[Review] Main Honkai Star Rail di HP Samsung Galaxy A50

Sudah kenalan belum nih sama adiknya Genshin Impact? Akhirnya, Genshin Impact bukan anak bontot Hoyoverse lagi. Yuk, kenalan dulu dengan game yang satu ini!

Honkai Star Rail (biasa disingkat HSR) adalah game RPG terbaru buatan Hoyoverse yang dirilis pada tanggal 26 April 2023. Mengambil tema fantasi luar angkasa, para pemain akan dibawa berpetualang antar galaksi untuk memecahkan misteri dan menyelamatkan dunia.

Kamu sudah coba main gamenya? Atau sudah pernah coba main di closed beta duluan?

Di tulisan kali ini saya mau sedikit mengulas gamenya sendiri dan kasih impresi pertama selama 2 minggu bermain Hokai Star Rail. Terutama saya memainkannya di device Samsung Galaxy A50, yang sebenarnya boleh dibilang hp kentang untuk memainkan game ini 😂

Tapi memangnya Samsung Galaxy A50 bermodalkan chipset Exynos 9610 bisa memainkan game ini? Jawabannya... BISA. Namun ada tapi-nya... Yuk, kita ulas satu-satu.

1. Grafik Game

Dari segi grafik Honkai Impact 3 aja udah bagus. Gimana Honkai Star Rail yang benar-benar masih baru? Pasti sudah banyak improve. Pertama kali bermain Genshin Impact saya selalu terpana dengan keindahan Teyvat. Belum lagi di tiap cutscene animasinya nggak main-main. Orang yang tidak tau Genshin Impact malah pernah tanya, "Nonton anime/film apa?" padahal cutscene game.

Honkai Star Rail dibuka dengan cutscene invasi Legion di sebuah stasiun pesawat antariksa. Adegan pembukanya sih lancar jaya di HP Samsung Galaxy A50 saya. Hingga membuat saya mengira kedepannya akan terus lancar. Ternyata saya salah. Di adegan full fighting yang memang grafiknya bukan main, hp saya langsung macet dengan suara putus-putus.

Bahkan, adik saya yang menggunakan device Poco M3 Pro 5G yang selalu lancar main Genshin pun bilang walaupun adegan cutscene lancar di gawainya, suaranya masih terdengar agak patah-patah.

Tapi untuk gameplay sendiri lancar kok. Bahkan untuk ultimate karakter yang ada animasinya. Cuma... memang kalau HP sudah mulai panas, tiap ultimate agak-agak nge-frame

Di bawah ini adalah pilihan grafik yang ada di HSR. Untuk hp saya sendiri pakai grafik rendah saja sudah bagus.

Yah beginilah, definisi maksa main HSR 🙈 padahal Hoyoverse sendiri pernah memberikan spesifikasi rekomendasi untuk memainkan game satu ini di pengumuman Pra-Unduh. Berikut saya taruh spesifikasi rekomendasi yang Hoyoverse pernah tuliskan untuk bermain Honkai Star Rail.

kiri direkomendasikan, kanan minimum

Intinya, kalau ragu main HSR karena merasa hp kamu nggak bisa main gamenya, coba kamu cek apakah hp kamu masuk kriteria di atas? Kalau masuk, bisa. Tapi kalau masih nggak tau juga. Kamu bisa cek, apakah spesifikasi perangkat kamu di atas hpku. Kalau di atasku, berarti bisa juga 😀

2. Mode Game

Sebelum game ini rilis, sudah banyak yang bilang kalau HSR adalah game ngantuk. Hal ini dikarenakan gameplay HSR berbasis turn-based atau giliran yang berarti dalam pertarungan antara party kamu dan musuh akan melakukan serangan secara bergilir.

Buat yang suka permainan strategi bakal cocok banget sama game ini. Pasalnya musuh di HSR tidak semudah itu dikalahkan.

Jika karakter kita cuma punya satu bar HP (health point), musuh punya dua bar, yaitu health point dan break point. Di mana untuk mengalahkan musuh lebih cepat, kita harus hancurkan dulu break pointnya sesuai dengan kelemahan / weakness musuh.

