Jadi, Furina itu Archon Hydro atau Bukan?

Sudah tiga minggu sejak update patch 4.2 tanggal 8 November 2023 lalu. Gimana? Furina sudah pulang belum? Atau di sini ada yang menyesal gacha Furina setelah mengerjakan archon quest? Hehe.

Kalau saya sih, tidak menyesal. Meskipun Furina baru pulang di pity 81, rate on TAT.

Nah, karena sudah tiga minggu sejak update archon quest terbaru Fontaine dan boleh dibilang ini adalah story bagian terakhir region Fontaine, sudah waktunya saya mau sedikit uneg-uneg, khususnya tentang Furina. Spoiler Alert ya, teman-teman.

Soalnya, saya greget banget lihat di sosial media baik di grup komunitasnya di facebook atau di komentar di beberapa video tiktok masih banyak yang bertanya-tanya...

Furina itu Archon Hydro atau Bukan?

Gemas sekali saya! Ini yang nanya belum ngerjain questnya, kelewatan detailnya, tidak menyimak, atau kang skip story? Kalau belum ngerjain quesnya saya maklum ya. Justru orang ini malah ter-spoiler. Nah, daripada saya greget sendiri, jadi saya tuliskan semua di sini. Jika ada kekurangan dari detail di bawah ini, boleh banget ditambahkan.


1. Focalors adalah Archon Hydro Sebenarnya

Setelah kematian Egeria, takhta archon hydro diteruskan oleh Focalors. Sebelum menjadi archon, Focalors awalnya adalah oceanid yang diubah menjadi manusia oleh Egeria. Buat yang belum tau, ramalan bencana Fontaine disebabkan oleh 'dosa' Egeria yang mengubah oceanid menjadi manusia.

Ketika Egeria mati dan takhta archon hydro pindah ke Focalors, maka 'dosa' Egeria dilanjutkan oleh Focalors dan ramalan tetap berlanjut. Untuk mengatasi ramalan itu, Focalors yang telah menjadi archon membagi dirinya menjadi dua.

Kekuasaan dan jiwanya sebagai  archon ditempatkan di Oratrice, yang selama ini kita ketahui sebagai mesin yang menentukan keputusan final dari sebuah sidang, sedangkan tubuh dan sisi manusianya diberikan nama Furina.


2. Tugas Furina dan Focalors

Focalors memisahkan dirinya bukan tanpa alasan. Hal ini dia lakukan demi mengatasi ramalan dan menyelamatkan warga Fontaine. Baik Focalors dan Furina punya tugas masing-masing. Tujuan utamanya sendiri adalah menipu Heavenly Principal / Prinsip Langit atau yang sering kita sebut Celestia. Sayangnya Furina sendiri tidak diberitahu rencana Focalors secara utuh.

Furina yang seorang manusia diminta oleh Focalors untuk berpura-pura menjadi archon hydro. Demi menipu Celestia, identitas asli Furina tidak boleh bocor. Rahasia ini berhasil disimpan rapat-rapat oleh Furina selama ratusan tahun. Bahkan seorang Neuvilette saja tidak tahu bahwa yang menemaninya selama 500 tahun ini adalah seorang manusia.

Sedangkan Focalors sendiri berada di dalam Oratrice, tugas dia adalah mengumpulkan keyakinan warga Fontaine (lupa istilahnya apa) di setiap sidang yang diselenggarakan di Opera Epiclese selama 500 tahun untuk membuat senjata eksekusi yang akan dia gunakan untuk dirinya sendiri demi menyelamatkan warga Fontaine :')

Fakta Focalors dan Furina banyak banget berkorban untuk Fontaine ini bikin sedih banget ๐Ÿ˜ฅ Furina mengorbankan kebebasannya karena harus bersandiwara menjadi archon hydro, sedangkan Focalors harus mengorbankan hidupnya demi keselamatan warga Fontaine dan agar kekuasaan atas elemen hydro kembali ke pemilik aslinya, yaitu Neuvilette sang Naga Hydro.


3. Furina adalah Manusia. Kok Tidak Bisa Mati?

Berperan jadi archon selama 500 tahun, alasan kenapa Furina tidak menua dan tidak bisa mati tidak lain dan tidak bukan karena kutukan yang diberikan Focalors. Selama Focalors masih hidup, begitu pula dengan Furina.

Sunggu tega Focalors. Kalau di storynya setelah menjelaskan betapa sempurnanya Furina bagi dia, and then, "So, I cursed her." X')

Jadi, karena sekarang Focalors sudah mati, Furina kembali menjadi manusia normal pada umumnya. Dia bisa menua dan bisa mati. Hal ini disampaikan oleh Focalors sendiri melalui sisa-sisa kekuatannya setelah dia dieksekusi.

Dengan kematian Focalors, maka tugas Furina untuk berakting sebagai archon hydro selesai setelah 500 tahun lamanya :') Tugas yang amat berat. Bahkan sepanjang menjalaninya, Furina nggak tau bakal butuh waktu sampai ratusan tahun.


