Pengalaman Ikut Sharing Time Ust. Hanan Attaki di Bekasi Edisi Ramadan

Halo, teman-teman!

Gimana kabarnya nih? Sebelumnya izinkan aku mengucapkan: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan! Gimana? Puasanya masih lancar? Ucapan ini memang telat banget nggak sih? Tapi nggak apa, yang penting masih di dalam bulan ramadannya hehe.

Bulan ramadan itu bulan penuh berkah. Bulan diturunkan Al-Qur'an. Bulan dimana jumlah pahala dilipatgandakan oleh Allah. Spesial banget pokoknya. Jadi, pasti ada di antara kita yang juga tengah berlomba-lomba memperoleh kebaikan.Tetap semangat sampai lebaran ya!

Salah satu kegiatan yang kuikuti di bulan ramadan ini adalah ikut kajian Hanan Attaki. First time banget nih aku ikut kajian secara offline, karena biasanya sering ikut yang online.

Jadi, di sini aku mau berbagi pengalaman pertamaku mengikuti kajian Sharing Time Ustad Hanan Attaki, selanjutnya akan aku singkat UHA aja biar lebih pendek. Barangkali ada teman-teman yang mau ikut, tapi masih ragu. Nah siapa tau tulisan ini membantu ^^

1. Sharing Time UHA by Event Organizer Ayah Amanah

Acara Sharing Time yang aku ikuti diselenggarakan oleh Event Organizer Ayah Amanah pada hari sabtu, 23 Maret 2024 berlokasi di Bekasi Convention Center (BCC). Tepat satu minggu yang lalu. Jadi masih fresh banget nih buat kembali sharing pengalamanku ikut kajiannya UHA. Buat kamu yang kepo dokumentasi dan info-info acara Sharing Time dari Ayah Amanah, bisa cek instagramnya di @ayah_amanah


2. Cek Jadwal Event, Beli Tiket, dan Harga Tiket

Selain bisa dicek di instagram Ayah Amanah, sekarang sudah ada website khusus untuk melihat jadwal event sekaligus pembelian tiket loh. Kamu bisa mengaksesnya di sharingtimeuha.com.

Kalau pengalamanku kemarin, aku masih membeli tiketnya via chat whatsapp ke admin langsung. Mungkin dikarenakannya jumlah pendaftar semakin meningkat membuat admin yang seorang manusia tentu kewalahan. Menurutku, pembelian tiket dengan website ini bakal lebih memudahkan sih walau aku sendiri belum coba.

Oh ya, untuk harga tiketnya sebesar 125k/orang. Tapi sepertinya ini tergantung sesi yang diambil, karena temanku yang beli tiket sesi malam harganya 150k/orang. Ada selisih 25k dari aku yang mengambil sesi sore.


3. Terbagi Beberapa Sesi

Sharing Time yang aku ikuti tanggal 23 Maret 2024 lalu terbagi menjadi 3 sesi

  • Sesi pagi pukul 10.00 - 12.00
  • Sesi sore pukul 15.30 - 17.30
  • Sesi malam pukul 19.00 - 21.00

Nah, buat kamu yang ada rencana mau ikutan bisa disesuaikan dengan waktu kamu ya. Kalau ada pertanyaan, "Kok cuma ada sesi sore aja? Nggak ada sesi pagi atau malam?" Itu berarti panitia ingin sesi sore full kuota dulu.

Karena kemarin pengalaman aku gitu. Mereka cuma buka sesi sore, aku buru-buru daftar karena khawatir full kuota. Tapi nyatanya setelah sesi sore full, mereka buka sesi malam, dan saat sesi malam full kuota, barulah pendaftaran sesi pagi dibuka.


4. Hal yang Baiknya Disiapkan dan Dibawa

Setelah mendaftar, nanti peserta akan mendapatkan link untuk bergabung ke grup sebagai media informasi teknikal di sana. Tapi karena sekarang sistem pembelian tiketnya sudah online melalui website, aku kurang tau juga apakah masih menggunakan grup Whats App atau tidak.

