[Review] Drama China: The Sleuth of the Ming Dynasty

aminoapps.com

Informasi

Judul: The Sleuth of the Ming Dynasty
Pengarang: Shao Tian, Kan Jing, Cheng Xi, Sun Wen, Wei Jun
Sutradara: Guo Shuang, Yang Huan, Yang Tai
Produser: Jackie Chan
Pemeran: Darren Chen, Fu Meng Po, Liu Yaoyuan
Negara: China
Bahasa: Mandarin
Jumlah Episode: 48
Durasi: 45 menit per-episode
Genre: Historical, Mystery
Tanggal rilis: 1 April - 24 April 2020

Sinopsis Singkat

Pada masa pemerintahan Kaisar Chenghua, tidak dapat dihindari berbagai masalah yang meresahkan kaisar. Mulai dari pembunuhan, penculikan, penggelapan uang, hingga masalah pejabat kerajaan yang memiliki niat kotor.

Tang Fan adalah pejabat tingkat menengah 6 dari Distrik Shuntian yang sangat cerdas dan sering kali memecahkan kasus sulit. Hingga suatu hari dia memperoleh kasus di mana terbunuhnya seorang bangsawan secara misterius. Tidak hanya itu, kasus pembunuhan bangsawan ini juga melibatkan kasus hilangnya teman Pangeran Mahkota.

Untuk memecahkan kasus, Fang Fan dibantu oleh seorang Pengawal Kerajaan bernama Sui Zhou dan seorang Inspektur dari Kantor Intelejen Barat bernama Wang Zhi.

Berkat kasus tersebut, kemudian ketiganya sering kali harus bekerja sama dan terlibat dalam menghadapi berbagai kasus lainnya.

***

www.tentangsinopsis.com

Setelah sekian lama, saya menulis review drama lagi. Terima kasih untuk Kak Marsela yang sudah merekomendasikan drama ini. Akhirnya ada juga drama bromance yang bagusnya hampir menyamai The Untamed. Nggak pakai basa-basi, mari langsung saja!

The Sleuth of the Ming Dynasty adalah drama yang diangkat dari novel BL berjudul The Fourteenth Year of Chenghua karya Meng Xi Shi. Sama seperti The Untamed yang juga diangkat dari novel BL, drama satu ini juga tidak menunjukkan unsur BL di dalamnya, melainkan sebuah ikatan persahabatan antara tiga tokoh utamanya.

First Impression

psycho-milk.com

Seperti biasa, episode 1 itu penting banget buat saya. Sebuah penentuan apakah drama ini layak ditonton sampai habis atau tidak.

Jujur aja, episode pertama TSOTMD memberikan kesan yang bagus banget.

Bermula dari adegan Tang Fan yang acara makannya diganggu karena ada kasus dadakan.

Pokoknya baru mulai aja udah bikin ngakak.

Tidak hanya itu, penonton bahkan langsung diperlihatkan bagaimana jeniusnya Tang Fan mampu memecahkan beberapa kasus remeh sekaligus. Sambil makan pula.

Tokoh utama dalam drama ini keliatan banget cerdasnya. Saya yakin kamu bakal suka. Ditambah lagi banyak adegan kocak dan seru yang nggak akan bikin ngantuk atau bosan selama menontonnya.

Hal paling menarik adalah kasus besar pertama yang muncul sejak episode 1. Tiap habis 1 episode jariku ingin terus next episode karena penasaran. Jadi, pastikan menontonnya di waktu senggang atau saat liburan ya.

Plot.

id.wikipedia.org

Seperti cerita detektif pada umumnya, sepanjang episode drama ini kamu akan menjumpai banyak kasus. Mulai dari penculikan hingga pembunuhan.

Karena mengambil setting Kekaisaran, tentu akan ada kasus kebusukan para pejabat kerajaan. Mulai dari penyalahgunaan wewenang sampai korupsi yang bikin gemes banget! Yah, masalah biasalah. Bahkan kasus korupsi pun juga masih merajalela hingga saat ini.

Aksi penyelidikannya juga nggak kalah seru. Bahkan adegan bertarungnya juga KEREN abis. Tahu, kan? Produser eksekutifnya saja Jacky Chan. Apakah masih perlu diragukan?

Kerennya lagi, walaupun kasusnya beda-beda... ternyata oh ternyata, ada benang merah antar beberapa kasus yang terjadi. Hal ini bikin makin penasaran dan gemas dengan dalang di balik banyak kejadian.

Overall, suka banget sama plotnya dari awal hingga klimaks sampai ke ending. Menjelang akhir makin seru. Terutama untuk kasus besar yang benar-benar melibatkan Kerajaan, Kaisar, hingga rakyat satu kota. Wah pokoknya!

