7 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Menulis Novel

Source
Ide itu datangnya dari mana saja.

Jadwal sedang senggang, mood nulis setinggi angkasa, buka laptop, lalu buka Ms. Word. Setelah itu, bermenit-menit berlalu, tapi kertas di layar masih kosong melompong. Nah, mau nulis, tapi nggak ada ide. Siapa yang pernah ngerasain hal ini?

Iya, saya tahu. Itu nyebelin banget. Tapi, tau nggak sih kalau ide itu jumlahnya nggak terhingga? Ide itu datangnya dari mana saja. Nggak hanya satu, dua, atau sepuluh, tapi banyak banget!

“Seriusan lo? Gue lima jam di depan laptop juga belom dapet satu paragraf.”

Ya, makanya jangan hanya diam di depan layar. Sampai tanggal 32, bulan 13 pun juga nggak bakal dapat ide kalau kamu sendiri nggak berusaha mencarinya.

Menurut saya, datangnya ide itu dibagi menjadi dua:
Pertama, spontan atau datang tiba-tiba.
Kedua, saat dicari. Khususnya untuk yang lagi buntu ide, nggak tau mau nulis apa.

Ide yang datang tiba-tiba itu emang enak banget. Datangnya bisa lagi cuci piring, lagi mandi, lagi mau tidur, dan seenaknya aja deh. Apalagi kalau idenya BOM banget. Pasti pengen buru-buru catet semua ide itu sebelum lupa. Tapi, gimana kalau nggak ada ide, sedangkan kamu niat banget nulis?

Jangan khawatir, ide menulis bisa dicari, kok 😊 Gimana caranya? Nih, saya kasih tipsnya.


1. Lihat Lingkungan Sekitar

Hal-hal di sekitar kalian itu bisa jadi ide dasar. Nggak perlu susah, dengar perbincangan keluarga saja sudah bisa kalian jadikan ide. 

Misalnya, saya pernah menulis cerita yang terinspirasi dari berdebatan Mama dan Adik saya soal perbedaan ceker ayam dan kaki ayam. Padahal keduanya sama saja, ya? Tapi, itulah poinnya. Jangan hanya tertawa, tapi ubahlah momen sederhana itu jadi ide yang luar biasa. Kamu penulis, kan? Saya yakin kamu bisa mengembangkan ide-ide biasa menjadi luar biasa.

2. Dengarkan Musik dan Buka Liriknya

Kalian pasti punya playlist di handphone, laptop, atau komputer. Coba buka playlistnya, lalu dengarkan. Kalau tidak hapal lirik karena lagu berbahasa asing, buka liriknya. Cermati baik-baik kisah dari lagu itu. Saya yakin, nggak lama lagi kalian bakal dapet ide dari lagu itu. Saya ambil contoh dari lagunya Geisha.

“Lumpuhkanlah ingatanku hapuskan tentang dia.”


Dari penggalan lirik itu, kalian sudah bisa buat cerita yang baper-baper hehe. 


3. Menonton

Selain menghibur, menonton biasanya akan membuat otak kita aktif dalam mencari ide. Kalau sedang benar-benar kehabisan ide, menonton adalah salah satu cara menyenangkan untuk membangkitkan ide kreatifmu. Misalnya, setelah menonton film Harry Potter (yang menceritakan petualangan di sekolah sihir), kalian mendapat inspirasi serupa. Hanya saja ide kalian bukan sekolah sihir, tapi sekolah exorcist. Itu contohnya saja, ya. 

4. Membaca
Source
Jika kalian tidak ada stok film atau sudah bosan dengan semua film koleksi kalian, membaca bisa jadi alternatif lain. Cara memperoleh idenya sama seperti menonton, hanya saja kali ini membaca.

Masih belum dapat ide juga? 

Teruslah membaca. Kalau ingin jadi penulis, banyak menulis itu tidak cukup, kamu juga harus banyak membaca. Seperti yang dikatakan Stephen King; "Jika kamu ingin jadi penulis, kamu harus melakukan dua hal di atas segalanya: banyak membaca dan banyak menulis." Oke? 

5. Mengkhayal/Berimajinasi
Source
Malas menonton dan nggak mood membaca? Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah berimajinasi. Berkhayallah dengan awalan "Andaikan aku...". Biasanya cara itu cukup efektif. Ciptakan duniamu sendiri.

"Andaikan aku punya sihir."

"Andaikan aku punya pacar cantik."

"Andaikan aku nggak jomblo."

"Andaikan aku jadi pacarnya Lee Min Ho."

Meskipun yang terakhir itu nggak mungkin, pokoknya bebaskan imajinasimu. Silakan berkhayal seliar mungkin sampai kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Asalkan jangan sampai pikiran kalian kosong, ya. Sama sekali nggak lucu kalau kamu tiba-tiba kerasukan.

6. Bertemu Teman

Kenapa bertemu teman? Memangnya bisa? Jawabannya pasti bisa. Saya yakin hampir 100 persem kalau semua teman dekat kalian itu suka ngereceh. Terkadang berbincang dengan mereka bisa memicu kemunculan ide. Kenapa saya tahu? Karena saya pernah mengalaminya. Mulai dari curhat sampai gosip pun ada saja sesuatu yang bisa saya kembangkan jadi ide.

"Kalau masih nggak dapet juga, gimana?"

Coba tanya ke temanmu. "Eh, gue pengen nulis. Ada saran?"

Yup! Minta saran atau topik dari temanmu. Jika ada tema atau topik tertentu, biasanya menulis akan jauh lebih mudah.

7. Jalan-jalan

Cara ini hampir sama dengan cara pertama. Hal yang harus dilakukan adalah melihat lingkungan di sekitar. Bedanya, kali ini kamu harus berada di suatu tempat (di luar rumah). Entah di mall, bioskop, bahkan toko buku. Kalau di dekat rumahmu ada taman, bisa juga bersantai di sana, sambil ngemil, menikmati semilir angin dan semoga ilham menghampirimu.

Source
Mengalami kebuntuan ide itu bukan hal baru seorang penulis. Meskipun begitu, penulis juga harus tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Semoga tujuh cara ini cukup membantu kalian yang sedang kehabisan ide. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan tulis di kolom komentar.

Post a Comment

4 Comments

  1. Senang aku baca ini, bagaimana untuk mencari inspirasi menulis. Mga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar :)
      Semoga bermanfaat dan sukses juga, ya.

      Delete
  2. Dan tau apa yang lebih menyebalkan dari 'niat nulis setinggi angkasa tapi gak ada ide' ? Itu adalah, 'Ide menumpuk seperti gunung tapi males banget nulis'. Alhasil ide2 tadi cmn bisa dicatet doang, dan diimajinasikan tanpa ditulis hahaha T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kebalikannya, ya? Saya juga pernah begitu. Cuma nulis idenya aja sambil berimajinasi tanpa direalisasikan ke tulisan. Mungkin nanti saya akan buat tips agar tidak malas menulis :D

      Terima kasih sudah membaca dan berkenan meninggalkan komentar ^^

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)