Tiba-Tiba Sudah Semester Tujuh

mycollegeguide.org

Maret lalu kayaknya baru nulis tulisan tentang diriku yang sudah semester enam, eh sekarang nulis lagi karena sudah masuk semester tujuh. Itulah waktu. Saat dijalani rasanya lama, tapi tanpa disadari waktu terlampau cepat berlalu begitu saja.

Tahun 2018 lalu, rasanya aku baru saja PK2MB, masih di semester satu. Sekarang tau-tau sudah tahun 2021 dan di semester tujuh.

Semester tujuh ini sedih sekali karena masih online. Di saat sekolah-sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, tapi kampus masih belum. Aku nggak tau gimana kampus lain, tapi kampusku semester ini masih daring.

Di semester tujuh ini SKS nya lebih sedikit dibanding semester sebelumnya. Kalau semester lalu aku menempuh 23 SKS dengan 8 mata kuliah, semester ini hanya 14 SKS dengan 5 mata kuliah saja. Namun meski mata kuliahnya sedikit, tekanan menjelang akhir semester mulai terasa berat. Walaupun aku belum mengambil skripsi di semester ini, tapi bayang-bayangnya sudah makin menghantui pikiran.

Rasanya khawatir banget. Khawatir aku nggak bisa melewatinya. Sempat curhat ke mama soal ini. Tapi mama menanggapi dengan bilang: "Anggap aja kayak ujian biasa. Kayak kamu SMK, khawatir soal uji kompetensi, tapi akhirnya bisa juga kan? Nanti juga lewat kok."

Kata-kata ini sebenarnya lumayan memberikan kekuatan. Selain itu, aku mulai mengisi pikiranku dengan sugesti, "Banyak kok kawan-kawanku yang bisa lolos skripsi dan lulus. Mereka aja bisa, masa aku engga?"

Sedikit cerita, semester enam lalu sebenarnya aku juga dipusingkan dengan dua mata kuliah, yaitu: Magang dan Metodologi Riset. Pikiran nggak karuan menghadapi mata kuliah ini. Belum lagi tugas mata kuliah lain. Lebih-lebih Metodologi Riset sih. Waktu UAS, kami disuruh buat proposal Bab 1 sampai Bab 3. Saat itu rasanya sampai ingin tenggelam saja. Namun nyatanya? Lewat juga 😭

Jadi, aku percaya dan terus berusaha menanamkan kepercayaan diri bahwa aku pasti bisa melewati semester ini hingga lulus nanti. Aku hanya bisa berusaha dan terus berusaha lagi.

Semoga saja di semester ini aku bisa dapat ilham mau bikin apa untuk skripsi nanti. Yah, minimal ada gambaran dulu. Harus bisa memaksimalkan waktu berhubung jadwal kuliah hanya tiga hari dalam seminggu.

Sekian curcolan tidak berfaedah ini. Semangat untuk kamu juga, semoga selalu dilancarkan dalam segala urusan dan selalu diberikan kesehatan 💖

Post a Comment

2 Comments

  1. Sama kayak kampusku mbak, kata adik tingkat sekarang pembelajaran masih daring. Padahal udah banyak yg ngeluh di Twitter karena mengharapkan PTM secepatnya, mungkin tergantung kebijakan kampus yaa, walaupun begitu mudah2an cepet bisa belajar luring lagi seperti sebelumnya, Aamiin🤲🏻

    Ngomong-ngomong soal skripsi, setuju banget sama ibunya mbak, hihi. Waspada kadangkala gapapa, asal jangan sampai takut untuk melangkah dan pusing duluan. Contohnya saya, pas semester 7 bayang-bayang skripsi udah menghantui. Walaupun seminar proposal uda dilewati di semester 6, tetep aja kepikiran kalau belum selesai ya😅 Gara-gara ketakutan yg berlebihan ini secara nggak langsung bikin semangat saya makin merosot sampe molor dua semester. Memang alur hidup setiap orang beda-beda sih, tapi semoga bisa menjadi motivasi buat mbak, hihi. Dijalanin aja, jangan terlalu risau. Kalau kata seniorku malah skripsi tuh nggak usah terlalu dipusingkan, yg penting lulus aja *duh ini nggak tau nasihat yg bener apa nggak tapi biasanya manjur sih kalau kepepet😅. Semangat kuliahnya dan salam kenal mbak!✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga. Karena kuliah online ga efektif banget, apalagi buat semester akhir yang materinya makin sulit :')

      Nah itulah masalahnya, mbak. Ini aja udah khawatir, masih berusaha ngasih sugesti ke diri sendiri kalau pasti bisa kok melewati semuanya. Kalau aku malah belum sidang proposal. Jadi baik sidang proposal atau skripsinya, waktu ambil matkul skripsi itu. Karena itu kayaknya waktu dari kampus buat ngerjain skripsinya bakal cepet. Di semester lalu kepikiran mau bahas apa, tapi entah kenapa tiba2 mau berubah lagi. Semoga bisa nemu yg tepat nih :"D

      Anyway, salam kenal juga, Mbak dan terima kasih sudah mampir dan baca curcolan ini ^^

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa meninggalkan komentar setelah membaca. Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan :)