[Book Review] Illuminae Files #01 - Amie Kaufman & Jay Kristoff


Informasi Buku

Judul: Illuminae - The Illuminae Files #01
No. ISBN: 978-602-668-209-3
Penulis: Amie Kaufman & Jay Kristoff
Penerjemah: Brigida Ruri
Penerbit: Spring
Tanggal Terbit: Cetakan Pertama, November 2017
Jumlah Halaman: 576
Kategori: Fiksi, Young Adult, Sci-fi
My Rated: 4.5/5🌟


Blurb


Pagi ini, Kady kira putus dengan Ezra adalah keputusan terberat yang pernah gadis itu buat. Siang harinya, planetnya diserang.

Sekarang tahun 2575. Ketika musuh menembaki mereka dari udara, Kady dan Ezra--yang sudah tidak berbicara satu sama lain lagi--terpaksa harus memperjuangkan jalan mereka menuju pesawat evakuasi.

Namun, pesawat tempur musuh yang memburu bukanlah masalah terbesar. ................  mematikan menyebar. Belum lagi AI pesawat evakuasi yang seharusnya melindungi mereka bisa saja menjadi musuh. Tidak ada seorang pun dari pihak berwenang yang mau memberitahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Saat Kady mulai mencari tahu dengan meretas timbunan data, gadis itu sadar, satu-satunya orang yang mungkin bisa membantunya adalah Ezra. Padahal Kady bersumpah tidak akan berhubungan lagi dengan Ezra, mantan pacarnya itu.

Catatan singkat:
Buku ini diceritakan dalam bentuk hasil sadap dokumen, termasuk E-mail, skema, dokumen militer, pesan pribadi, laporan medis, wawancara, dan lain-lain. 


Review


Kisah Illuminae dimulai ketika Kady Grant memutuskan pacarnya (Ezra Mason) tanpa alasan yang jelas di suatu pagi yang tentram dan damai. Tak berlangsung lama, siang harinya planet mereka (Kerenza) diserang oleh pesawat tempur antariksa Beitech.

Kady secepat mungkin menyelamatkan dirinya menuju tempat evakuasi. Tak disangka dalam perjalanannya dia bertemu sang mantan. Iya, Ezra Mason yang baru aja Kady putuskan beberapa jam lalu. Karena berada di bawah hujan rudal yang meledak-ledak, mereka pun 'terpaksa' bekerja sama untuk sampai ke tempat evakuasi.

Setelah sampai di sana, Kady dan Ezra ditempatkan di pesawat yang berbeda. Kady di pesawat sains Hypatia dan Ezra di pesawat tempur Alexander.

Kemudian apa? Sudah selesai?

Yah, sayangnya nggak semudah itu.

Mereka masih harus melarikan diri dari kejaran pesawat yang menghancurkan planet mereka. Jadi, mereka harus pergi ke tempat lain untuk mencari pertolongan sekaligus tempat berlindung.

Kerenza membawa tiga pesawat untuk mengangkut seluruh korban yang selamat. Pesawat Coopernicus, pesawat sains Hypatia, dan terakhir adalah pesawat pelindung mereka, pesawat tempur Alexander.

Selama perjalanan menuju tempat evakuasi, semua orang takut. Takut akan pengejaran pesawat Beitech yang akan membunuh mereka semua. Termasuk tokoh utama kita, Kady Grant, yang tiba-tiba kangen sama mantannya di Alexander, cieee.

Awalnya semuanya berjalan normal di pesawat. Orang-orang tinggal di dalam pesawat dengan penanganan agar mereka tidak terlalu khawatir atau takut pasca penyerangan Kerenza. Sampai suatu kali Kady sadar kalau ada yang nggak beres di antara awak pesawat dan militer. Terlebih pihak militer menyembunyikannya. Dari situlah... Kady Grant beraksi.

Pertama, yang perlu kalian ketahui adalah tokoh utama di novel ini luar biasa keren!

Kady Grant adalah cewek berambut pendek merah muda (Kalian nggak salah baca, rambut Kady memang warna pink terang) dan dia adalah seorang HACKER handal. Jadi, ketika dia tahu ada yang tidak beres, segala macam dokumen dia retas demi memperoleh informasi. Sedangkan Ezra Mason adalah seorang pilot pesawat tempur, yang tak kalah keren juga. Pokoknya Ezra itu keren, tinggi, cakep, ganteng, dan keren banget. Eh, kerennya udah dua kali disebut, ya?

Inilah ilustrasi Kady dan Ezra yang dibuat Penerbit Spring

Tapi dari dua tokoh itu, ada satu karakter yang amat sangat menarik perhatianku. Bisa dibilang favoritku. Dia adalah AIDAN. Tapi kita akan bahas di bawah.

Uniknya, kisah Illuminae tidak disajikan seperti novel pada umumnya yang berparagraf banyak dalam puluhan bab. Tetapi dikisahkan lewat berbagai macam dokumen, transkrip, wawancara, laporan kesehatan, poster hingga dokumen militer yang bersifat rahasia. Inilah salah satu faktor yang membuat Illuminae 'berbeda' dari novel lainnya.

