[Book Review] Scum Villain Self-Saving System by Mo Xiang Tong Xiu

Informasi Buku

Judul: Scum Villain's Self-Saving System
Penulis: Mo Xiang Tong Xiu
Penerjemah Indonesia: WagahaiNeko
Jumlah Chapter: 81 Chapter
Genre: Danmei, Xianxia
My Rated: 3.2🌟/5


Sinopsis

Setelah memberikan kritik habis-habisan terhadap novel stallion yang dibacanya, Shen Yuan tiba-tiba ditransmigrasikan ke dunia novel yang baru saja dia kritik.

Belum lagi dia dijadikan tokoh antagonis sebagai Lord Puncak Qing Jing bernama Shen Qingqiu yang ditakdirkan untuk mati di tangan tokoh protagonis (muridnya) bernama Luo Binghe di akhir novel tersebut.

Shen Yuan terjebak dalam dunia itu dan harus mempertahankan hidupnya di sana. Bahkan sistem tidak bisa membantu. Dia memiliki poin yang harus dipertahankan, karena ketika poinnya berada di titik 0, maka Shen Yuan akan dikembalikan ke dunia nyata di mana tubuh aslinya telah mati.

Berhasilkah dia mempertahankan hidupnya di dalam dunia novel berjudul Proud Immortal Demon Way?


Review

Pinterest
Baiklah. Sinopsis di atas adalah sinopsis yang saya buat sendiri. Semoga teman-teman bisa menangkap inti dari cerita SVSSS (Scum Villain's Self-Saving System) ini. Yaa... lagi-lagi saya membawa ulasan novel MXTX lagi. Dan SVSSS adalah karya pertamanya.

Baca juga: [Book Review] Heaven Official Blessing karya MXTX

Novel ini bisa dibilang sedikit mirip dengan anime terkenal Sword Art Online. Teman-teman pasti nggak asing kan dengan judul anime tersebut? Yang membedakannya adalah jika SAO adalah sistem game virtual realitymaka SVSSS sistemnya adalah di mana Shen Yuan ditransmigrasi dan harus menjalani hidupnya di sana dengan mengumpulkan poin.

Poin itu layaknya hidup Shen Yuan. Ketika poinnya mencapai titik 0, dia akan dikembalikan ke dunia asalnya. Tapi bagaimana mau kembali? Di dunia asalnya, Shen Yuan sudah mati. Jadi, dia harus berhasil mempertahankan hidupnya di dunia novel ini sebagai Shen Qingqiu, tokoh antagonis.

SVSSS memberikan prolog yang cukup memikat dan unik. Di mana Shen Yuan, seorang reader setia novel Proud Immortal Demon Way, ditransmigrasikan ke dalam novel itu setelah dia mengkritik habis-habisan novel itu. Mulai dari kritik harem protagonis yang sangat banyak sampai plot hole di mana-mana.

Uniknya, Shen Yuan menjadi tokoh antagonis novel ini. Diceritakan bahwa antagonis akan berakhir tewas menyedihkan. Shen Yuan kira, dengan merayu protagonis, dia bisa mempertahankan hidupnya. Sialnya, ada sistem yang menyatakan bahwa DIA TIDAK BOLEH OOC.

Saya ngakak habis pada adegan ini. Sebagai pembaca dan suka sekali menulis fanfiction, saya tidak bisa lepas dari yang namanya ke-OOC-an.

Sepanjang kisah SVSSS, Shen Yuan yang menjadi tokoh Shen Qingqiu harus berusaha mempertahankan hidup sambil mengumpulkan poin dan menyelesaikan misi. Ditambah dia harus mengisi plot hole yang dia kritik sebelumnya.

Inilah yang dinamakan 'kau akan menuai apa yang kau tabur' 😂

Sebenarnya, dibandingkan dengan karya kedua dan ketiga MXTX, SVSSS lebih memberikan konflik yang ringan. Apalagi novel ini hanya memberikan cerita sepanjang 81 chapter. Untuk chapter extra sendiri saya tidak tahu ada berapa banyak dan tidak membacanya.

Bisa dibilang, meskipun ceritanya bagus, saya kurang menyukai SVSSS. Alasannya simpel saja, karena kurang memikat hati dan kurang greget. Tidak seperti Mo Dao Zu Shi dan Tian Guan Ci Fu yang memberikan konflik lebih complicated, SVSSS terkesan biasa saja.

Bahkan pada awal baca novel ini saya nggak langsung tertarik. Butuh setidaknya 15 chapter untuk membuat saya tertarik untuk terus membacanya.

Belum lagi, di SVSSS sendiri ada plot hole. Tidak dijelaskan mengapa Shen Yuan mati di dunianya. Sakit? DIbunuh? Kecelakaan? Nggak ada penjelasan. Hanya dijelaskan bahwa di dunia asli, tubuh Shen Yuan sudah mati.