Intinya, informasi teknikal akan diberikan beberapa hari sebelum acara. Nah, karena aku acaranya di BCC di Bekasi, berikut adalah hal-hal yang aku siapkan:

  • Wudhu dari rumah. Karena kloter sore barengan dengan waktu sholat ashar, jadi pastikan wudhu dari rumah aja untuk meminimalisir antrean wudhu di lokasi.
  • Bawa perlengkapan sholat, khususnya untuk cewek bisa bawa mukena dan sajadah.
  • Bawa totebag. Karena nanti di dalam venue duduknya lesehan di atas karpet, jadi pastikan bawa totebag untuk menaruh sandal/sepatu. Sebenarnya panitia menyediakan kantong plastik, tapi kalau bisa go green kenapa engga?
  • Siapkan E-Money/E-Wallet untuk bayar parkir jika bawa kendaraan. Karena kemarin aku bawa motor, parkirnya di lantai dasar mall Mega Bekasi, dan sekarang ini bayar parkirnya tidak lagi menggunakan cash. Pembayaran bisa menggunakan Gopay/OVO/Dana. Untuk poin terakhir ini bisa berbeda-beda di tiap kota ya.

Apakah perlu bawa buku catatan kecil dan alat tulis buat catat-catat? Tidak perlu karena nanti di sana akan dapat notes, pulpen, dan air mineral.


5. Cerita Tentang Event Sharing Time

Nah sekarang mari bahas tentang acara utamanya!

Open Gate untuk registrasi sudah bisa dilakukan 1 jam sebelum acara dimulai. Aku datang 15 menit sebelum acara dan itu sudah ramai banget. Agak sedih tentunya nggak bisa duduk di depan, tapi seenggaknya aku masih duduk di agak tengah sih. Tidak terlalu di belakang.

Pada saat registrasi siapkan saja bukti pembayaran kamu untuk ditunjukkan ke panitia. Nanti panitia akan memberikan tiket yang bisa dikalungkan di pergelangan tangan.

Acara dimulai setelah sholat ashar. Ketika Ust. Hanan masuk, diawali dengan doa lalu UHA akan memberikan materinya. Nah, tema yang diusung di acara kemarin berjudul: Hilang Untuk Healing. Materinya tentu bagus banget dong. Memang hadir di kajian itu healing the soul. Apalagi penyampaian UHA juga menggunakan story telling yang asik dan lucu, jadi sepanjang acara nggak ngantuk sama sekali. Padahal posisinya lagi puasa, sore, dan harusnya sedang lapar, haus, dan lemas-lemasnya XD

Seusai materi, dibuka sesi tanya-jawab dengan UHA. Kemarin ada 3 orang beruntung yang mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung ke UHA. Sayangnya, penanya yang dipilih memang orang yang duduknya di depan. Kalau duduk di tengah apalagi di belakang, kayaknya sulit dipilih MC :')

Kalau ada yang bertanya: Sharing Time ini khusus buat cewek aja kah? Soalnya dari dokumentasi sosmed kebanyakan cewek. 

Jawabannya: Tidak, ya teman-teman. Yang cowok juga ada. Cuma aku juga kaget ternyata jumlah laki-lakinya sedikit. Aku datang ke acara ini bersama adik laki-lakiku dan dia bilang juga gitu. Jumlah laki-lakinya tidak sebanyak perempuan. Boleh dibilang 80% perempuan kayaknya deh.

Acara selesai tepat waktu dan keluarnya rameee banget! Aku harus menunggu beberapa menit dulu daripada berdesakan keluar venue.

Saat aku dan adikku keluar pun di depan sudah ada antrean panjang kloter malam yang akan dimulai pukul 19.00.

Overall, seru sih teman-teman. InsyaAllah kalau ada rezeki dan atas izin Allah, aku pengin ikutan lagi. Untuk jadwal selanjutnya di Bekasi ada di tanggal 1 Juni 2024 dengan tema: Ya Allah, Why Always Me?

*

Baiklah, segitu saja ceritaku. Buat yang sudah baca sampai akhir, terima kasih ya dan semoga membantu kamu yang ingin ikutan kajian Sharing Time UHA. Kalau ada pertanyaan, boleh banget tulis di kolom komentar.

Have a nice day, lancar-lancar puasanya ya ^^

picture source by @ayah_amanah & dok pribadi

Post a Comment

0 Comments