya terkesan cepat, jadi penokohannya tampak kurang mantap dan terkesan buru-buru.

Bahkan kedekatan April (Summer) dengan June juga termasuk kecepetan. Aku merasa nggak ada sesuatu yang spesial untuk membuat mereka lebih dekat, lebih terbuka, tapi tiba-tiba saja dekat. Aku paham Summer sedang membangun tembok untuk tidak mudah percaya kepada orang lain, tapi tetap aja... agak ge'er gitu. Menganggap June tertarik dengan dia.

Penyelesaian konfliknya juga terkesan sat set sat set. Dimana ada insiden, Summer tercerahkan, berusaha menerima, dan "Oke, baiklah." udah gitu aja.

Berasa kurang nendang gitu! XD

Cuma ya aku lumayan suka sih sama endingnya. Bahagia walo agak sedih. Bukan sedih karena sad ending, tapi karena formula Olvidelo yang akan membuat lupa. Padahal kita hari ini dibentuk dari kita di masa lalu 🥲

Tapi tetep suka kok sama endingnya. Kalau bukan karena endingnya, aku hampir aja kasih rate 2 untuk novel ini 🥲❤

Sekian review kali ini. Terima kasih sudah membaca ^^

Post a Comment

0 Comments