[Book Review] Gemina #Illuminae Files 2 by Amie Kaufman & Jay Kristoff

Informasi Buku

Judul: Gemina
Series: The Illuminae Files 02
Penulis: Amie Kaufman & Jay Kristoff
No. ISBN: 978-602-6682-41-3
Penerjemah: Brigida Ruri
Pemeriksa Bahasa: Orinthia Lee
Penyunting: Mery Riansyah
Penyelaras Aksara: Selsa Chintya
Penata Letak: Hazami Nurfadia
Penata Sampul: @teguhra
Penerbit: Spring
Tanggal Terbit: Cetakan Pertama, Maret 2019
Kategori: Sci-Fi, Action


Blurb

Hannah Donnelly, putri kapten Stasiun Portal Heimdall. Nik, putra dari keluarga kriminal.

Terjadi malfungsi di lubang cacing Heimdall. Tak lama, sepasukan penyerang menyerbu Stasiun Heimdall. Hanna dan Nik terpaksa bekerja sama demi menyelamatkan rumah mereka. Akan tetapi, satu persatu masalah muncul silih berganti, dan para penyerang semakin brutal.

Namun, Hanna dan Nik bukan hanya bertarung demi hidup mereka sendiri. Mereka bertarung demi mereka yang ada di Heimdall, Hypatia, dan bahkan mungkin semesta...

Bagaimana takdir mereka di tengah perang antariksa ini?

Review

Dokumen Pribadi

Gemas karena sering kali menunda baca buku ini. Kenapa pula saya bela-belain ikut PO, tapi ujung-ujungnya malah molor baca. But, it's okay. Yang penting saya bisa menikmati keindahan wajah Nik lewat bookmark. Bookmark ini menggambarkan sosok Nik dan Ella. Sedih karena nggak dapat bookmarknya Hanna 😭

Setting di Gemina tidak lagi di Hypatia, tapi waktunya tepat beberapa menit setelah ending Illuminae, di mana mereka akan pergi ke Heimdall. Jadi, yap! Kali ini kita berpetualang di Stasiun Portal Heimdall.

Selamat Datang di Heimdall!

Jika sebelumnya kita berperang bersama Kady dan Ezra, di Gemina kita akan berjuang bersama tiga jagoan kece yang bernama Hanna Donnelly, Niklas Malikov, dan Ella Malikova. Mari kita move on sebentar dari Ezra, Kady dan AIDAN.

Baca juga: [Book Review] Illuminae #Illuminae Files 1 by Amie Kaufman & Jay Kristoff 

Sedikit cerita lagi, sebenarnya penantian Gemina lumayan lama. Butuh kesabaran. Apalah daya diri ini yang bahasa Inggrisnya minim, dan kalau beli versi inggris harganya luar biasa bikin dompet langsung kering kerontang. Jadi, akhirnya memutuskan untuk sabar menunggu selama kurang lebih dari satu tahun.

Tidak apa-apa. Karena penantian panjang ini terbayarkan oleh kisah Gemina yang luar biasa mengagumkan.

Akibat kegagalan serangan di Kerenza, dan Lincoln yang juga gagal membunuh warga Kerenza yang selamat, Direktur Forbisher melakukan rencana lain, yaitu dengan menginvasi Stasiun Heimdal, kemudian memanfaatkan wormhole (lubang cacing) untuk kembali memusnahkan Hypatia berserta orang-orang di dalamnya.

Direktur BeiTech ini memang terlalu ah.

Kalau di Illuminae kita dihadapkan dengan pertarungan antariksa dan kejar-kejaran pesawat mirip Star Wars, di Heimdall kita akan menghadapi tim penyerbu BeiTech yang profesional. Gemina lebih banyak memberikan adegan baku hantam dan adu tembak. Actionnya berasa banget.

Hanna Donnelly adalah putri Komando Stasiun Heimdall. Dia dibesarkan oleh ayahnya dengan cara mempelajari banyak strategi perang dan ahli dalam bela diri. Hanna ini keren banget deh. Badass. Makanya saya sedih nggak dapet bookmark dia. Sedangkan Nik adalah putra dari keluarga kriminal. Lalu Ella Malikova adalah sepupu Nik yang juga seorang Hacker, sama seperti Kady.