4. Focalors dan Furina itu Sama atau Beda?

Jawabannya adalah tergantung. Agak ribet sebenarnya karena walaupun Furina itu juga bagian dari Focalors, tapi keduanya punya kesadaran yang berbeda. Focalors dengan kekuatan dewatanya, sedangkan Furina dengan kemanusiaannya.

Jadi, apakah mereka sama atau tidak itu tergantung perspektif orang masing-masing. Ada yang bilang sama aja, ada juga yang bilang beda.


5. Apakah Furina adalah Archon Hydro?

Archon nya yang kanan atau kiri, hayo? XD

Kalau pendapat saya pribadi, terlepas dari fakta Furina adalah seorang manusia, dia tetaplah memiliki jiwa seorang archon di dalam dirinya. Meskipun akting, nyatanya Furina telah memimpin Fontaine selama 500 tahun. Rakyat Fontaine juga sangat percaya dan menggemari Furina.

Belum lagi Furina tidak berpangku tangan dalam menghadapi ramalan itu. Dengan perannya sebagai pemimpin Fontaine, dia bisa memerintahkan orang-orang untuk menyelidiki ramalan tersebut. Dia berusaha mengatasi ramalan tersebut, meskipun dia manusia dan tidak mungkin menghentikan ramalan.

Benar-benar karakter manusia terkuat secara mental sejauh cerita Genshin Impact. Ya bayangkan aja seorang manusia biasa harus berpura-pura jadi archon selama 500 tahun dan tidak ada boleh ada yang tahu :')

Kita nggak jadi diri sendiri aja capek. Gimana Furina? Selama 500 tahun pula. Mau curhat ke orang lain pun nggak bisa karena Furina khawatir identitasnya ketahuan. Sehingga dia harus mengubur harapannya untuk punya teman curhat.

Fakta menyedihkan lainnya yang diungkapkan Furina adalah berpura-pura menjadi archon telah membuat Furina kehilangan dirinya sendiri :')

Oh ya, perlu kalian tahu walaupun Furina manusia, 4 archon region lain sangat respect kepada dia lho. Bahkan Zhongli dan Ei bilang bahwa Furina layak menjadi archon (bisa dilihat di voice over karakter Zhongli dan Raiden 'Tentang Furina'). Ya, layak sihh... kan dia sisi manusianya Focalors.

Tapi tetep respect juga sama Focalors juga yang sudah mengorbankan diri demi Fontaine. Apa banget sih Celestia mengubah oceanid jadi manusia dianggap dosa. Celestia siapa sih? Sok banget ngecap berdosa. Jadi makin penasaran sama rencana Tsaritsa.

*

Karakter Furina ini well-written banget sih. Mulanya saya kira kisah Nahida itu udah paling kasihan sebagai archon. Ternyata Furina lebih parah. Trus ngerjain story quest Furina asik banget. Karena bisa melihat sisi Furina yang sebenarnya, dimana dia tidak perlu berpura-pura lagi ^^

Furina sudah bebas. Dia tidak menanggung beban Fontaine lagi. Ramalan Fontaine telah dihapuskan dan semua warganya bisa menjadi manusia seutuhnya. Sekarang ini posisi archon hydro di Fontaine kosong, tapi kehidupannya tetap berjalan.

Semoga saja kedepannya si Celestia ini tidak berulah X')

Berharap hoyoverse bakal kasih story lagi untuk Furina. Baiklah, sekian tulisan tentang Furina dan juga Focalors. Terima kasih sudah membaca.


Pict source by Hoyolab and screenshot during quest.

Post a Comment

2 Comments

  1. Haha kena spoiler deh, udah ga update lagi sejak patch 4.0 baru clear story awal dan sidequest. Ga dilanjut soalnya ruang memory hape kritis.

    Pensiun dulu nunggu masuk Snezhnaya atau reveal kalau Tsaritsa itu Bronya expy. Motif dia ngelawan Celestia mungkin balas dendam Egeria (yg kalau diliat2 kayaknya Seele expy).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga pas udah balik main lagi tidak mengurangi feel waktu ngerjain questnya ya :')

      Makin ke sini Genshin emang nguras memori banget. Device saya juga udah ketar-ketir. Tinggal nunggu aja sampe bener-bener pensi juga. Dan smoga bisa balik buat liat kelanjutan storynya.

      Iyaa bener. Sedih banget Egeria dianggap berdosa dan itu berimbas ke rakyatnya juga. Focalors sang penerus udah pasti hate banget sampe mereka.

      Melihat archon2 sblmnya pada setuju ngasih Gnosis mereka itu kayak bukti kalau para archon juga nggak suka sama Celestia. Apalagi Zhongli yg notaben archon tertua dan dewa kontrak. Sekelas Zhongli aja mau menyerahkan Gnosisnya buat Tsaritsa.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)