[First Impression] Drama China: Justice in The Dark / Guang Yuan (光渊)

Justice in The Dark / Guang Yuan (光渊) (2023) adalah serial drama china yang diadaptasi dari novel Mo Du / Silent Reading karya Priest. Ayo, coba sebutkan karya Priest yang sudah diangkat jadi drama 😂 Guardian (2018), Legend of Fei (2020), Word of Honor (2021), dan masih ada Winner is King yang entah kapan drama ini akan rilis penayangan (padahal yang syuting duluan Winner is King dibanding drama ini).

Top markotop karya Priest! 👀

*

Sedikit curcol. Selamat Tahun Baru 2023! /telat. Ya ampun blog ini sampai 3 bulan nggak ada update apa-apa. Pemalas sekali saya :')

Hari ini aku mau menulis First Impression setelah menonton drama china yang berjudul Justice in The Dark sebanyak 8 episode. Sebenarnya nggak mau nulis first impression sih. Soalnya drama yang kutulis first impressionnya berujung tidak aku tulis final reviewnya :(

Namun berhubung drama ini sedang pending dan stuck di episode 8 (plus saya juga mau beruneg-uneg ria), jadilah saya tulis postingan ini.

Sinopsis dan Plot

Justice in The Dark mengambil latar peradaban Xinyuan tahun 253 di mana tingkat kriminalitas sangat tinggi dengan adanya orang-orang berlabel "zero-degree empathy". Berawal dari kasus pembunuhan terhadap seorang kurir malah membawa Luo Wei Zhou, kapten SID (Special Investigation Department) bersama timnya ke arah organisasi kriminal. 

Kasus yang terlihat sederhana, ternyata jauh lebih rumit dan berbahaya dari yang mereka kira. Dalam menguak kasus tersebut, Pei Su, yang notaben juga kenalan Luo Wei Zhou terlibat dalam kasus ini.

Yah, kurang lebih begitu ya sinopsis pendeknya. Maaf, tidak mahir dalam menulis sinopsis. Namun hal menarik yang patut digaris bawahi adalah orang-orang dengan label "zero-degree empathy". Mereka adalah orang yang diduga sama sekali tidak punya empati sehingga bisa melakukan tindak kriminal yang ekstrem.

Seru sih menurutku. Lumayan bikin mikir juga karena seperti yang kubilang kalau kasusnya tidak sesederhana itu.

Selain menyuguhkan kasus penyelidikan, drama ini juga dibalut dengan trauma masa lalu yang melibatkan Luo Wei Zhou, Tao Ze, dan Pei Su. Di mana 7 tahun yang lalu Luo Wei Zhou dan Tao Ze adalah polisi yang menyelidiki kasus kematian ibu Pei Su.

Pada saat itu pihak kepolisian menetapkan kematian ibu Pei Su adalah bunuh diri, tapi Pei Su tidak terima karena ayahnya sendiri termasuk orang dengan label "zero-degree empathy". Tujuh tahun berlalu dan Pei Su masih belum bisa menerima kematian ibunya dan masih bertarung dengan trauma masa lalu.

Makin penasaran banget mau dibawa seperti apa plot di drama ini 😭 soalnya aku juga ga baca novelnya. Haruskah aku baca juga? Lumayan, ada 5 volume (180 chapter).

Sempat Kena Kasus

Nggak nyangka drama ini sempat kena kasus yang menurutku cukup fatal karena menyangkut salah satu member BlackPink. Nggak mau terlalu detail menjelaskan, intinya di drama ini menampilkan foto salah satu member BP pada adegan di klub malam gitu.

Adegannya ada di episode 4 atau 5 aku lupa. Tapi bagian itu sudah dipotong / dihilangkan dan pihak produser juga sudah membuat pernyataan permohonan maaf kepada publik. Hadeh... ada-ada aja. Penayangan drama ini aja udah susah, kenapa pake drama beginian ya? 😔

Tiba-Tiba Rilis, Tiba-Tiba Pending

Iya, Justice in the Dark ini rilisnya tiba-tiba pake banget! Nggak ada rilis poster, nggak ada trailer, nggak ada jadwal penayangan, dll tiba-tiba drama ini mejeng di Youku dan dirilis sebanyak 8 episode sekaligus pada tanggal 18 Februari 2023.

Lalu entah ada masalah apa drama ini tiba-tiba ditunda penayangannya. Apa mungkin karena kasus yang kusebutkan di atas? Sebentar lagi drama ini genap sebulan belum ada update.

Mungkin karena kebijakan dari China juga membuat drama ini minim promosi. Tapi walau tanpa promosi, rasanya drama ini tetep rame kok. Semoga Justice in The Dark bisa lanjut tayang sampai tamat ya.

PENASARAAAAN 😭

*All pictures source from mydramalist

Post a Comment

0 Comments