Ketika Heimdall diinvasi, untunglah mereka bertiga berada di lokasi yang aman sehingga mereka tidak terbunuh. Namun, Hanna tidak bisa diam. Heimdall adalah rumahnya dan berarti dia harus membersihkannya dari tangan kotor pasukan penjahat yang telah membunuh banyak orang. Pada saat inilah Hanna menggunakan segala macam ilmu perang yang telah diajarkan ayahnya untuk mengalahkan para penyerbu. Hanna keren banget, deh.

Jujur saja, kalau ditanya mana yang lebih bagus antara Illuminae dan Gemina, saya lebih pilih Gemina. Illuminae tidak kalah menegangkan, tapi menurutku konflik di Gemina lebih kompleks. Perasaanku dipermainkan oleh duo penulis kece ini. Bagian chatting bikin ngakak, nggak lama disuguhi adegan yang bikin baper, tak lama ditimpuk adegan bikin senyum, lalu dihantam adegan menyakitkan. Kejam nggak sih penulisnya? Haha 😂

Awalnya saya kira permasalahan di Gemina hanya sebatas Hanna, Nik, dan Ella yang mengusir tim penyerbu dan melakukan penyelamatan. Bagaimana pun saya tertipu dengan plot twist di Illuminae, dan saya yakin banget duo penulis ini akan menyuguhi adegan mengejutkan. Hasilnya...


OMG! THE PLOT TWIST ALMOST KILL ME. Lebih parah dari Illuminae. Aku nyaris teriak-teriak karena plot twistnya EDAN. Tapi beneran deh ini keren banget. Rasanya kayak terbang (?). Jadi paham juga mengapa novel ini diberi judul Gemina.

Konfliknya bukan hanya sebatas menghadapi pasukan penyerbu profesional, melainkan juga menghadapi makhluk berbahaya, semacam parasit. Nggak kalah sadis dari zombie yang menginvasi Alexander.

Masih sama seperti Illuminae, Gemina juga diceritakan lewat berbagai macam dokumen, seperti email, transkrip, transmisi, laporan, catatan, poster, jurnal, dan masih banyak lagi. Dan... seseorang yang menggambar ilustrasi jurnal adalah Marie Lu, penulis best seller dari trilogi Legend dan Young Elites. Pasti kenal, kan? Saya suka banget gambarnya yang lucu.

Saya juga suka karakteristik ketiga jagoan di Gemina. Apalagi Nik. Ya ampun... masa lalunya itu lho. Udah gitu dia bucin banget sama Hanna. Rela lakuin apa aja demi Yang Mulia. Di mana bisa dapet cowok kayak gini di dunia ini? Masa lalu Ella juga mengharukan. Karena itu membaca Gemina nggak ada bosannya.

Untuk kamu yang bertanya-tanya apakah AIDAN, Kady, dan Ezra bakal muncul? Jawabannya adalah iya. Mereka muncul. Karena Heimdall dan Kerenza harus bekerja sama demi memenangi perang melawan BeiTech.

Endingnya... sungguh terlalu. Menurut saya nggak gitu gantung, sih. Tapi tetap saja saya mau segera baca buku ketiganya. Sayangnya belum dirilis di Indonesia dan lagi-lagi harus menunggu. So, keep calm and waiting for Obdisian.

Saya berikan 5/5🌟 untuk Gemina.

Saya merekomendasikan novel ini untuk kamu. Meskipun kamu belum pernah mencicipi genre Sci-fi, cobalah baca series Illuminae Files. Karena formatnya yang unik, saya jamin kamu nggak akan bosan 😁

Post a Comment

2 Comments

  1. Harus baca yg illuminae juga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku iya, harus baca Illuminae dulu ya. Walau tokoh utama di Gemina lebih terarah ke Nik dan Hanna, tapi Kady dan Ezra (tokoh utama dari Illuminae) juga berperan di sini. Saranku, sblm baca Gemina lebih baik baca Illuminae dulu yaa.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)