Mungkin kalian berpikir, "Jadi, Illuminae itu isinya cuma dokumen-dokumen doang? Emang bisa ngerti jalan ceritanya?"

Bisa banget! 

Jujur saja, awalnya saya ragu untuk membeli novel ini. Bagaimana bisa membaca novel yang di dalamnya hanya bertuliskan berbagai macam dokumen, gambar dan laporan? Apakah saya benar-benar bisa memahami isi ceritanya? Terlebih harganya yang lumayan. Sayang sekali kalau sampai ceritanya mengecewakan sedangkan isinya tidak sesuai ekspetasi. Kemudian saya coba membaca review bukunya di goodreads. Karena saya cukup penasaran, akhirnya saya beli.

Setelah membaca novel ini, SAYA NYESEL. NYESEL KENAPA WAKTU ITU NGGAK IKUT PRE-ORDERNYA YANG NGASIH BONUS BOOKMARK BERGAMBAR KADY DAN EZRA?! 

Membaca Illuminae akan memberikan kalian pengalaman membaca yang berbeda! Saya pun merasa jadi orang yang juga turun tangan membaca semua dokumen-dokumen itu. Melihat perjuangan Kady dan Ezra yang begitu manis dan mengharukan 😭

Dan kolaborasi kedua penulis sungguh luar biasa. Demi apa pun Illuminae itu greget banget! Aku sampai dibuat menjerit, "WHAAAT??!! JADI SEBENARNYA....." Yah, pokoknya begitu. Bersiaplah diaduk-aduk dengan perasaan manis, lucu, sedih, dan menegangkan.

INTINYA... Illuminae bercerita tentang.... invasi planet, perjalanan evakuasi yang berbahaya, perang antar pesawat galaksi, komputer kecerdasan buatan yang gila dan zombie.

Kenapa ada zombie?

Makanya kalian harus baca Illuminae 😀

Hal favorit yang kusebutkan di atas adalah AIDAN. Sebenarnya dia tidak bisa disebutkan sebagai tokoh, tapi dia memiliki peran penting di sini. Untuk kalian yang belum tau apa itu AIDAN, AIDAN adalah singkatan dari Artificial Intelligence Defense Analytics Network. Jadi, itu bukan sebuah nama ya.

Kenapa saya suka banget sama AIDAN? Yah, karena dia itu baik, tapi jahat. Dia jahat, tapi juga baik.

Bingung? Sama, saya juga  😂

Di sini AIDAN disebut sebagai komputer kecerdasan buatan yang gila. Kenapa gila? Well, karena kondisinya saat itu sedang eror. Tugas AIDAN hanya satu, yaitu melindungi pesawat. Silakan kau bayangkan dirimu sedang di pesawat tempur, AIDAN yang seharusnya melindungi pesawatmu bisa saja meledakkanmu bersama pesawat kapan saja. Menegangkan, kan? Selain bisa tewas oleh tembakan pesawat Beitech, warga Kerenza juga bisa tewas oleh pesawatnya sendiri.

Omong-omong, saya nge-ship banget sama tokoh utama Illuminae. Kady dan Ezra. Jadi, sepanjang novel ini aku suka banget baca chatingan mereka 😍 Seperti yang kubilang, Kady dan Ezra berada di pesawat yang berbeda. Karena Kady seorang hacker, dia bisa meretas sistem pesawat Alexander cuma buat chatingan sama Ezra 💖 So sweet nggak sih? Padahal udah putus. Statusnya mantan pacar. Tapi masih... sayang /eaaa.

Em... yang kutulis di atas bukan spoiler ya. Itu hanya dasarnya saja dan semoga tulisanku bikin kalian tertarik baca buku ini juga. Aku berani jamin kalian nggak bakalan nyesel.

Rate for Illuminae yang keren: 🌟🌟🌟🌟 (4.5/5)

Sebenarnya saya mau memberikan 5 bintang. Hanya saja kertas yang digunakan novel Illuminae tidak begitu sesuai dengan format di dalamnya. Harapan saya, semoga lanjutan novel ini (Gemina) menggunakan kertas yang kualitasnya jauh lebih baik lagi. Karena kisahnya seru, saya sudah pasti akan beli lanjutannya.



Untuk kalian yang sudah baca buku ini, bagian mana yang jadi favoritmu? Mari berbagi cerita di kolom komentar 😀

Post a Comment

4 Comments

  1. Hebat orang yang suka bedah buku. Bukan hanya isi, namun gaya bahasanya pun dicermati. Buku setebal apapun dijabanin untuk dibaca. Salam kenal ya, namaku walidin dan jangan sungkan main ke blogku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang malah ada tipe pembaca yang lebih mendalami lagi isinya :) Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Saya akan mampir ke blogmu.

      Delete
  2. kan...kan... jd pengen beli, knp wktu itu msti ke selip judul yg lain sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di list dulu yaa yang mana yg mau dibeli duluan dengan yang mau dibeli nanti :(

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)