[Book Review] Lockwood & Co. #1 The Screaming Staircase by Jonathan Stroud

Informasi Buku

Series: Lockwood & Co.
Judul: The Screaming Staircase
Penulis: Jonathan Stroud
No. ISBN: 978-602-03-3420-2
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Editor: Barokah Ruziati
Desainer Sampul: Martin Dima
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Tanggal Terbit: Cetakan Ketiga, September 2017
Jumlah Halaman: 424 hlm.
Kategori: Supernatural, Mystery, Thriller
My Rated: 4.2/5🌟

Blurb

Setelah gelap, bunyikan lonceng dan tunggu di luar garis besi.

Selama lima puluh tahun lebih, wabah hantu menyerang Inggris. Lucy Carlyle, penyelidik paranormal yang masih muda, menginginkan karier cemerlang. Namun, kenyataannya ia bergabung dengan agensi pembasmi hantu paling kecil, paling kumuh di London, dipimpin Anthony Lockwood yang karismatis.

Ketika salah satu kasus mereka berakhir dengan kekacauan fatal, Lockwood & Co. memiliki peluang untuk memperbaiki keadaan. Sayangnya, itu berarti mereka harus menginap di rumah paling berhantu di Inggris.

Review

Alih-alih saat ini dunia sedang menghadapi wabah COVID-19, Lockwood & Co. bercerita tentang wabah hantu yang kemunculannya belum diketahui penyebabnya. Kisahnya mengambil latar di London, Inggris.

Sudah 50 tahun lebih wabah hantu melanda Inggris, menjadikan profesi paranormal cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak Agensi Investigasi Psikis di Inggris, termasuk Lockwood & Co.

Dengan sangat terpaksa, karena telah ditolak berkali-kali di agensi besar London, Lucy Carlyle mau-tak mau mengikuti wawancara di Lockwood & Co. yang tengah membuka lowongan pekerjaan.

Apa menariknya Lockwood & Co.? Agensi kecil dan kumuh yang hanya beranggotakan tiga orang (jika Lucy dihitung), dipimpin Anthony Lockwood yang karismatis bersama wakilnya George Cubbins yang hobi makan.

Saya membaca novel ini berkat teracuni oleh teman bookstagram 😅 tapi terima kasih banget, lho. Karena saya suka ceritanya 😍. Walaupun sebenarnya ketinggalan banget baru baca dan review buku ini di tahun 2020.

Omong-omong saya suka covernya. Depannya terlihat biasa aja, namun siapa sangka begitu dibuka covernya, kita akan melihat sosok ini.


The Screaming Staircase dibuka dengan sebuah kasus di mana Lockwood dan Lucy harus menyelidiki sebuah rumah yang diduga berhantu karena menewaskan salah satu anggota keluarga dalam rumah itu.

Pembukaan yang cukup menjanjikan karena langsung disuguhi kasus dan dihadapkan dengan berbagai istilah, serta cara-cara menangani hantu.

Nah, bagi kamu yang juga baru mau baca, kamu tidak perlu khawatir dengan macam-macam istilah ini karena semua penjelasannya ada di glosarium. Silakan cek di bagian halaman terakhir buku 😁

Boleh dibilang saya suka sama fenomena hantu di sini. Di mana mereka mula-mula bermanifestasi, mulai dari kabut hingga menampakkan sosok.

Hantu-hantu di sini juga dikategorikan sebagai tipe satu, tipe dua, dan tipe tiga. Mulai dari yang tidak mengganggu manusia (tapi bikin risih), hantu agresif yang bisa membunuh manusia, sampai hantu kelas langka.

Lalu cara penanganan hantu menggunakan garam, serbuk besi, besi, dan beberapa hal lain mengingatkan saya pada drama western berjudul Supernatural (drama yang panjang banget sampai 14 season).

Yah, overall dari segi plot saya suka dari awal sampai akhir. Walaupun ada bagian flashback yang bikin ngantuk, tapi menjelang akhir seru banget.

Bisa kamu baca di blurb. Tiga tokoh utama ini bakal bermalam di tempat paling angker di Inggris.

Selain peristiwa supernaturalnya, novel ini juga bagus dari segi misteri. Lalu bagaimana dengan horornya? Menurut saya biasa aja 😅 nggak seram-seram amat karena saya bisa baca buku ini sampai lewat tengah malam.

Tapi ikut greget kalau mulai ada fenomena hantu agresif dan adegan dikejar-kejar hantu 😂 selain itu, bumbu humor dalam novel ini juga semakin memberikan nilai lebih. Asyik deh bacanya. Nggak terus-terusan hantu aja.

Oh ya, meskipun judul seriesnya Lockwood & Co., novel ini diceritakan lewat sudut pandang Lucy. Saya sempat mengira lewat Lockwood. Tapi ya gapapa... toh lewat Lucy juga menarik karena Lockwood itu misterius 😌

Untuk karakteristik tokoh-tokohnya masih cukup lumayan. Belum terlalu love. Mungkin karena masih buku pertama. Tapi sejauh ini saya suka sama Lockwood yang santai, ramah, sopan, tapi misterius.

Kendati hanya beranggotakan tiga orang, Lockwood & Co. cukup kompak. Lockwood yang punya bakat Daya Lihat, Lucy memiliki bakat Daya Dengar & Sentuh, sedangkan George... meskipun bakatnya tidak menonjol, kontribusinya dalam meriset kasus patut diacungi jempol.

Plot twistnya masih bisa ketebak, tapi atmosfer ceritanya tuh dapet banget. Seperti yang kubilang, menjelang akhir itu seruuuu.

Dari segi kepenulisan... yah lumayan. Membaca lewat sudut pandang Lucy awalnya agak bikin ngantuk karena narasinya panjaaaang. Tapi kalau bumbu humornya udah maju, atau tiba-tiba suasananya makin tegang, hilanglah rasa kantuknya.

Untuk terjemahannya sendiri enak. Bahasanya santai dan mudah dipahami. Sepanjang membaca saya nggak ingat ada typo. Sekalipun ada, tapi nggak mengganggu. Soalnya yang saya baca edisi revisinya.

Baiklah! Mungkin itu aja 😄

Buat kamu yang cari novel bergenre Supernatural, dipadu Horror dengan Action, ditambah Thriller dan Mystery, lalu dibumbui dengan Humor, Lockwood & Co. series ini layak kamu baca 😁

Saat ini saya sedang membaca buku keduanya (The Whispering Skull). Reviewnya akan segera menyusul begitu saya menuntaskannya.

Post a Comment

0 Comments