Jadi wajib banget memperhatikan poin-poin seperti: weakness musuh, element karakter party kita apakah sudah sesuai, dan apakah role (di HSR disebut Path) juga sudah sesuai untuk menyerang dan bertahan.

Well, seru sih. First time lawan automaton Svarog ntah saya ngulang berapa kali karena robot satu ini serangannya brutal. Di saat karakter saya cuma nyerang satu-satu, dia kalau nyerang bisa langsung bantai satu party :')

3. Story

Inilah salah satu alasan saya mau main HSR dan masih bermain Genshin Impact sampai sekarang. Padahal kalau cuma eksplor, habisin resin, ngerjain misi, bakal bosan banget. Tapi story dari tiap game hoyoverse selalu dinanti. Memang selain jual karakter dari top up untuk gacha, ceritanya yang bagus juga jadi nilai jual.

Saya nggak main Honkai Impact 3, tapi kata teman yang bermain HI3, story yang disajikan Hoyoverse memang bagus-bagus. Urusan story tidak perlu ditanya pokoknya.

Termasuk HSR ini juga. Saat ini saya sudah di level 28 dan baru menamatkan Arc pertama di planet Jarilo-VI. Kalau dibandingkan dengan Genshin Impact ya nggak terlalu beda jauh ya.

Kalau di Genshin kita datang ke suatu region, bantu permasalahan di sana, cari infomasi tentang saudara kembar, lalu udahan dan lanjut ke region berikutnya. Nah, kalau HSR di arc pertama... datang ke planet Jarilo-VI karena Stellaron (disebut juga seperti kanker dunia yang dianggap membawa kehancuran), selesaikan masalah Stellaron, lalu lanjut ke pemberhentian berikutnya.

Namun yang menjadi daya tarik adalah... katanya Stellaron itu kanker dunia, tapi main character kita sendiri adalah wadah stellaron yang dimasukan oleh Kafka. Hm... jadi makin penasaran.

4. Karakter dan Sistem Gacha

Aduh, ini sih... nggak usah ditanya ya. Hoyoverse kalau bikin waifu dan husbu selalu memanjakan mara. Walau katanya ada beberapa karakter Honkai Impact 3 yang dibawa ke HSR ini, tapi ya suka-suka developnya aja.

Sangking cakepnya desain karakter di game ini, player pun rela speedrun demi mengumpulkan stellar jade / ticket untuk gacha. Yang whaler atau sultan pun pasti rela merogoh kocek demi memulangkan karakter favorit.

Saya sendiri juga suka desain karakternya. Baik yang laki-laki atau perempuan. Btw, saat ini saya sedang menabung stellar jade untuk memulangkan Jing Yuan di banner phase 2 nanti.

Mau Genshin atau HSR, husbu adalah prioritas!

Sistem gacha Honkai Star Rail tidak beda jauh dengan Genshin Impact. Untuk memulangkan karakter bintang 5, maksimal 90 kali pull serta ada rate on dan rate offnya. Kalau kamu tidak mendapatkan karakter 5🌟 di banner event, maka next 5 kamu dijamin akan dapat yang di banner.

5. Musik

Hoyo-mix selaku studio musik dari Hoyoverse sejauh ini nggak pernah gagal bikin takjub dengan semua lagu-lagunya. Bahkan trailer HSR yang diiringi lagu berjudul Interstellar Journey juga bagus.

Di dalam gamenya, musik tiap wilayah disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan yang menjadi favorit saya pada saat battle dengan Cocolia. Seriusan, battle music nya enak banget. Direkomendasikan mainnya pakai earphone atau headphone ya. Wah, bombastis musiknya.

*

Secara keseluruhan game ini oke dan seru. Cukup penasaran juga dengan story nya. Kalau hp saya masih kuat, mungkin saya akan teruskan untuk bermain dan melihat perkembangannya ke depan. Harapannya semoga di tahun ini atau tahun depan bisa ganti device demi pengalaman dan kenyamanan yang lebih baik 😊✌

Buat kamu yang sudah main Honkai Star Rail juga, gimana pendapatnya? Boleh banget tulis di kolom komentar.

All pictures source by Hoyolab and Game

Post a Comment

0 Comments