[Book Review] Pulang by Tere Liye

Informasi Buku 

Judul: Pulang
Penulis: Tere Liye
No. ISBN: 978-623-95545-0-7
Editor: Diana Hayati
Desain Cover: Resoluzy
Penerbit: Sabak Grip Nusantara
Jumlah Halaman: 395 hlm.
Kategori: Action
My Rated: 4/5🌟

Blurb

Sebuah kisah tentang perjalanan pulang.

Melalui pertarungan demi pertarungan.

Kesedihan demi kesedihan.

Untuk memeluk erat semua kebencian dan rasa sakit.

Untuk membuka rahasia masa lalu.

Pun menatap masa depan.

Pulang.

Review

Novel ini dibeli sejak awal 2021 dan baru dibaca di tahun 2023. 

Satu kata.

Parah 😂 

Tapi yang penting dibaca, kan? Dan novel Pulang ini adalah karya Tere Liye yang pertama kali aku baca.

Kalau dilihat dari judul yang mellow, cover yang tampak syahdu, ditambah blurb yang agak puitis, first impressionku terhadap buku ini adalah kisah romance mellow drama yang menye-menye.

Makanya tiap ada niatan baca novel Tere Liye selalu ragu buat beli. Karena aku bukan tipe yang suka cerita romance drama, tapi penasaran karena karya bang Tere selalu masuk jajaran best seller di toko buku.

Tapi ternyata dugaanku salah 😃

Siapa sangka novel ini bergenre action? 😭 Ada adegan pertempuran, penembakan, pengeboman, kematian, pengkhianatan, unsur-unsur dunia hitam, bisnis ilegal, pokoknya dunia mafia gitu.

Pulang bercerita tentang Bujang, seorang laki-laki dari pedalaman rimba Sumatra yang diangkat jadi seorang anak oleh Tauke Besar Keluarga Tong. Hidupnya berubah 180 derajat dari seorang anak pedalaman yang tidak mengenal dunia luar, menjadi seorang jenius terutama dalam menghadapi konflik dunia hitam.

Novel Pulang entah kenapa berhasil mencuri perhatianku dari bab pertama dan sangat page turner. Nggak ada rasa bosan. Semakin ke belakang semakin seru. Apalagi dipadukan dengan alur maju-mundur membuat pembaca semakin mengenal dan mendalami karakter Bujang.

Karena ini novel serial, kelihatan banget buku pertamanya ini lebih menitikberatkan pengenalan, seperti novel serial pada umumnya. Tentang perjalanan Bujang, Keluarga Tong, problema kedua orang tua Bujang, hingga masalah internal pada diri Bujang sendiri. Jadi, klimaksnya malah baru tampak menjelang akhir.

Tapi seperti yang kubilang di awal. Ceritanya sama sekali tidak membosankan. Mungkin karena gaya menulis Tere Liye juga yang enak untuk diikuti dan membuat pembaca jadi terhanyut di dalamnya.

Selain Bujang, tokoh-tokoh pendukung lain juga terasa banget pengaruhnya di sepanjang cerita. Bukan yang cuma sekedar lewat sebagai pelengkap. Terutama Tauke Besar dan Kopong yang lebih banyak berkontribusi untuk Bujang 😭👍❤

Pokoknya Pulang menghadirkan action yang seru, menegangkan, dan juga emosionalnya dapet. Jujur aja, ada bagian yang berhasil bikin aku nangis karena terlalu emosional (buatku) atau aku yang terlalu baper? 😭

Hidup ini adalah perjalanan panjang, dan tidak selalu mulus. Pada hari keberapa, pada jam keberapa, kita tidak pernah tahu, rasa sakit apa yang harus kita lalui.

Untuk akhirnya sendiri menghadirkan plot twist yang juga cukup mengejutkan. Walau sebenarnya klise, tapi eksekusinya oke. Ditambah momen pertempuran intens di akhir terasa makin nambah adrenalin membaca biar cepat habis.

Dan tidak lupa juga dengan pesan dari novel ini sendiri. Ya, dari judulnya Pulang itu sangat bermakna dalam kehidupan kita. Dan tentunya akan lebih bisa kamu pahami jika membaca novelnya juga.

Atau... kamu sudah baca karena memang aku yang ketinggalan (banget) untuk baca buku Tere Liye? :')

Overall, Pulang ini seru pokoknya! Pada saat menulis reviu ini, aku sudah melewati setengah dari buku kedua (berjudul Pergi) yang ternyata jauh lebih seru lagi.

Aku akan kembali lagi untuk mengulas buku ke-2 nya nanti.

Sekian review dariku dan terima kasih sudah membaca ^^

Post a Comment

0 Comments