Kekompakan ketiga tokoh utama (Tang Fan, Sui Zhou, dan Wang Zhi) dalam memecahkan masalah bikin adrenalin penonton ikut terpacu bersama mereka. Dan saya juga suka banget sama relasi mereka bertiga. Kompak dan kocak. 

Actor (Pemain).

aminoapps.com

No comment untuk semua aktornya. Semua bagus. Khususnya untuk ketiga tokoh utama. 

Darren Chen yang memerankan Tang Fan penampilannya cocok banget. Kelihatan aura-aura cerdas dan jeniusnya. Serta wajah kutu bukunya. Pokoknya saya nge-fans sama Tang Fan di sini.

Tokoh Sui Zhou yang diperankan Fu Meng Po dan Wang Zhi yang diperankan oleh Liu Yaoyuan juga oke.

Acting mereka nggak kaku. Bagus banget. Love deh sama mereka bertiga. Walaupun belum pernah membaca versi novelnya, tapi saya udah menikmati banget karakteristik yang dibawa oleh aktornya.

Bahkan tokoh Kaisar di drama ini bukan bapak-bapak tua seperti karakter Kaisar nyebelin pada umumnya di drama lain lho. Justru yang jadi Kaisar ganteng banget di sini. Selain itu, sifat Kaisar yang menjunjung tinggi keadilan dan perdamaian negara bikin saya adem liatnya.

Baru kali ini ada drama China yang Kaisarnya nggak bikin saya murka. Biasanya tokoh-tokoh yang jadi Kaisar tuh nyebelin.

Lagu/Soundtrack.

chinafilminsider.com

Kalau dibandingkan dengan The Untamed, TSOTMD nggak punya banyak lagu. Hanya lagu opening dengan judul Shui Hou, lagu ending yang berjudul Fan Chen, dan lagu yang dinyanyikan langsung oleh tiga aktor tokoh utama kita berjudul Ye Lan Shan.

Saya pribadi suka banget sama ost. Ending (Fan Chen) dan Ye Lan Shan. Ost Endingnya tuh lagunya sedih. Bahkan ada adegan yang backsoundnya pakai lagu ini saya jadi nangis. Untuk lagu Ye Lan Shan sendiri, bagus banget perpaduan suara Darren Chen, Fu Meng Po, dan Liu Yaoyuan. Lagunya bikin semangat.

Kekurangan.

Nggak banyak dan nggak begitu menonjol, tapi aku merasakan kekurangan hal ini. Entahlah apakah penonton yang lain juga merasakannya.

Pertama, Antagonis Kurang Sadis!

Bukan berarti saya psikopat. Tapi ya antagonisnya itu terlalu menyembunyikan diri saja. Walaupun rencana busuknya bikin gemas, tapi tetap saja nggak gitu nampol sama antagonisnya. Biasa aja. Nggak bikin misuh-misuh kayak drama sebelah (baca: The Untamed) yang para antagonisnya pengen saya tampar satu-satu.

Kedua, Dramanya Kurang.

Yah, saya tahu ini adalah drama detektif yang lebih menitikberatkan genre misterinya, tapi saya sedikit berharap bakal ada sesuatu yang dramatis di antara tokoh utamanya. Sebenarnya ada sih, tapi rasanya kurang nendang. Itu pun adegan tokoh lain. Bukan tokoh utama sendiri.

Kalau boleh dibandingkan dengan The Untamed lagi, dramanya Wei Ying dan Lan Zhan malah berhasil bikin saya nangis karena... pokoknya yang sudah nonton The Untamed tau sendiri ya. Pokoknya kenyataan jindan bikin saya nangis malam-malam.

***

Oke, balik lagi ke drama TSOTMD. Secara keseluruhan drama ini bagus. Nilai 8.5/10🌟 untuk TSOTMD.

Saya recommended untuk kamu tonton. Karena selain seru, kisahnya cukup menghibur. Kasusnya oke, dan humornya itu lho saya suka banget. Mungkin pas buat nemenin kamu di waktu senggang, liburan, atau hanya sekedar cari hiburan.

Untuk teman-teman yang sudah menonton drama ini, bagaimana pendapatmu? Seperti biasa, dipersilakan koar-koar di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca review yang panjang ini 😁.

Post a Comment

2 Comments

  1. Sudah lebih 3x rewatch drama ini dari 2020, sebagus ituuu! karakter 3 tokoh utamanya bikin gamon. Keimutnya tang fan, smirknya wang zhi, dan dingin tp perhatiannya ge sui. Berharap ada s2nya tapi kyk gamungkin :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneer. Mereka bertiga bikin mood bgt. Apalagi plot dramanya juga bagus. Iyaa nih ga mungkin ada S2 nya. Soalnya endingnya jg udh tamat :"

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)