Saya juga kurang sreg dengan dua relasi tokoh utamanya, yaitu Shen Qingqiu dan Luo Binghe. Untuk Shen Qingqiu ini saya nggak komen. Saya lumayan menyukai karakter Shen Qingqiu. Tapi untuk Luo Binghe, rasanya enggak. Hal ini dikarenakan sifat obsesinya terhadap Shen Qingqiu amat sangat di luar batas. Seolah-olah Shen Qingqiu hanya miliknya seorang.

Daripada suka Luo Binghe, saya malah lebih suka Liu Qingge dan Yue Qingyuan. Maaf, kalau ada yang suka Luo Binghe. Namun kita punya selera masing-masing, kan? Andaikan sikap Luo Binghe nggak seobsesif itu, dia bakal manis banget :")

Instagram
Kekurangan lainnya adalah mengenai Sekte Cang Qiong. Dikatakan Sekte ini memiliki dua belas puncak dengan masing-masing Lord di setiap puncaknya. Nyatanya? Yang diperkenalkan hanya beberapa saja. Sisanya entahlah.

Kemudian yang sangat disayangkan adalah akhir yang terkesan 'gitu aja'. Sebenarnya pembawaan kisah menjelang akhir cukup menegangkan. Seperti yang diketahui di awal, Luo Binghe memiliki ayah seorang iblis. 

Meskipun diceritakan ayahnya sudah mati, mudah menebaknya bahwa raja iblis akan dibangkitkan. 

Entah mengapa cerita begini sudah biasa. Saya rasa siapa pun mungkin bisa menebaknya.

Lalu saya sedikit kecewa dengan penyelesaian konflik yang ada.

Saya maklum kok dengan karya pertama MXTX. Namanya juga karya pertama, kan? Meskipun begitu, feel dari novel ini juga lumayan banyak yang didapat. Masih ada adegan-adegan yang bikin baper.

Instagram
Seperti masa lalu dua tokoh utama kita dan adegan ketika Shen Qingqiu yang selalu melindungi Luo Binghe. Scene itu membuat saya terharu. Hubungan antara guru dan murid bikin gemas. Ditambah lagi segala macam salah paham yang terjadi di antara keduanya bikin masalah makin berantakan.

Overall, mungkin itu saja ulasan saya mengenai novel Scum Villain's Self-Saving System. Meskipun saya pribadi kurang suka dengan ceritanya, novel ini tidak kalah populer dengan dua karya MXTX yang lain. Jadi, kalau kamu penggemar MXTX, jangan lewatkan untuk membaca novel ini ya 😀

SVSSS telah diadaptasi ke manhua (namun tidak tahu apa alasannya, sepertinya manhuanya mogok di tengah jalan). Dan infonya, di tahun 2020 ini akan dibuatkan adaptasi Donghua. Hmm... saya penasaran bagaimana hasil donghuanya nanti.

Update!: SVSSS ada Audio Dramanya! Meskipun baru teaser/trailer, Audio Dramanya keren banget. Nasib Shen Yuan dan dilemanya dia bikin saya ngakak 😂

Update 2! (07/08/2021)

Novel SVSSS akan resmi terbit cetak dalam bahasa Inggris. Cek infonya dipostingan terbaruku di sini.

Dengar-dengar MXTX juga sedang mengerjakan novel ke-empatnya. Saya makin penasaran. Kisah yang bagaimana lagi yang akan dibawakan oleh Mo Xiang Tong Xiu?

Post a Comment

22 Comments

  1. Saya suka karya2 milik mxtx, cukup nguras emosi sih :),,,
    Suka bgt sm karakternya shen qingqiu palsu aka shen yuan 😆
    Kl soal obsesi binghe ke shizunnya. Sebenernya sih gara2 ulah shen qingqiu sendiri
    Shen qingqiu (shen yuan) krn saking takutnya di buat jd tongkat manusia (mati), makanya dia sebisa mungkin ngurangin pemicu yg bisa bikin binghe benci ke dia, setelah dia ngecairin ooc, shen qingqiu (shen yuan) malah ngelindungin binghe trus2an sampe2 si binghe salah paham trus malah jd jatuh cinta ke dia 😅 dan gak ngumpulin ratusan harem, jd ya gitu deh...
    Sama saya juga masih gak paham knp shen yuan mati di dunia aslinya 🤔😕
    😅😅😅🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Binghe nggak ngumpulin harem. Tapi jadi bucin ke satu orang ya.
      Bener banget. Karya mxtx tuh cukup menguras emosi banget. Khususnya buat mdzs dan tgcf.

