Aku di Semester 6 dan Jurusan Akuntansi

debatewise.org

Hmm... udah lama nih nggak Random Talk. Terakhir kali nulis segmen Random Talk itu Oktober 2020 lalu mengenai masalah kuliah. Kamu bisa baca tulisannya di sini. Postingan kali ini aku mau bahas soal kuliah (lagi).

Jadi, perkuliahanku sudah dimulai sejak minggu lalu. Tepatnya tanggal 1 Maret 2021. Kuliahnya masih online dong. Rasanya ingin menangis! Gimanapun juga, kuliah tatap muka itu jauh lebih efektif. Apalagi semester 6 ini mata kuliahnya makin tidak bersahabat 😥

Semester Enam.

Jurusan Akuntansi.

Kuliah Online.

Kelas Sore.

Mantul sekaliii.

Seminggu sebelum kuliah, aku bahkan sudah stress duluan karena mata kuliah semester ini padat. Ada 23 SKS dengan 8 mata kuliah! Parahnya lagi, matkul Metodologi Riset dan Magang ada di semester ini. Jadi, selain harus fokus menulis laporan untuk mata kuliah magang, aku juga harus fokus pada Metodologi Riset karena mata kuliah inilah yang akan membantuku mengerjakan tugas akhir.

UAS Metodologi Riset malah proposal lho. Duh, bikin tambah galau saja. Belum lagi di pertemuan pertama mata kuliah Audit Manajemen Mutu udah dikasih tugas membuat paper ilmiah.

Tapi... namanya juga hidup. Pasti ada aja tantangannya. Sering kali rasa ingin give up itu muncul. Aku bahkan hampir nyerah di semester 5 lalu gara-gara tugas yang super padat waktu itu. Sangking banyaknya tuh sampe bingung mau ngerjain apa dulu.

Belum lagi dipusingkan dengan matkul Akuntansi Lanjutan mengenai Konsolidasi yang bikin tambah mual haha. Di semester ini naik level ke Akuntansi Lanjutan 2. Mimpi buruk; karena konsolidasi belum usai juga wkwk.

Yah, meski begitu aku tahu kalau aku harus bisa melewatinya. Lagipula aku sudah memutuskan untuk kuliah, yang berarti: berani memulai, berani menyelesaikan. Jangan berhenti, apalagi berbalik. Aku harus menyelesaikan studi ini. Terlebih kuliahnya bayar sendiri.

Ketika rasa ingin menyerah datang, aku sering mengingatkan diriku sendiri bahwa selama ini aku sudah berjuang demi bisa kuliah. Bukankah akan sia-sia jika aku berhenti di tengah jalan? Padahal sudah banyak hal yang dikorbankan.

Seperti kata dosen Audit Internalku: Kalau sudah basah di Akuntansi, jangan nanggung-nanggung berenang sepinggang. Tenggelam saja sekalian!

Sejauh minggu kedua kuliah, aku masih baik-baik aja. Semoga ke depannya juga tetap baik dan bisa melewati semester ini dengan lancar bersama teman-teman. Doa yang terbaik buat diriku dan teman-teman seperjuangan, deh! 😄

Buat yang masih kuliah juga, semoga perkuliahan kita diberi kemudahan dan kelancaran. Usaha maksimal yang disertai doa tidak akan mengkhianati hasil 😊

Semangat kuliah online-nya walau susah!

Post a Comment

0 Comments