      Kematian Shen Yuan di dunia asli masih menjadi hal mesterius yaa.

      Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar ^^

      Delete
    2. Dia mati kesentrum listrik pas lagi asik2 nya ngumpat2 dan berantem bareng sesama reader yg ga setuju ama pendapat nya, kabel yang di colok ke komputer nya kecabut. Sebelum mati dia malah ucapin password yg buat roh dia kesedot ama sistem ke novel. Yah, namanya juga fiksi. Ga harus masuk akal

      Delete
    3. Owalaaah gitu yaaa... xiexie, jadi dapet pencerahan dari yang lain XD. Yup, namanya juga fiksi, gausah mengharap hal-hal yang masuk akal banget.

      Makasih sudah mampir ^^

      Delete
  2. Tian guan ci fu atau heaven official's blessing itu NONTON nya di maan ya kak ?, saya dari hari itu cari-cari tapi gak dapat-dapat, atau mungkin itu BELUM RILIS ya. Tolong kasih tau jawaban nya dong ? Biar gak penasaran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Donghua TGCF blm ada info kapan rilisnya. Perkiraannya tahun ini. Tapi blm ada tanggal pastinya 😁

      Delete
  3. Donghuanya sudah rilis eps 1 kak (>w<)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iyaaa. Donghuanya sudah rilis episode 1 minggu lalu. Aku akan update postingan ini. Terima kasih sudah mampir UwU

      Delete
  4. Shen yuan mati keselek roti kak (.)_(.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di manhua dan donghuanya, iya dia mati keselek. Tapi aku nggak menemukan adegan ini di novelnya. Jadi waktu baca novel aku bingung, kenapa Shen Yuan mati? Pas baca manhua dan nonton donghuanya baru deh dapet pencerahan dia mati karena keselek bakpao T.T

      Delete
  5. kak, ini novelnya cuman sampai 81 chap doang?
    makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Cuma 81 chapter doang untuk main story. Tapi extra chapternya banyaaaak :)

      Delete
  6. Svsss beneran ada audio drama nya? Wah, liat dimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Beneran ada. Tapi dari info terakhir yang kudapat, masih trailernya gitu. Blm masuk main storynya. Dan aku lupa nge-save linknya :')

      Kalau mau buka, bisa akses missevan.com. Cuma di sana tulisannya cina semuaaaa. Jadi agak susah kalo nggak dapet link langsung audio drama yang mau didengar :')

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Maaf mau nanya, kak. Ini ternyata ceritanya Yaoi ya? Baru nonton donghua-nya nih, hehehe

    ReplyDelete
  9. Kak! Kalau mau membaca ini dimana ya??? Pas tak click nama penerjemah indonesia-nya ndak ada list novel yang ini.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku baca di wattpad di akun itu. Tapi skrg sepertinya sudah dihapus sama penerjemahnya :') mungkin bisa dibaca di akun wattpad lain atau versi bahasa inggrisnya (yg sudah lengkap).

      Delete
  10. SVSSS memang novel ringan yang mengocok perut. Entah apa yang dipikirkan mxtx saat SMA dulu waktu membuat novel ini. Memang banyak plot holenya, dan beberapa sudah diperbaiki biar membacanya lebih enak.

    Shen QingQiu merupakan karakter yang unik. Dia gak sadar kalo muridnya jadi obsesi begitu karna dia sendiri. Oh ya! Jangan lupakan lagu mesum SQQ san LBH yang diciptakan penyanyi sana wkwkwk. Asli bikin ngakak sama adegan ini.

    Untuk kematian Shen Yuan bermacem2. Ada yang bilang kesetrum, ada yg bilang keselek roti. Tapi yang sering dibahas sih shen yuan mati karena makan makanan kadaluarsa.

    Oh ya, mau kasih saran. Coba baca extranya deh dan menurut saya extranya lucu2. Ada extra dimana liu gingge menjadi gay panic saat berduaan sana shen qingqiu, serta tanya jawab hubungan sqq dengan lbh yang pastinya kocak abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti mxtx punya selera humor yg oke. Bahkan novel mdzs yg punya plot lebih berat dari svsss juga disuguhi humor yang sukses bikin ngakak.

      Tentang kematian Shen Yuan juga banyak yg bilang gitu. Tapi bakal lebih oke kalo dijelasin sama penulis. Jadi ga bikin pembaca sepertiku masih bertanya-tanya sampai skrg wkwk.

      Ah ya, banyak yg saranin aku untuk baca ekstranya juga karena selain ada cerita tambahan yg asik, katanya sebagian plot hole malah dibenerin di chapter extra dan hal inilah yg bikin SVSSS tambah menarik.

      Terima kasih sudah mampir ^^

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)